4 Fitur Yang Sering Dipakai Dalam Bahasa Pemrograman PHP

11 Jul 2018 06:26 1397 Hits 0 Comments
Jika anda ingin menjadi programmer PHP , maka anda harus sering - sering belajar tentang 4 fitur ini .

Kehidupan di zaman now , banyak sekali orang yang ingin memilih pekerjaan mereka sebagai programmer . Bisa jadi programmer PHP , HTML , CSS , dan bahkan JS . dengan seiring berkembangnya zaman , sudah pasti programmer yang paling banyak dicari oleh perusahaan atau startup . Karena mereka dibutuhkan untuk membuat sebuah website atau juga aplikasi . Mereka yang membuat dimulai dari HTML , lalu CSS , sesudah itu PHP atau bahkan HTML dulu , lalu PHP , sesudah itu CSS untuk memperindah websitenya . Tapi ada juga orang yang ingin menjadi programmer PHP saja . Karena dengan menguasai bahasa pemrograman satu itu saja , gajinya sudah lumayan besar . Apalagi PHP yang ia kuasai bukan PHP Native , melainkan Framework . Seperti Laravel atau Code Igniter .

Tetapi jika anda ingin mempelajari bahasa pemrograman PHP , yang harus anda ketahui adalah fitur apa saja yang sering dipakai dalam PHP . Dan berikut adalah fitur - fitur yang sering dipakai dalam bahasa pemrograman PHP :

CRUD

Fitur ini sudah menjadi kewajiban bagi para programmer PHP . Karena fitur ini adalah fitur yang paling terpenting dalam PHP . Dilihat dari singkatannya CRUD yang berarti Create , Read , Update , Delete . Agar fitur ini bisa bekerja , yang perlu dibutuhkan adalah MySQL untuk menyimpan data - datanya . Dilihat dari artinya , dimulai dari Create ( Membuat ) yang artinya membuat sebuah data dan menyimpan data yang baru saja dibuat dikirim ke database MySQL . Read ( Membaca ) yang artinya data yang sudah kita buat akan ditampilkan di halaman web dan data yang akan dibaca itu diambil dari database MySQL . Update ( Meng - update atau mengedit ) yang artinya data yang sudah anda buat bisa anda update atau di edit . Delete ( Menghapus ) yang artinya data yang sudah anda buat bisa anda hapus .

LOGIN

Ini merupakan fitur kedua yang penting . Fitur ini digunakan apabila perusahaan atau startup atau client menginginkan websitenya memiliki Level . Contohnya , ada 3 Level , yaitu Boss , Karyawan , dan Pengunjung . Untuk bisa membedakan level - level tersebut , biasanya di fitur ini menggunakan Username dan Password . Contohnya seperti Facebook , Instagram , dan Twitter .

PAGINATION

Fitur ketiga biasanya digunakan apabila data yang ditampilkan cukup banyak . Misalkan ada 1000 data , dan harus ditampilkan per halaman web itu 50 data . Dan permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan fitur ini . Dan disinilah mengapa Pagination dibutuhkan . Ya kali nge - scroll sampai ketemu data yang ke - 1000 .

SEARCH

Fitur ini sangat digunakan apabila seseorang ingin mencari sesuatu tetapi tidak ingin meng - scroll halaman web tersebut . Misalkan ingin mencari barang ini tetapi tidak ditemukan , lalu dia menulis di kolom search dan akhirnya ditemukan . Fitur ini juga ada fitur yang serupa , yaitu Autocomplete dan Filter .

 

Dan itulah fitur - fitur yang sering digunakan dalam bahasa pemrograman PHP . Ada sedikit tips untuk anda semua , yaitu membuat salah satu aplikasi PHP yang menggunakan fitur CRUD , Login , Pagination , atau Search . Jadi saat ada seseorang membutuhkan anda untuk membuat sebuah website , anda hanya perlu meng-copy paste dan mengubah database MySQL nya dan mengubah nama variabelnya . Jadi anda tidak perlu membuatnya dari awal .

Until Next Time , Peace .

About The Author

Ahmad-13 28
Pena

Ahmad-13

Ordinary Man But Crazy And Weird . 2 x 3 .

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel