Ingin Bermain Pokemon Go? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini di Smartphone Kamu!

13 Jul 2016 14:09 11927 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Spesifikasi smartphone yang direkomendasikan untuk bermain Pokemon Go dengan lancar dan baik

Sehabis Idul fitri 1437H (2016), timeline Facebook ramai membicarkan sebuah games fenomenal yang memang cukup ditunggu, Pokemon Go. Game yang satu ini ramai dibahas lantaran keunikan bermain dan menawarkan petualangan seru menangkap Pokemen dengan teknologi VR. 

Saya pun penasaran dengan game ini. Sayangnya, game ini belum secara resmi hadir di Indonesia. Niantic Labs selaku pengembangnya baru menghadirkan Pokemon Go untuk beberapa negara saja. Tapi, di Indonesia dan di negara lain yang belum mencicipi Pokemon Go, sudah bisa bermain.

Mereka semua bermain dengan cara menginstal APK  Pokemon Go dari sumber tak resmi di Android mereka. Untuk perangkat iOS, mereka mengubah region mereka sehingga di iTunes App Store akan muncul games ini. 

Saya lebih senang menunggu versi resminya. Karena itu saya belum melakukan review Pokemon Go. Padahal tangan saya sudah gatal ingin mencicipi games yang fenomenal ini. 

Baca : Menangkap Monster Pokemon Dalam Permainan Pokemon Go

Lalu, buat apa saya menulis artikel ini? Sesuai judul, daripada saya menulis review Pokemon Go, saya hanya akan memberikan saran untuk calon kamu-mau yang yang ingin bermain Pokemon Go. Saran yang saya berikan adalah perihal spesifikasi smartphone yang direkomendasikan untuk bermain Pokemon Go. 

Sebelum membahas lebih lanjut, saya akan sedikit mengatakan tentang Pokemon Go. Games yang satu ini memungkinkan para pemainnya untuk menangkap Pokemon di dunia nyata menggunakan teknologi Augmented Reality. 

Baca : Mengenal Teknologi Augmented Reality pada Smartphone

Pokemon akan tersebar dimana-mana, di sungai, di tempat ibadah, di hutan, dan lain sebagainya. Nah, nanti lewat aplikasi Pokemon Go, pemain bisa melihat posisi Pokemon tersebut dan menangkapnya. Sesuatu yang menarik karena game ini memungkinkan orang untuk bergerak keluar dan tidak diam di rumah. 

Nah, dengan kondisi tersebut, maka kamu-kamu yang ingin bermain Pokemon harus memerhatikan terlebih dulu apakah smartphone kamu cukup mumpuni untuk memainkan game ini atau tidak.

 Simak berikut ini!

 

1. Bukan Prosesor Intel 

Tidak semua smartphone Android mampu menjalankan Pokemon Go. Smartphone dengan chipset Intel ternyata tidak bisa menjalankan Pokemon Go. Jika kamu punya smartphone Asus dengan tipe chipset Intel, maka jangan harap kamu bisa memainkan game ini. 

Saya belum tahu kenapa Pokemon Go tidak mendukung smartphone dengan prosesor Intel. Tapi bisa saja kedepannya nanti, pihak Niantic selaku pengembang Pokemon Go mendukung smartphone dengan prosesor Intel. 

 

2. Kamera dengan Kualitas Gambar yang Baik

Pokemon Go menggunakan kamera smartphone  untuk mengindentifikasi tempat (dibantu dengan GPS juga) dan menghasilkan tampilan Augmented Reality di layar smarpthone. Karena itu sangat disarankan untuk memakai smartphone yang memiliki kualitas kamera yang baik agar bisa menangkap lingkungan sekitar dengan mudah. 

 

3. RAM Diatas 1GB

Teman saya memainkan Pokemon Go memakai ponsel cerdas dengan RAM 1GB lancar saja. Tapi, hemat saya akan lebih baik jika smartphone yang digunakan memiliki RAM diatas 1GB agar bisa berpindah aplikasi dengan lancar ketika ingin menangkap Pokemon Go sembari menjalankan aplikasi lain.  

 

4. Kapasitas Baterai 

Memainkan Pokemon Go, mengharuskan kamu-kamu semua untuk menyalakan GPS, menyalakan internet, dan menyalakan kamera. Tentu saja hal ini akan membuat baterai smartphone lebih cerat terkuras. Tidak aneh jika banyak pemain Pokemon Go membawa Power Bank. 

Saran saya untuk hal ini, jika kamu ada dana lebih untuk membeli ponsel pintar baru, maka sebaiknya pilihlah smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang besar. Saran saya, smartphone dengan baterai 4000mAh ke atas. 

 

5. Mendukung Jaringan 4G

Pokemon Go harus terhubung dengan internet karena aplikasi ini terhubung dengan server dan juga untuki keperluan mendeteksi lokasi pemain via GPS. Karena itu sangat disarankan untuk menggunakan ponsel pintar yang sudah mendukung jaringan 4G agar bisa mendapatkan kecepatan stabil. 

Tapi hal ini juga belum tentu bakal tidak ada masalah, mengingat jaringan 4G belum merata di seluruh tempat. 

Nah, itulah 5 hal yang perlu diperhatikan pada smartphone kamu jika kamu mau bermain Pokemon Go dengan layak. 

About The Author

Hilman 81
Professional

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel