Tips Tidak Berguna Bagi Mereka yang Suka Karaoke tapi punya Suara Tidak Begitu Bagus

26 Apr 2016 16:30 4689 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Ayo bernyanyi dan bersenang-senang.

Siapa yang suka karaoke disini?

Karaoke di Indonesia adalah sebuah tren yang menurut saya berkembang cukup pesat. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya tempat-tempat karaoke yang dibangun. Contohnya saja di kota tempat saya tinggal, setidaknya sudah belasan tempat karaoke yang sudah saya kunjungi dan kata adik saya itu pun baru sebagian saja.

Kita datang ke tempat karaoke pastinya untuk bernyanyi.

Tapi bagaimana jika kita datang ke tempat karaoke tapi suara kita pas-pasan atau mungkin bisa dibilang jelek? Mungkin kita merasa minder karena suara tidak begitu bagus, dan mungkin juga kita merasa bersalah karena berkat suara kita yang jelek, orang-orang merasa terhibur tapi gengsi kita jadi hilang.

Punya masalah seperti itu?

Jjangan khawatir, karena ada beberapa tips bagi mereka yang suaranya pas-pasan agar dapat bernyanyi di ambang batas aman ketika berada di tempat karaoke tanpa harus khawatir ditertawakan orang karena suara kita tidak sebagus para penyanyi papan atas Indonesia.

 

1. Daripada fokus pada pitch control, lebih baik fokus pada irama dari lagu yang dinyanyikan

Ada persamaan dari orang-orang yang lihai dalam berkaraoke, yaitu hafalnya mereka terhadap nada-nada atau irama dari lagu yang dinyanyikan.

Mungkin pitch itu memang penting, tapi kan tidak semua orang punya pitch control yang bagus. Oleh karena itu, daripada berusah payah menyesuaikan pitch dengan lagu yang ingin dinyanyikan, lebih baik fokus dengan irama dari lagu tersebut dan bernyanyilah sesuai irama yang didendangkan.

 

2. Atur echo dan volume untuk lagu yang ingin Anda nyanyikan

Di setiap tempat karaoke yang saya datangi, biasanya terdapat mesin karaoke yang volumenya bisa diatur-atur. Disinilah Anda harus melakukan check sound terlebih dahulu.

Saran saya bagi mereka yang punya suara pas-pasan seperti saya, sebaiknya atur echo atau gema dari suara mic ke tingkat yang rendah, tapi jangan terlalu rendah.

Selain itu, atur juga volume mic ke tingkat sedang agar suara kita bisa terdengar dengan jelas. Dan untuk menutupi suara kita yang pas-pasan, keraskan volume dari musik yang ingin dinyanyikan. Tapi jangan terlalu keras sampai-sampai suara kita yang pas-pasan tidak terdengar lagi.

 

3. Nyanyikan lagu yang disukai

Ini yang paling penting; karaoke itu kan kita mencari hiburan dan kesenangan. Jadi sudah sewajarnya jika kita menyanyikan lagu yang memang kita sukai, dan bukan lagu yang membuat kita gagap dan banyak garuk-garuk kepala.

Contohnya saja saya suka lagu-lagu Evergreen, dan tidak begitu suka lagu dangdut. Oleh karena itu setiap saya karaoke saya lebih memilih lagu-lagu tersebut, dan selalu menolak ketika ditawari untuk menyanyikan lagu dangdut.

Selain saya tidak hapal iramanya, saya juga tidak hapal liriknya.

 

Itulah tips-tips yang tidak bergitu berguna demi menjaga gengsi di tempat karaoke. Jika ada punya pengalaman soal tips bernyanyi di tempat karaoke untuk yang suaranya pas-pasan, ditunggu share pengalamannya di kolom komentar.

 

 

 

 

 

gambar: timeout

Tags

About The Author

Buricak Burinyai 67
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel