11 Tipikal Para Penulis Plimbi

8 Mar 2016 16:31 1901 Hits 7 Comments Approved by Plimbi
Yang manakah tipe Anda?


Tadinya, saya ingin membuat tulisan seperti ini, pada 1 tahun Plimbi nanti. Tapi, tangan ini sudah gatal ingin menuliskan hal-hal yang melintas di pikiran saya selama mengurusi situs Plimbi ini.

Yah, sudah hampir satu tahun Plimbi berdiri, sudah banyak pula fitur diciptakan untuk para penulis atau author-nya. Selama itu pula, Plimbi kedatangan banyak penulis dari berbagai latar belakang dan berbagai usia.

Sebagai sebuah situs media warga, Plimbi memang belum sebesar situs tetangga dengan konsep sama. Maklum situs tetangga sudah lama berdiri dan sudah mendatangkan banyak dari berbagai profesi.

Plimbi masih kalah jauh sebenarnya dalam soal jumlah author.. Tapi, secara jumlah artikel yang dicari di Google, Plimbi masih bisa bersaing lah.

Ngomong-ngomong soal author Plimbi, ada banyak tipe yang ‘berkeliaran” di situs dengan sentuhan orange ini. Beberapa tipikal author tersebut akan saya sebut berikut ini. Oh yah, mungkin tidak semuanya benar. Namanya juga tebak-tebakan dan seru-seruan. Kalau Anda merasa jadi bagiannya.

Ya sudahlah….


Dan inilah, 11 macam-macam author Plimbi


1. Penulis Rajin (Pangkal Pandai)

Dulu saya ragu, apakah Plimbi ini bakal kedatangan penulis yang rajin menulis tiap hari. Tapi, ternyata keraguan saya tak terjadi. Ada beberapa penulis yang cukup rajin menulis tiap harinya. Meski hanya 300 atau 400 kata, penulis tipe ini cukup rajin hadi di  halaman recent post Plimbi.  

Tidak aneh, jika sang penulis rajin ini sering masuk sebagai “Author of The Month Plimbi”.
Nah, lho hayu siapa ngaku? Biasanya penulis rajin itu tukang nulis berita tiap hari.

 

2. Penulis Kadang-kadang (Dikit-dikit nulis, dikit-dikit nulis, nulis ko dikit-dikit)

Tipikal penulis Plimbi ini cukup banyak. Ia jarang menulis tiap hari, tapi dalam seminggu ia sering muncul lewat satu atau dua tulisan. Kadang, ada tipe penulis macam ini yang tulisannnya cukup dinantikan karena lebih mendalam.


 

3. Penulis Angin-anginan (Mungkin Sering Masuk Angin)

Ada lho author yang sebenarnya ingin rajin menulis dan ingin mendapatkan apresiasi. Sayangnya, author jenis ini sering terganggu atau mungkin sering mengalami berbagai hal yang membuat dia malas untuk rajin menulis. Bisa karena kesibukan atau karena hal lainnya.

Tipikal penulis macam ini bianya hanya menulis kalau sudah ada mood atau mendapatkan ide. Selebihnya, malas dan hanya baca saja. Tapi, kadang-kadang penulis tipe ketiga ini punya jenis tulisan yang cukup layak masuk headline.

 


4. Penulis Asal-asalan (Yang Penting Eksis)

Ada juga author Plimbi yang cuman nulis. Udah itu aja. Yang penting dia nulis, masalah bagus atau tidak itu urusan nanti. Yang penting dia nulis.  Sebenarnya bagus sih tapi kalau tulisannya gak jelas, kan ga berguna juga kali yah.

Ada yang ngaku nomor tipe penulis ini?

 


5. Penulis Loyal (Proud, Sir!)

Penulis loyal sebenarnya tidak beda jauh dengan penulis rajin. Hanya saja penulis loyal belum tentu rajin. Biasanya dia lebih menunjukan diri dan merasa mencintai Plimbi. Saking loyalnya, tipe penulis Plimbi ini niat sekali dalam membuat tulisan. Contohnya, mengupas habis tentang Plimbi atau membahas penulis lain.



6. Penulis “Bounty Hunter” (Raja Minyak *eh Raja Kuis?)

Nah, kalau penulis macam ini adalah penulis yang hanya menulis kalau ada perlombaan atau event saja. Misal, dia hanya menulis untuk mendapatkan hadiah atau reward saja. Kalau ada lomba menulis dia ikutan, kalau tidak yah dia tidak menulis.

Coba nanti kalau ada lomba di Plimbi, pasti banyak yang nulis kayak gini.

 


7. Penulis “Copy Paste” (Kreatif dikit lah...)

Ini sebenarnya yang cukup banyak dan merepotkan admin. Bukan apa-apa, banyak yang masih belum menyadari kalau Plimbi itu tempat untuk berbagi ide dan pikiran. Tetapi, orang dengan tipikal penulis ini biasanya tidak tahu.

Tipikal penulis ini biasanya hanya “copy paste” tulisan yang ada di blognya. Tentu karena Plimbi bukan situs promosi atau ‘social bookmarking”, hal-hal semacam ini tidak diperkenankan.  Karena kan gak lucu juga, mendapatkan poin untuk reward tetapi artikelnya lebih banyak “copy paste”.



8. Penulis atau “Curhat?” (Biasanya sih Baperan dan Jomlo)

Saya tadinya berpikir kalau Plimbi akan jadi tempat menulis untuk berbagai pikiran atau ide. Tetapi, ternyata ada juga lho penulis yang tidak mengutarakan ide. Penulis tipikal ini lebih banyak mengutarakan isi hati  alias curhat.  Kan banyak tuh, yang curhat, terutama yang jomlo.

 

 

9. Penulis Fiksi (Calon Penulis Novel?)

Nah, selain ada tukang curhat, di Plimbi juga punya penulis yang lebih suka nulis fiksi. Kalau tidak tahu fiksi, itu lho cerita khayalan atau cerita karangan.  Nah, ternyata di Plimbi ada author yang hanya menulis fiksi dan bukan nulis artikel lain.

 


10. Penulis *eh Spammer (Angry!!!!!)

 Ini sih bukan penulis dan tidak akan pernah masuk ‘author of the month. Tipikal nomor 10 adalah tipikal antagonis di Plimbi. Siapa mereka? Itu  lho, tukang promosi yang tidak pernah baca syarat dan ketentuan Plimbi. Tukang jualan di artikel mereka.

Belakangan, Plimbi sering kedatangan tipikal nomor 10 ini dengan level “sadis”. Level  “sadis”  ini maksudnya karena yang bersangkutan promosi produk secara terang-terangan dengan 5 artikel sekaligus.  Huruf besar pula. SADIIISSSS….

Eh, ada juga lho tipikal nomor 10 ini yang sebenarnya tidak promo ‘sadis” tapi cengeng. Cuman promo lewat artikel yang ada link mengarah ke produk. Giliran link didalam artikelnya dihapus, malah pundung dan gak mau nulis lagi. Ya elah, gak baca ketentuan, yah mbak.. Hihihi..


11…..

Aduh, sebenarnya pingin nambah lagi tipe author. Tapi jari saya sudah pegal untuk menambah kata. Lagian, saya niatnya cuman bikin 10 tipikal. Kalaupun judulnya 11, biar gaya aja dan terlihat banyak.

Atau kalau mau, ayo tambahkan sendiri di komentar!.

 

Tags Unik Opini

About The Author

Hilman 76
Spidol

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel