Cara Mengatasi Masalah Insufficient Storage Available

16 Sep 2016 08:10 15899 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Cara mengatasi error insufficient storage available

Seorang teman kirim chat pada saya kalau dia mengalami masalah pada smarpthone Android-nya. Masalahnya adalah muncul notifikasi “Insufficient Storage Available” ketika dia akan menginstal sebuah game yang akan dipasang di smartphone  miliknya.

Ketika saya tanya, apakah kapasitas memori yang dimilikinya penuh? Ia bilang tidak. Kapasitas memori internal yang ia miliki masih banyak. Pun soal kapasitas memori eksternal yang ia punya masih cukup banyak.

Saya pikir tidak ada masalah untuk hal ini. Berarti ini masalah game  yang akan diinstal. Namun, dugaan saya salah. Masalah “Insufficient Storage Available” adalah masalah yang berkaitan dengan memori yang ada di smarpthone.


Tentang Insufficient Storage Available”

Masalahnya sebenarnya sepele. “Insufficient Storage Available” muncul karena adanya data yang tertinggal di memori internal. Data yang tertinggal ini biasanya disebabkan oleh aplikasi yang diinstal.

Bagi yang belum tahu, setiap aplikasi yang terinstal memiliki data sampah yang biasanya membebani memori internal.  Kalau sampah memori internal ini tidak dibersihkan, maka akan menumpuk.

Efek sampah yang menumpuk ini bisa membuat smartphone Android  memiliki kesalahan sistem kecil, yakni “Insufficient Storage Available” atau dalam bahasa Indonesia ruang perangkat yang tak mencukupi.

Kesalahan kecil ini bukan berarti smarpthone Android teman saya penuh. Toh, sudah dibilang kan bahwa smarpthone dia memiliki kapasitas yang masih banyak. Ini hanya soal sistem pembaca memori yang mungkin error karena sampak yang menumpuk tadi.


Karena seingat saya masalah memori memori sampah ini berhubungan dengan cache, maka saya berpikir solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih sampah atau clean.

Saya kemudian menyarankan teman saya itu untuk memasang aplikasi pembersih. Setelah dipasang dan dibersihkan, ia mengatakan kalau notifikasi “Insufficient Storage Available” sudah tidak muncul lagi.

Karena itu, jika Anda punya masalah yang sama dengan teman saya, maka membersihkan sampah di memori adalah langkah yang baik yang perlu dilakukan.

Yang perlu Anda lakukan adalah dengan membersihkan data sampah yang terus menumpuk berlebihan dari aplikasi yang ada di smartphone Anda. Dta sampah ini juga sebenarnya bisa berupa data yang tertinggal ketika Anda unisntal aplikasi tertentu di Android.

 


Menggunakan 360 Security Lite

Oh yah, saya belum menceritakan aplikasi apa yang bisa digunakan untuk membersihkan sampah-sampah tersebut.  Saya menyarankan aplikasi 360 Security Lite.

Mengapa saya harus menggunakan aplikasi ini?

Gampang saja, aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil dan tidak memberatkan sistem di smartphone Android dengan spesifikasi rendah sekalipun. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur Antivirus dan Boost. Sebuah fitur yang cukup banyak untuk sebuah aplikasi dengan ukuran file kecil.

Anda bisa instal 360 Security Lite di Google Play Store. Setelah itu, Anda pilih clean. Tunggu sampai aplikasi membersihkan sampah.

Cara Mengatasi Masalah Insufficient Storage Available

Setelah ini beres, Anda bisa memasang game atau aplikasi yang sebelumnya Anda coba unduh malah muncul “Insufficient Storage Available”

Jika Anda instal 360 Security Lite, maka masalah “Insufficient Storage Available” tidak akan muncul lagi.

 

Anda sebenarnya bisa menggunakan aplikasi clean lainnya. Tapi pastikan aplikasi clean tersebut dapat dipercaya dan tidak membawa malware. Mengingat banyak sekali aplikasi clean yang ternyata justru membawa malware.

Jika pada smarpthone Anda sudah punya aplikasi clean bawaan, sebaiknya gunakanlah aplikasi tersebut.


Menggunakan Link2SD

Cara lainnya yang bisa Anda gunakan dengan memasang aplikasi Link2SD. Aplikasi ini ternyata tak hanya berfungsi untuk memindahkan aplikasi atau data dari memori intenral ke microSD/. Aplikasi ini pun punya fitur untuk menghapus data sampah tadi.

Caranya juga cukup mudah. Anda tinggal membuka aplikasi tersebut. Kemudian pilih menu dan pilih pilihan Clear all app caches, dan Clean up the dalvik-cache s. Setelah itu, Anda tinggal restart smartphone Anda.

Saya juga mencoba dengan aplikasi App 2 SD. Menggunakan aplikasi ini juga sama ampuhnya dengan Link2SD. Caranya juga cukup mudah. Ketika Anda membuka aplikasi ini, Anda akan diberitahukan bahwa Anda perlu membersihkan cache memori Anda. Anda tinggal pilih bersihkan atau clean. Cukup mudah bukan?

Cara Mengatasi Masalah Insufficient Storage Available


Barangkali, itu saja share pengalaman saya untuk mengatasi masalah “Insufficient Storage Available” yang terjadi pada smartphone Android. Jika Anda juga mengalami masalah serupa. Silakan gunakan cara yang sudah saya jelaskan tersebut.

 

About The Author

Hilman 77
Spidol

Hilman

Plimbi Guardian, Blogger yang suka kopi dan teknologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel