Efek Buruk Minuman Soda Bagi Tubuh

28 May 2015 16:00 2942 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Minuman berkarbornasi atau soda ternyata memiliki efek buruk bagi tubuh Anda

Efek Buruk Minuman Soda-Kalau harus memilih minuman diantara soda dan air mineral,  mana yang akan Anda sering minum tiap hari? Anda mungkin akan memilih soda karena rasanya yang enak dan membuat Anda segar. Tetapi, Anda juga mungkin memilih air mineral karena lebih sehat dan jadi minuman diet. Tidak ada salah sebenarnya mana yang Anda minum, yang penting seimbang. 

Yang perlu diingat oleh Anda adalah meminum soda berlebihan sagnat tidak bagus. Jika minum air putih berlebihan efeknya mungkin hanya sekadar perut kembung dan sering buang air kecil. Tapi, jika Anda minum terlalu banyak soda, maka Anda seharusnya berhati-hati. Pasalnya, soda memiliki efek yang negatif untuk tubuh Anda, sekalipun Anda sedang minum soda untuk keperluan diet. Soda ternyat tidak mengandung nutrisi yang memiliki manfaat besar. Soda justru memberikan manfaat buruk bagi tubuh. Apa saja manfaat buruk tersebut? Berikut efek buruk terlalu banyak minum soda yang Plimbi lansir dari healthyeating.sfgate.com

 

1. Kerusakan Gigi

Terlalu banyak minum soda mengakitbatkan gigi dan rongga gigi mengalami kerusakan. Pasalnya, soda ternyata bisa membuat korosi gigi.  Maka dari itu, saran terbaik meminum soda adalah dengan menggunakan sedotan. Dengan menggunakan sedotan, air soda tidak akan langsung menempel pada gigi tetapi langsung ke bagian belakang mulut. Dan hal ini tidak membuat rentan korosi gigi. 

2. Dehidrasi

Soda bukanlah minuman untuk menhilangkan dehidrasi. Terlalu banyak minum soda justru akan membuat tubuh mengalami dehidrasi. Pasalnya, soda mengandung kafein yang menyebabkan tubuh mudah dehidrasi. Kafein ini akan membuat tubuh Anda cepat mengeluarkan air melalui urin. Terlalu banyak keluar urin tentu akan membuat tubuh kekurangan cairan. Karena itu, soda bukanlah minuman pas ketika Anda sudah berolahraga atau mengeluarkan keringat. Air putihlah yang cocok karena bisa menganti cairan tubuh yang hilang dan membuat tubuh tidak mengalami dehidrasi. 

3. Meingkatnya Berat Badan

Banyak meminum soda berpotensi meningkatkan berat badan Anda. Contohnya, jika Anda meminum limu minuman  soda dengan kandungan 100 kalori per hari, maka dalam satu hari, Anda akan memiliki kalori senyak 500 kalori. Jika dikalikan dalam satu minggu, maka kalori dari soda mencapai 3.500 kalori. Tambahan 3.500 kalori ini akan membuat tubuh Anda bertambah 1 pon. Untuk itulah, Anda sebaiknya memilih air karena air tidak mengandung kalori dan merupakan minuman netral yang menyehatkan dan menghilangkan rasa haus. Jika air mineral terlalu hambar, Anda bisa menambahkan lemon ataupun irisan jeruk. Hal ini memang akan membuat air mengandung kalori tetapi kalori yagn terkandung hanya sedikit, jadi Anda tidak perlu khawatir. 

4, Gangguan Kesehatan 

Khusus untuk Anda yang meminum diet soda, Anda perlu hati-hati. Pasalnya, soda jenis ini sangat rentan menimbulkan bahaya dalam tubuh. Contohnya,  soda ternyata berpengaruh pada gangguan tidur yang meningkat kondisi kesehatan mental, dan juga rentant merusak otak. Jika Anda tidak mau hal-hal tersebut, maka pilihan terbaiknya adalah meminum air karena tidak mengandung hal-hal yang membuat tubuh Anda mengalami gangguan. 

Demikianlah empat hal tentang efek negatif terlalu banyak meminum soda. Karena itulah sebaiknya  Anda meminum  air putih dibandingkan soda. Air putih sekali lagi merupakan minuman yang paling menyehatkan dan membantu diet. Jika Anda memang berada dalam program diet, banyaklah meminum air putih dan hindari soda.[HMN]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel