Perbandingan Dua Ponsel Quad Core Asal Korea, Samsung Galaxy S III VS LG Optimus 4X HD

3 Jul 2012 15:00 3410 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sistem operasi besutan Google, Android sepertinya tak jenuh-jenuh untuk terus berevolusi. Kehadiran Jelley Bean yang mungkin akan dirilis pada Juli nanti menambahkan rentetan evolusi teknologi yang telah dicapai oleh Google.

Sistem operasi besutan Google, Android sepertinya tak jenuh-jenuh untuk terus berevolusi. Kehadiran Jelly Bean yang mungkin akan dirilis pada Juli nanti menambahkan rentetan evolusi teknologi yang telah dicapai oleh Google. Suksesnya sistem operasi Android tidak hanya berdasarkan pada performansi sistem itu sendiri, namun juga pada fitur-fitur ponsel yang menggunakannya. Seperti yang kitaketahui bersama, tak jarang ponsel Android mengusung teknologi yang sangat mutakhir, namun tak sedikit pula ponsel Android low end yang tampil adanyanya. Keberagaman varian ini tentu memperkaya Android itu sendiri, selain itu juga akan berdampak kepada kepopuleran OS besutan Google tersebut. Pengguna Android yang terdiri dari beberapa kalangan justru memasyarakatkan ponsel tersebut sehingga makin terkenal saja.

Kali ini Paseban akan menarik sebuah segmentasi Android yang dikhususkan bagi orang-orang berkantong tebal. Ya, mereka yang seakan-akan memiliki sekantong emas untuk menukarkannya dengan ponsel-ponsel berteknologi yang telah terpasang OS Android. Ponsel-ponsel tersebut tak jarang dibandrol 5 jutaan sebagai release price ketika launching pertamanya. Untuk memberikan preferensi kepada calon pembeli ponsel-ponsel super mahal dan super canggih tersebut, Paseban akan memberikan perbandingan ponsel Android kelas atas, Samsung Galaxy S III vs LG Optimus 4X HD. Berikut perbandingan kedua ponsel Android tersebut.

Desain

Memiliki desain kotak khas ala smartphone masa kini, keduanya terbilang besar. Wajar saja karena sumbangsi luas layar turut memberikan efek bongsor pada bodinya. Galaxy S III dengan dimensii 136.6 x 70.6 x 8.6 mm memiliki bodi yang cukup menarik, ada sebuah lengkungan di bagian bawahnya yang membuat desainnya tidak terlalu membosankan. Hal yang berbeda diusung oleh LG, dengan dimensi sedikit lebih kecil 132.4 x 68.1 x 8.9 mm, ponsel ini justru memberikan kesan kotak yang mutlak.

Layar

Seperti disinggung sebelumnya, kedua ponsel jagoan ini memiliki layar yang terbilang cukup luas, bahkan terlalu luas untuk ukuran smartphone, bukan tablet. Samsung Galaxy S III mengusung layar dengan diagonal 4.8 inch,sedangkan LG Optimus 4X HD lebih kecil 0.1 inch dari rivalnya tersebut.
Luas layar seperti ini tentunya dilengkapi dengan resolusi mumpuni. Hadir dengan resolusi 720 x 1280 piksel, bisa dibilang resolusi optimal yang banyak diusung ponsel high end masa kini. Teknologinya pun terbilang maju, Samsung konsisten dengan super AMOLED miliknya, sedangkan LG dilengkapi dengan teknologi True HD-IPS LCD. Selain itu, sepertinya tidak lengkap tanpa menghadirkan kaca anti gores Gorilla Glass, Samsung sedikit lebih unggul karena memasang Gorilla Glass versi 2 untuk proteksi keamanan layarnya.

Kamera

Sektor yang juga penting dan menjadi preferensi bagi sekelompok orang. Kamera yang terpasang pada kedua ponsel ini terbilang baik, namun tidak sepenuhnya optimal. Hal tersebut disebabkan oleh resolusi yang terpampang hanyalah 8 megapiksel, padahal sudah tidak jarang ponsel masa kini yang membenamkan reolusi kamera hingga 12 megapiksel. Resolusi sebesar 8 megapiksel mampu menghasilkan gambar maksimal pada ukuran 3264x2448 piksel.

Untuk urusan kamera sekunder, Samsung lebih tangguh dengan kamera 1,9 megapikselnya, tidak sebanding dengan LG yang hanya menaruh 1,3 megapiksel sebagai kekuatan kedua.

Performa

Ditakdirkan sebagai super phone, tentunya sektor ini menjadi penuilaian bergengsi bagi keduanya. Dibekali prosesor super dengan Quad Core prosesor yang berarti ponsel ini harusnya bisa memuaskan pemakainya. Exynos 4212 Quad dengan Quad-core 1.4 GHz Cortex-A9 menjadi pilihan Samsung Galaxy S III, sementara itu LG mempercayai Nvidia Tegra 3 dengan Quad-core 1.5 GHz Cortex-A9 sebagai senjata utamanya.

Tidak hanya tangguh di sektor prosesor, RAM pun dibuat semaksimal mungkin untuk memuluskan kinerja Android Ice Cream Sandwich milik keduanya. Angka 1 GB menjadi pilihan mutlak yang diberikan untuk keperluan RAM masing-masing ponsel.

Baterai

Fitur wah yang diusung seperti layar ekstra lebar, prosesor Quad Core serta resolusi kamera 8 megapiksel yang tidak bisa dibilang kecil membuat kedua ponsel ini dipastikan boros daya. Bersyukur keduanya dilengkapi kapasitas yang tergolong besar, Samsung dengan kapasitas 2100 mAh, sedangkan LG lebih baik dengan kapasitas 2140 mAh.

Kesimpulan

Keduanya terbilang super, menghadirkan layar yang menawan serta prosesor yang memastikan kinerja ponsel tetap cepat dan stabil. Prosesor milik LG Optimus 4X HD yang sedikit lebih besar akan menjadi perlawanan ponsel dengan clan Samsung Galaxy S yang memang diperuntukan untuk kepuasan kinerja. Selebihnya semua tergantung selera Anda, karena fitur yang ditawarkan terbilang identik. [IQ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel