Bagaimana Jika Sony Xperia U dibandingkan dengan Samsung Galaxy Ace Plus

28 Jun 2012 12:30 7098 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kali ini Paseban akan membandingkan dua ponsel Android anyar dari kelas mid end yang harganya tidak membuat kantong bolong. Kedua ponsel mid end ini juga tidak akan mengecewakan calon pembeli nantinya, karena fitur yang telah dikantonginya cukup mumpuni sebagai ponsel masa kini. Simak perbandingan antara Sony Xperia U dengan Samsung Galaxy Ace Plus.

Android yang telah memiliki pencitraan sebagai sistem operasi canggih juga dinilai murah. Hal ini bukan berarti seluruh ponsel Android adalah murah, tak jarang kita mendapati harga Android anyar mencapai 5-6 jutaan, seperti bandrol Sony Xperia S ataupun Samsung Galaxy S 3. Harga murah yang ditawarkan Android tentunya berbeda segmen dari kedua ponsel tersebut, sasaran mid end sepertinya cukup bagi budget yang pas, 2 sampai 3 jutaan terbilang wajar untuk ponsel-ponsel yang termasuk canggih. Kemudian untuk kelas low end, Anda tidak perlu terkejut dengan kehadiran ponsel Android yang hanya sejutaan, belum lagi kehadiran pabrikan lokal yang turut memasang sistem operasi tersebut pada ponselnya.

Kali ini Paseban akan membandingkan dua ponsel Android anyar dari kelas mid end yang harganya tidak membuat kantong bolong. Kedua ponsel mid end ini juga tidak akan mengecewakan calon pembeli nantinya, karena fitur yang telah dikantonginya cukup mumpuni sebagai ponsel masa kini. Simak perbandingan antara Sony Xperia U dengan Samsung Galaxy Ace Plus.

Desain

Ponsel Sony belakangan ini menunjukan kinerja yang baik soal desain, berawal dari kehadiran Sony Xperia S yang memiliki sebuah bar transparan pada bagian bawahnya yang dianggap menarik. Hal senada juga dimiliki Xperia U yang memiliki sebuah bar kaca yang transparan, desainnya pun sepertinya persis dengan Sony Xperia S.

Bertolak belakang dengan Sony, Samsung sepertinya kehabisan ide dalam membuat desain ponsel-ponsel barunya. Galaxy Ace Plus hadir standar dengan tipikal kota yang cenderung tebal dengan dimensi 114.5 x 62.5 x 11.2 mm. Jika dibandingkan dengan dimensi Xperia U yang hanya 112 x 54 x 12 mm tentunya Bodi Samsung akan terlihat lebih bongsor namun sedikit lebih tipis.

Layar

Dengan release date yang berdekatan, serta dengan harga yang hanya terpaut sekitar rp250.000, Samsung sepertinya kalah kelas dalam sektor layar. Sony Xperia U cukup menantang dengan resolusi 480 x 854 piksel dengan diagonal layar yang mencapai 3.5 inch. Sedangkan Samsung Galaxy Ace Plus hanya puas dengan resolusi 320 x 480 piksel namun pada bidang yang lebih luas, 3.65 inch. Melihat resolusi kedua ponsel tersebut, maka Sony lah yang menjadi juara ketika membahas tentang kerapatan layar, namun bagi Anda yang mementingkan luas layar, Samsung bisa menjadi kandidat.

Kamera

Kali ini keduanya sepertinya kompak, angka 5 megapiksel telah ditetapkan untuk mengakomodasi fitur kamera masing-masing ponsel. Dengan demikian, ponsel-ponsel ini akan mampu menghasilkan output gambar maksimal 2592 x 1944 piksel, angka yang cukup baik untuk kelas mid end.

Sony sepertinya lebih beruntung, kehadiran resolusi VGA pada kamera sekundernya cukup mematahkan langkah Samsung yang hanya memiliki kamera belakang. Keperluan video calling tentunya akan banyak menggunakan kamera ini, apalagi jika ICS telah disematkan, tentunya teknologi Face Unlocking juga akan memanfaatkan jasa kamera sekunder.

Performa

Keduanya masih berjalan di atas Android Gingerbread versi 2.3. meskipun demikian, update untuk Android Ice Cream Sandwich tampaknya sebentar lagi akan segera rilis untuk kedua ponsel tersebut. sama-sama mengusung RAM yang mumpuni sebesar 512 MB cukup untuk mengakomodasi aplikasi-aplikasi yang hendak dijalankan. Kompak dengan nilai RAM, namun tidak untuk soal urusan prosesor, Sony jauh mengungguli Samsung soal prosesor. Dilengkapi dengan Dual Core 1 Ghz tentu akan menyakitkan penggemar Samsung yang hanya memberikan Single Core Processor pada angka yang sama. Secara sederhana, kinerja prosesor milik Sony akan dua kali lipat lebih cepat ketimbang punya Samsung.

Baterai

Menjadi satu fitur terakhir yang banyak dipertimbangkan. Kamera 5 megapiksel dan dual core prosesor sepertinya boros baterai, namun apa yang dilakukan oleh Sony dengan memberikan kapasitas 1320 mAh adalah kurang bijaksana, kapasitas sebesar itu dinilai kurang. Hal senada pun diberlakukan Samsung, kapasitas 1300 mAh juga tidak akan memuaskan bahkan untuk single core 1 Ghz pun.

Kesimpulan

Kedua ponsel yang sama-sama baru dan memiliki rentang harga yang sama. Kedua f\ponsel pun sebenarnya memiliki fitur yang hampir mirip, namun memang Sony sedikit lebih unggul untuk urusan kamera dan prosesor. Wajar saja hal tersebut terjadi, mengingat harga yang dibanderol pada Samsung Galaxy Ace Plus memang sedikit lebih murah. [IQ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel