Duel Tablet 7 Inchi Samsung Galaxy Tab 7 Plus vs. Toshiba Regza Tablet AT1S0

12 Jun 2012 12:00 6295 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di pasar Android di Indonesia maupun pasar global kita tahu bahwa Samsung mampu mendominasi penjualan untuk segmen ponsel maupun tablet. Semua orang tertuju pada Samsung ketika mendengar kata Android. Namun posisi Samsung yang saat ini tengah berada di puncak pasar penjualan Android bukannya tanpa halangan. Di tanah air sendiri, banyak penantang dari ...

Di pasar Android di Indonesia maupun pasar global kita tahu bahwa Samsung mampu mendominasi penjualan untuk segmen ponsel maupun tablet. Semua orang tertuju pada Samsung ketika mendengar kata Android. Namun posisi Samsung yang saat ini tengah berada di puncak pasar penjualan Android bukannya tanpa halangan. Di tanah air sendiri, banyak penantang dari pasar lain yang menyaingi Samsung pada kelas ponsel dan tablet.

Untuk tablet sendiri, Samsung mendapatkan penantang dari vendor lokal yang menawarkan harga tablet yang bersahabat dan juga fitur yang tak kalah melimpah dari tablet produksi vendor kenamaan seperti Samsung dengan Samsung Galaxy Tab-nya sekalipun. Namun tidak hanya berhenti di situ, ada penantang lain yang datang untuk menantang Samsung Galaxy Tab dari Samsung, penantang ini datang dari negeri Sakura yang tepatnya berasal dari vendor Toshiba yang berjuluk Toshiba Regza. Lalu bagaimanakah performa Samsung dalam menerima tantangan dari Toshiba?

Dimensi

Muncul di hadapan publik dengan mengusung dua warna, hitam dan putih, Tab 7 tampil apik dengan balutan lis silver di sepanjang bodinya. Tab 7 sendiri memiliki dimensi sebesar 193.7 x 122.4 x 99.9 mm dan memiliki berat 345 gram. Sedangkan Toshiba Regza membawa bodi yang kokoh melapisi bagian belakangnya dengan karet anti-slip untuk memberi kesan nyaman pada genggaman sang pengguna. Regza sendiri mengusung dimensi sebesar 189 x 128.1 x 11.9 mm dan memiliki bobot 400 gram. Perkara bobot, Tab 7 lebih unggul ketimbang Regza yang memiliki selisih bobot 55 gram lebih berat ketimbang Tab 7.

Layar

Sama-sama membawa layar berpenampang 7 inchi namun sayang tidak dilindungi oleh material tahan gores Gorilla Glass. Untuk lebih dalamnya, Tab 7 mengusung layar sentuh kapasitif PLSW LCD yang mampu menampilkan 16 juta macam warna pada resolusi 600 x 1024 pixels dengan kerapatan piksel sebesar 170 ppi. Artinya tidak ada masalah pada sisi responsibilitas. Untuk Regza sendiri, mengusung layar sentuh kapasitif LED-backlit LCD yang juga menampilkan 16 juta warna pada resolusi sebesar 1280 x 800 pixels dan memiliki kerapatan piksel sebesar 216 ppi. Perbedaan akan bisa kita lihat disini, bahwa Toshiba hadir dengan bekal layar yang lebih baik dengan kerapatan yang tajam serta resolusi yang lebih besar.

Performa

Ditakdirkan untuk berjalan di sistem operasi Android, kedua tablet ini sama-sama mempercayakan Android 3.2 Honeycomb sebagai sistem operasi yang berjalan di keduanya. Samsung yang selain masih mengandalkan teknologi TouchWiz UX UI juga mengandalkan prosesor Dual-core Exynos 4210 1.2 Ghz dengan dukungan RAM sebesar 1 GB sebagai dapur pacunya. Sementara untuk Toshiba sendiri, juga mengusung prosesor Dual-core NVIDIA Tegra 2 1 GHz dan sokongan RAM 1 GB untuk menopang kinerjanya. Jika ditilik dari dapur pacu antara kedua tablet ini, Samsung keluar menjadi yang paling unggul ketimbang Toshiba yang hanya mengusung prosesor dengan kecepatan 1 GHz.

Kamera

Untuk kemampuan kamera sendiri, masing-masing tablet memiliki kamera yang bisa diandalkan, Samsung mengandalkan kamera yang memiliki kekuatan sebesar 3.15 MP yang juga diperkuat dengan pengaturan standar seperti lampu flash, autofocus, dan juga dipercantik dengan hadirnya kamera sekunder sebesar 2 MP. Sedangkan untuk Toshiba sendiri memiliki kamera sebesar 5 MP yang juga dilengkapi dengan beberapa pengaturan standar kamera seperti lampu flash, autofocus dan juga kamera sekunder yang sama-sama berkekuatan 2 MP. Untuk daya rekam videonya sendiri, kedua ponsel ini mampu merekam video dengan kualitas yang sama, yakni sama-sama 720p. Kekuatan kamera yang dimiliki Toshiba jelas lebih besar jika dibandingkan dengan miliki Tab 7.

Baterai

Untuk urusan daya tahan, masing-masing tablet memiliki baterai yang berbeda. Tab 7 lebih memilih baterai Li-Ion 4000 mAh, namun angka ini tidak lebih tinggi jika dibandingkan dengan Toshiba yang memiliki baterai 6 Cell Li-Ion (3.7V x 15 Wh)
Kesimpulan

Kedua tablet ini memiliki kelebihan dan kekurangan di masing-masing sektor, namun apabila Anda ingin memiliki tablet dengan proporsional yang ramping, maka Anda bisa memilih Samsung tablet pilihan Anda. Namun apabila Anda menginginkan tablet yang memiliki layar yang memiliki resolusi yang lebar dan nyaman, maka Anda bisa memilih Toshiba Regza. Sementara untuk fitur yang terdapat di keduanya, Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel