Perbandingan Dua Aplikasi Foto Android Terpopuler Saat Ini, Instagram Vs Streamzoo

9 Jun 2012 08:00 4723 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Persaingan aplikasi foto untuk perangkat iOS dan Android tidak mungkin dilepaskan dari Instagram. Aplikasi yang telah menjadi raksasa di antara aplikasi lainnya ini memiliki basis penggunaan yang sangat besar dan tersebar hampir di seluruh dunia. Kehadiran aplikasi-aplikasi pesaing Instagram rasanya belum terlalu menunjukkan kesengitan yang ...

Persaingan aplikasi foto untuk perangkat iOS dan Android tidak mungkin dilepaskan dari Instagram. Aplikasi yang telah menjadi raksasa di antara aplikasi lainnya ini memiliki basis penggunaan yang sangat besar dan tersebar hampir di seluruh dunia. Kehadiran aplikasi-aplikasi pesaing Instagram rasanya belum terlalu menunjukkan kesengitan yang menajam. Hingga belum lama ini hadir sebuah aplikasi foto Android terbaru yang dikembangkan oleh Phonezoo Communication, Inc bernama Streamzoo.

Media-media online selalu membandingkan Streamzoo dengan Instagram dengan berbagai kemiripannya dalam hal fitur. Bahkan, sebagian besar mengatakan bahwa Streamzoo merupakan pesan terbesar aplikasi tersebut dan memiliki banyak kelebihan. Streamzoon merupakan aplikasi foto yang hadir dengan berbagai fungsi. Aplikasi mobile ini dapat digunakan pada perangkat Android ataupun iOS. Baru di luncurkan pada tahun 2012, Streamzoo hampir mampu menyamai pencapaian Instagram dan memenangkan penghargaan "Best Android Photo Sharing App" dalam penghargaan Best App Ever Awards tahun 2011 kemarin. Lalu, aplikasi manakah yang lebih baik? Simak ulasan berikut.

Pengaturan Foto

Pembuatan kesan "retro" yang dihasilkan oleh Instagram boleh jadi mejadi pemicu tren berkepanjangan dari hampir semua aplikasi foto yang ada di pasaran global saat ini. Mengembalikan kenangan melalui perangkat mobile merupakan hal yang sangat mengasyikkan. Terlebih penggunanya diberikan kebebasan untuk mengkreasikan karya fotonya sesuka hati dan membagikannya melalui akun jejaring sosial. Hal tersebut menjadi salah satu fitur terdepan pengaturan foto yang ada pada tiap aplikasi. Hal pertama yang telah menjadi pengetahuan umum adalah Instagram hanya dapat mengatur foto berbentuk persegi. Dengan begitu ada sebagian foto yang harus melalui proses cropping.

Bagi Anda yang menyukai foto panorama atau lanskap, tentunya Instagram tidak dapat mengakomodir hal tersebut. Sementara itu, Instagram memiliki kelebihan dalam hal filter gambar dibandingkan Streamzoo. Ada sekitar 17 filter seperti Amaro, Rise, Hudson, Lo-Fi, Inkwell, 1977, Kelvin dan lainnya. Untuk border atau bingkai, Anda dapat menemuinya satu paket bersamaan beberapa filter. Dengan proses satu kali klik, tentunya ini menjadi kemudahan tersendiri dalam mengaksesnya.

Salah satu kelebihan Streamzoo dibandingkan Instagram adalah proses pengaturan rasio gambar yang dimiliki. Jika pada Instagram Anda hanya akan mendapatkan foto berbentuk kotak, Streamzoo akan memberikan Anda opsi zooming yang dapat digunakan untuk memiliki berbagai ukuran rasio foto atau bahwa membiarkannya tampak original. Andapun dapat melakukan rotasi foto. Berbeda sedikit dengan Instagram, di dalam aplikasi Streamzoo, ada sekitar 14 filter yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat foto lebih menarik. Selain itu, pihak pengembang aplikasi itu telah menyediakan sekitar 15 border yang dapat digunakan secara terpisah. Dengan begitu Anda dapat memilih border sesuai keinginan pribadi. Hal inilah yang tidak ditemukan pada aplikasi Instagram, yakni kemampuan pengguna untuk membuat foto dengan cirinya tersendiri. Streamzoo memiliki filter seperti Lomo, C-41, Xprocess, Old School, B & W, Vienna dan lainnya. Sedangkan untuk border, nama-nama seperti Vignette, Old Film, Canvas, Retro, Dusty, Film, dan lainnya.

Instagram memang memiliki opsi Tilt Shift, tetapi hanya dapat digunakan oleh para pengguna perangkat iOS saja. Sementara, Streamzoo memungkinkan penggunanya untuk memilih opsi seperti hue, saturasi, kecerahan foto, dan kontras. Perbandingan beberapa fitur pengaturan foto menjadikan Streamzoo memiliki kelebihan yang tidak ditemui pada Instagram.

Fitur Sharing

Memiliki kemampuan berbagai foto melalui media sosial menjadi interaksi yang menarik untuk diikuti. Instagram mungkin lebih dahulu mempopulerkan kemampuan ini. Namun, fitu sharing yang Streamzoon berikan tidak dapat dipandang sebelah mata. Instagram sebagai aplikasi foto Android yang telah digunakan oleh jutaan penggunanya di dunia hadir dengan kemampuan sharing ke akun jejaring sosial semacam Twitter, Foursquare, Tumblr, dan Facebook. Sementara perbedaannya dengan Streamzoo adalah kemampuannya berbagi ke media penyimpanan foto online, Flickr. Untuk kemampuan fitur sharing masing-masing aplikasi masih berimbang. Hal ini karena dikembalikan lagi kepada setiap pengguna kedua aplikasi tersebut.

Website

Kedua aplikasi foto, baik Instagram ataupun Streamzoo memiliki website agar penggunanya dapat mengakses foto yang telah mereka share. Namun tentunya setiap web memiliki perbedaan dalam hal fitur dan beberapa layanan lainnya. Pada Instagra, Anda dapat berbagi foto Instagram dan setiap foto mendapatkan alamat Instagram tersendiri. Namun Anda tidak dapat mengatur foto Anda atau teman saat masuk ke dalam Instagram.com. Sementara untuk Streamzoo memberikan layanan yang cukup berbeda.

Pengguna aplikasi ini memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan sesama pengguna. Anda dapat mengunggah foto, mengikuti pengguna lainnya, streaming foto, dan juga menyisipkan komentar. Kemampuan interaksi inilah yang tidak dimiliki oleh pengguna Instagram. Kemampuan website Streamzoo yang menyediakan layanan interaksi sesama member menjadi kelebihan yang tidak ditemui oleh pengguna Instagram. Oleh sebab itu, Streamzoo lebih baik dalam persoalan ini.

Secara keseluruhan, Streamzoo memang digadang-gadang menjadi petarung terberat Instagram saat ini. Namun, dengan basis penggunan yang tersebar di dunia, menjadi sebuah tantangan yang berat untuk memecahkan rekor Instagram. Dengan setiap kemampuannya yang unik pada tiap aplikasi foto Android, Streamzoo layak menjadi pemenang dalam perbandingan kali ini. Selain itu, seperti halnya Instagram, aplikasi ini pun tidak hanya tersedia untuk perangkat Android, namun dapat pula digunakan oleh para pengguna perangkat iOS. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel