Compare Sony Ericsson Zylo W20i vs Samsung Star II S5263

10 Jun 2012 10:00 7676 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Handphone Sony W20i Zylo ini merupakan tipe handphone jenis flip. Berbeda halnya dengan Samsung S5263 Star II yang bertipe biasa atau *candybar* namun sudah menggunakan fitur *touchscreen* sebagai alat navigasinya.

Dimensi dan Desain

Handphone Sony Ericsson Zylo W20i memiliki dimensi atau ukuran sebesar 103 x 52 x 16 mm dengan berat handphone sebesar 115 g. Sedangkan handphone Samsung S5263 Star II memiliki ukuran dimensi sebesar 107.5 x 54 x 12.4 mm dengan berat sebesar 94 g. Handphone Sony W20i Zylo ini merupakan tipe handphone jenis flip. Berbeda halnya dengan Samsung S5263 Star II yang bertipe biasa atau candybar namun sudah menggunakan fitur touchscreen sebagai alat navigasinya.

Layar

Dari segi layar, Sony Ericsson Zylo W20i memiliki layar sebesar 2.6 inci dengan resolusi layar sebesar 240 x 320 piksel dengan jenis layar TFT dengan variasi warna kurang lebih sekitar 256 ribu pilihan warna. Dalam layar handphone ini sudah terdapat accelerometer sensor for UI auto-rotate, yang berfungsi untuk membuat perpindahan tampilan antar muka secara vertikal maupun horizontal tergantung saat Anda memakainya.

Selain itu juga terdapat scratch-resistant surface pada layar handphone ini. Sedangkan handphone Samsung S5263 Star II memiliki ukuran layar sebesar 3.0 inci dengan resolusi layar sebesar 240 x 400 piksel, dan menggunakan jenis layar TFT capacitive touchscreen yang sudah dipadukan dengan accelerometer sensor dan TouchWiz 3.0 UI. Variasi warna yang ditawarkan dalam handphone ini adalah sebanyak 256 ribu variasi warna.

Performa

Untuk performa kedua handphone, dapat dikatakan keduanya mempunyai performa yang hampir seimbang. Perbedaannya hanya beberapa fitur saja yang memang tidak dimiliki oleh salah satu handphone. Untuk handphone Sony Ericsson Zylo W20i bekerja pada jaringan GSM 3G dan sudah men-support HSDPA hingga 7.2 Mbps dan HSUPA 2.0 Mbps. Selain itu juga memiliki data jaringan GPRS dan EDGE. Lalu handphone ini juga memiliki Bluetooth v2.1 dengan A2DP, dan USB port v2.0 microUSB.

Selain itu ada beberapa fitur tambahan lain seperti MMS, email, push email, IM (Instant Messanging), SMS (threaded view), browser WAP 2.0/xHTML, RSS reader, HTML(NetFront), FM radio, pemutar musik dan video, predictive text input, picture editor, Google Maps, YouTube application, SensMe, picture blogging , Track ID, Walkman 4.0 player, serta fitur social network seperti Facebook dan Twitter.

Sedangkan handphone Samsung S5263 Star II dapat berjalan pada jaringan GSM namun belum men-support jaringan 3G. Fitur lain yang ditawarkan dalam meningkatkan performa handphone Samsung ini yaitu Bluetooth v3.0 with A2DP, USB, WLAN (Wi-Fi 802.11 b/g/n), GPRS Class 12 (48 kbps), EDGE, Browser WAP 2.0/xHTML, HTML, FM radio with RDS, 3.5mm audio jack, pemutar musik, pemutar video, Facebook, Twitter, Gtalk, AIM, Facebook chat, Yahoo IM, Document viewer (Word, Excel, PowerPoint, PDF), Organizer, Voice memo, SMS, MMS, Email, dan IM .

Kamera

Dalam segi kamera, kekuatan keduanya sangat seimbang. Didukung oleh lensa kamera berukuran 3.15MP, kedua handphone ini juga memiliki kamera video yaitu VGA@24fps untuk Sony Ericsson Zylo W20i dengan fitur tambahan video call dan geo-tagging, serta kamera video QVGA@15fps untuk Samsung S5263 Star II. Jadi dapat dikatakan bahwa dalam segi kamera kedua handphone ini dapat dikatakan berimbang.

Memori

Memori internal yang digunakan pada Sony Ericsson Zylo W20i yaitu sebesar 260MB, dan dapat juga menggunakan memori eksternal MicroSD hingga16GB. Sedangkan Samsung S5263 Star II memiliki memori internal yang sangat kecil dan hanya berukuran 30MB, tetapi juga dapat menggunakan memori eksternal MicroSD sampai 16GB.

Baterai

Baterai yang digunakan pada kedua handphone sebagai sumber energi sama-sama memakai baterai standar Li-ion. Untuk handphone Sony Ericsson Zylo W20i menggunakan baterai Li-ion sebesar 920mAh dengan waktu siaga selama 340 jam dan 400 jam pada saat 3G, dan waktu bicara selama 210 menit. Sedangkan untuk handphone Samsung S5263 Star II menggunakan baterai standar Li-ion dengan kekuatan sebesar 1000mAh dengan waktu siaga selama 900 jam dan waktu bicara selama 498 menit.

Kesimpulan

Dari berbagai segi yang sudah dijelaskan di atas, dapat dikatakan bahwa handphone Sony W20i Zylo dan handphone Samsung S5263 Star II sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam segi tampilan desain dan layar, kedua handphone sama sekali berbeda. Dari segi performa, keduanya cukup berimbang. Hanya saja fitur tambahan Wifi dan document viewer lebih membuat Samsung S5263 Star II sedikit lebih unggul. Namun jangan lupakan juga fitur 3G, HSDPA, dan HSUPA yang menjadikan handphone Sony Ericsson Zylo W20i menjadi lebih berkualitas. [FT]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel