Berbagai Jenis Emulator untuk Memainkan Game GBA Android

13 Jan 2012 10:00 9009 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Game untuk *tablet* dan *smartphone* Android kini memang tersedia dalam berbagai jenis. Meskipun begitu, game lawas tentunya memberikan pengalaman tersendiri seperti game GBA Android *(Game Boy Advance)*. Namun untuk memainkannya, Anda membutuhkan berbagai jenis emulator game yang di-*review* secara lengkap di sini.

Game untuk tablet dan smartphone Android kini memang tersedia dalam berbagai jenis. Meskipun begitu, game lawas tentunya memberikan pengalaman tersendiri. Game GBA Android (Game Boy Advance), Playstation 1 Android, SNES Android, GBC Android pun kini tersedia di Android Market.

Namun untuk memainkannya, Anda membutuhkan berbagai jenis emulator game versi Android yang ter-install dalam tablet maupun smartphone Android Anda. Berikut ini Paseban berikan beberapa jenis emulator yang bisa diunduh secara gratis!

MobileBoy

Aplikasi MobileBoy ini merupakan emulator yang ditujukan untuk game Nintendo Gameboy. Aplikasi yang dapat diunduh secara gratis ini datang dengan beberapa ROM game GBA Android yang siap untuk dimainkan. Seperti halnya aplikasi gratis lainnya, akan muncul pop up iklan yang mungkin akan sedikit mengganggu Anda ketika bermain game. Jika Anda ingin menghilangkan pop up iklan tersebut, Anda harus membayar sejumlah uang untuk membeli versi premiumnya.

DroidEmu Lite

Emulator DroidEmu ini dapat memainkan berbagai jenis game. Dari SNES, NES, GBA, GBC hingga game Genesis. Seperti halnya dengan MobileBoy, Anda bisa mencoba game GBA Android di sini. Berbagai jenis game, seperti pokemon, super mario dan lain-lain bisa dimainkan menggunakan emulator ini. Tentunya untuk memainkan jenis game yang diinginkan, Anda terlebih dulu harus mengunduh ROM game.

John GBC Lite

Seperti halnya SuperGnes, aplikasi John GBC Lite ini juga bisa diunduh secara gratis di Android Market. Anda dapat memainkan game GBA Android menggunakan emulator ini. Sayangnya, bagi Anda yang menggunakan OS Android di bawah versi 2,2, Anda tidak akan bisa menggunakan emulator ini, karena emulator John GBC Lite menjanjikan kualitas rendering yang bagus.

Terdapat juga tombol turbo dan virtual keypad on screen. Aplikasi ini juga menyediakan UI Honeycomb. Selain game GBA Android, Android Market juga menyediakan berbagai jenis emulator yang bisa digunakan. Berikut ini adalah beberapa emulator yang bisa Anda coba.

SuperGnes Lite

Aplikasi ini merupakan emulator untuk game SNES, tentunya bisa diunduh secara gratis di sini. Emulator ini mampu memberikan pengalaman seperti ketika Anda sedang memainkan game melalui konsol game SNES. Emulator ini menyediakan fitur kontrol multi-touch on screen. Selain itu Anda juga bisa memilih ukuran layar yang Anda sukai. SuperGnes ini mendukung berbagai jenis format file, antara lain smc, sfc, zip dan 7zip.

NES-FC Lite

Selanjutnya adalah sebuah aplikasi bernama NES-FC Lite yang berguna untuk memainkan game dari NES dan FC. Emulator ini menyediakan sepuluh slot untuk menyimpan permainan yang sudah Anda lakukan . Selain itu, fitur multi-touch juga bisa dinikmati jika Anda menggunakan OS Android 2,1 dan versi di atasnya. Plus jika Anda memilih untuk mengontrol game menggunakan trackball, emulator ini pun mendukung fitur tersebut.

PSX Player Lite

Jika Anda tergila-gila dengan game PS1, Anda bisa memainkannya dengan emulator ini. Hampir semua jenis game bisa dimainkan memakai emulator PSX Player ini. Sebelum menggunakan emulator ini, Anda terlebih dahulu harus melalukan setting-an BIOS serta mengunduh ROM game yang ingin Anda mainkan. Sayangnya, Anda tak bisa memainkan game yang sudah di-save dengan emulator gratis ini. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel