1

Sejarah Trackball dari Masa ke Masa

12 Oct 2011 16:30 8640 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda mungkin saat ini terbiasa menggunakan berbagai perangkat seluler yang memiliki trackball. Trackball adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari bola yang dipegang oleh soket yang mengandung sensor untuk mendeteksi rotasi bola sekitar dua sumbu, seperti sebuah mouse terbalik dengan bola menonjol terpapar.

Anda mungkin saat ini terbiasa menggunakan berbagai perangkat seluler yang memiliki trackball. Trackball adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari bola yang dipegang oleh soket yang mengandung sensor untuk mendeteksi rotasi bola sekitar dua sumbu, seperti sebuah mouse terbalik dengan bola menonjol terpapar. Namun tahukah Anda bagaimana awalnya system trackball ditemukan dan digunakan?

Trackball pertama kali diciptakan di dunia oleh 3 orang peneliti yaitu Tom Cranston, Fred Longstaff dan Kenyon Taylor yang bekerja pada sebuah proyek Angkatan Laut Kanada di tahun 1952. trackball ini pertama kali digunakan untuk permainan bowling lima pin di Kanada. Ini artinya trackball ditemukan lebih dulu daripada mouse yang diciptakan pada tahun 1965

Saat itu trackball memiliki keuntungan lebih baik daripada mouse karena kontak dengan tangan para pengguna yang umumnya lebih bersih dari pada meja atau mousepad dan bola pada trackball lebih mudah digulirkan dan tidak seseret roda atau bola pada mouse.

Sekitar era tahun 1970-an akhir trackball telah muncul dalam permainan komputer dan video, dan game arcade. Karena kemudahannya dalam menggulirkan bola trackball disukai oleh banyak pemain game professional. Selanjutnya trackball berevolusi dan disediakan sebagai perangkat penunjuk di beberapa terminal akses internet publik.

Tidak seperti mouse, trackball dengan mudah dapat dibangun ke sebuah konsol, tidak dapat diambil dengan mudah atau mudah dirusak. Dua contoh adalah konsol yang menggunakan trackball pada waktu itu adalah browsing internet yang disediakan di gerai McDonald di beberapa kota di Inggris dan BT Internet Broadband pada kotak telepon umum.

Kelebihan trackball yang hanya membutuhkan sedikit ruang untuk beroperasi daripada menggunakan mouse membuatnya disukai oleh para scientist di laboratorium. Selain itu dengan menggunakan trackball Anda akan lebih mudah melakukan browsing internet di beberapa tempat yang sulit dilakukan oleh mouse seperti tempat tidur atau mungkin saat Anda sedang dalam perjalanan.

Ukuran trackball pun telah berevolusi dari awalnya sebesar bola tenis hingga yang hanya berukuran beberapa millimeter. Namun satu hal yang tidak pernah berubah adalah metode pengoperasian trackball yaitu hampir selalu menggunakan kedua ibu jari Anda. Selain itu trackball bisa dengan mudah digunakan oleh orang yang sering menggunakan tangan kanan ataupun tanan kiri alias kidal. EK

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel