Duel Seru Ponsel Nexian Terbaru, Nexian A893 Magic Vs Samsung Galaxy Mini

11 Jan 2012 11:45 4707 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Produsen ponsel lokal, Nexian baru saja melepas ponsel Android terbarunya ke pasaran. Bagaimana jika ponsel Nexian A893 Magic terbarunya tersebut dibandingkan dengan Samsung Galaxy Mini? Simak review-nya di sini.

Produsen ponsel lokal, Nexian baru saja melepas ponsel Android terbarunya ke pasaran. Ponsel yang dilabeli sebagai Nexian A893 Magic tersebut dibanderol dengan harga Rp 1.599.000 dan ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah. Di pasaran ponsel yang memiliki spesifikasi dan harga yang hampir sama, tentunya banyak beredar. Kali ini, Paseban mencoba membandingkan ponsel Nexian A893 Magic dengan ponsel Galaxy Mini milik Samsung. Mau tahu seperti apa hasil perbandingan kedua ponsel tersebut? Berikut uraiannya.

Layar

Ponsel Nexian A893 Magic memiliki layar TFT capacitive touchscreen berukuran 3,5 inci. Resolusi HVGA 480×320 piksel serta mendukung multi-touch. Sementara itu, ponsel milik Samsung, Galaxy Mini dilengkapi dengan layar 3,14 inci TFT capacitive touchscreen dengan resolusi 240x320 piksel dan mendukung 256 ribu warna.

Selain itu, ponsel Samsung Galaxy Mini ini juga dilengkapi dengan UI auto-rotate, TouchWiz ala Samsung serta sensor Proximity. Ditilik dari ukuran dan kualitas gambar yang ditampilkan, Nexian A893 Magic memang tampil sebagai pemenang. Namun UI milik Samsung TouchWiz, bagaimanapun juga tetap menjadi daya tarik tersendiri.

Kinerja

Ponsel Nexian yang support Android Froyo 2.2, prosesor single core 600 MHz juga mendukung jaringan GPRS, EDGE maupun 3G. Bluetooth, FM Radio dan WiFi juga menyertai ponsel ini. Ponsel Nexian Magic ditunjang juga dengan dual network, GSM 900/1800MHz dan WCDMA 2100MHz. Karena diproduksi oleh produsen lokal, ponsel ini pun dilengkapi dengan beberapa aplikasi lokal, seperti aplikasi chat, Opera Mini, YouTube serta beberapa launcher situs berita nasional seperti Tempo, Kompas dan Detik.

Sama halnya dengan ponsel Nexian 893 Magic, Samsung Galaxy Mini juga menggunakan OS Andorid Froyo 2.2 dengan prosesor single core 600 MHz. Jaringan 3G, GPRS dan EDGE pun bisa diakses menggunakan ponsel ini. Fitur konektivitas lainnya yang terdapat di dalam Galaxy Mini di antaranya WiFi, Bluetooth serta USB. Untuk aplikasi tambahan, pihak Samsung membubuhkan aplikasi YouTube, SNS integration, Voice Memo, Digital Compass, foto dan video editor, voice command /dial dan masih banyak lagi.

Kedua ponsel ini memiliki spesifikasi prosesor yang sama. Namun Galaxy Mini lebih unggul dalam jumlah aplikasi tambahan yang dibubuhkan.

Kamera

Dual kamera 2MP di bagian belakang dan kamera VGA yang beada di bagian depan tersemat pada ponsel Nexian 893 Magic. Sementara Galaxy Mini menggunakan satu buah kamera 3.15MP di bagian belakang yang mampu merekam video kualitas QVGA pada 15fps. Dari segi kualitas kamera, tentunya Galaxy Mini memiliki keunggulan yang lebih dalam poin ini, meskipun Samsung hanya membubuhkan satu buah kamera.

Baterai dan Memori

Ponsel Nexian memiliki memori internal 8GB tanpa disertai slot microSD. Sayangnya, dalam situs resminya Nexian tidak menyebutkan spesifikasi dari baterai ponsel Nexian 893 Magic ini. Sedangkan Samsung Galaxy Mini dibubuhi dengan baterai Li-Ion 1200 mAh yang mampu bertahan selama 570 jam stand by serta 9 jam 30 menit talk time. Untuk memori internal, Samsung menyertakan kapasitas yang cukup kecil, hanya 160MB. Namun untuk menutup kekurangan itu, mereka menambahkan slot microSD dengan kapasitas maksimum 32GB. Lagi-lagi Paseban memilih Galaxy Mini sebagai pemenang dalam poin ini. Dengan adanya tambahan slot microSD, kapasitas penyimpanan ponsel ini menjadi lebih besar.

Kesimpulan

Dari seluruh perbandingan yang telah Paseban lakukan, sepertinya produk impor dari Samsung memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan produk lokal dari Nexian. Dan kenyataan ini bisa menjadi cambukan bagi para produsen lokal untuk terus meningkatkan kualitas produk yang dirilisnya. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel