Dapatkan Peringatan Dini Gempa di iPhone Melalui Aplikasi Gempa QuakeSOS

10 Jan 2012 11:00 2641 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
SOS Earthquakes, sebuah badan nirlaba, mengembangkan sebuah aplikasi gempa untuk perangkat iPhone bernama QuakeSOS. QuakeSOS menyuguhkan fitur utama mengenai informasi gempa yang baru terjadi secara lengkap seperti intensitas gempa dan lokasi pusat gempa. Tampilan *user-friendly* yang disuguhkan QuakeSOS memudahkan penggunanya untuk mengetahui di mana pusat lokasi gempa.

Akhir-akhir ini kita dapat melihat begitu rapuhnya kondisi keseimbangan alam. Tak heran berbagai bencana alam datang silih berganti. Bahkan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir terjadi serangkaian bencana alam yang telah merenggut korban jiwa maupun korban luka yang tidak sedikit. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh ketidaksiapan kita dalam menghadapi potensi-potensi bencana alam yang mungkin terjadi.

Belajar dari peristiwa-peristiwa bencana alam yang telah terjadi, serangkaian tindakan diupayakan untuk menjadikan kita lebih waspada dan siap dalam menghadapi bencana alam. Sebut saja serangkaian simulasi penyelematan ketika bencana alam terjadi yang disiapkan dengan beberapa skenario. Belum lagi pemerintah yang kian menggalakkan riset-riset terkait teknologi peringatan dini yang telah diterapkan pada beberapa daerah seperti Aceh dan pesisir barat Sumatera yang terkenal dengan daerah rawan bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami.

Menanggapi ini, SOS Earthquakes, sebuah badan nirlaba, mengembangkan sebuah aplikasi gempa untuk perangkat iPhone bernama QuakeSOS. QuakeSOS menyuguhkan fitur utama mengenai informasi gempa yang baru terjadi secara lengkap seperti intensitas gempa dan lokasi pusat gempa. Tampilan user-friendly yang disuguhkan QuakeSOS memudahkan penggunanya untuk mengetahui di mana pusat lokasi gempa.

Tak hanya itu, aplikasi gempa ini dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang amat berguna pada proses evakuasi. QuakeSOS memungkinkan kita untuk segera mengirimkan kabar terkini kepada seluruh relasi dan kerabat ketika gempa terjadi dengan cara menekan tombol I'M SAFE yang tertera pada layar ketika aplikasi dijalankan. Tombol tersebut secara otomatis akan mengirimkan pesan bahwa kita dalam kondisi yang baik kepada seluruh relasi, keluarga, dan teman melalui daftar kontak pada perangkat iPhone. Aplikasi gempa ini juga menyediakan tombol HELP ME untuk memberikan notifikasi kepada seluruh relasi, keluarga, dan teman bahwa kita dalam keadaan bahaya pada saat bencana gempa bumi terjadi sehingga memudahkan dilakukannya evakuasi sesegera mungkin.

Meskipun begitu, inkonsistensi informasi yang diberikan pada saat terjadi gempa dengan skala intensitas tertentu menjadi salah satu keterbatasan dari aplikasi gempa ini. Akan tetapi, secara keseluruhan aplikasi yang dapat dijalankan pada iPhone dan iPad ini tergolong aplikatif dan berguna untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi bencana. Apabila Anda tertarik mencobanya, aplikasi seharga $ 0,99 atau sekitar Rp 9.000,00 ini dapat Anda temukan di iTunes App Store. [RA]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel