Duel Smartphone Berbanderol Diatas Rp 5 Juta-an - HTC Sensation XE vs Samsung Galaxy S II

3 Jan 2012 15:30 3181 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Paseban kali ini menghadirkan pertarungan *smartphone* Android *High-End* dengan banderol diatas Rp 5 juta-an. Bagi Anda yang sedang bingung karena diharuskan memilih dua jagoan *smartphone* dengan kualitas dan fitur yang handal antara HTC Sensation XE dan Samsung Galaxy S II, maka patut membaca *review* keduanya ini sampai tuntas.

Paseban kali ini menghadirkan pertarungan smartphone Android High-End dengan banderol diatas Rp 5 juta-an. Bagi Anda yang sedang bingung karena diharuskan memilih dua jagoan smartphone dengan kualitas dan fitur yang handal antara HTC Sensation XE dan Samsung Galaxy S II, maka patut membaca review keduanya ini sampai tuntas.

Dimensi

Dimensi Samsung Galaxy S II memiliki tubuh yang lebih slim dan berat yang lebih ringan dibandingkan dengan penantangnya HTC Sensation XE. Samsung Galaxy S II memiliki ukuran 125.3 x 66.1 x 8.5 mm dengan berat 116 gram sedangkan HTC Sensation berukuran 126.1 x 65.4 x 11.3 mm dengan berat 151 gram.

Layar

Lanjut ke soal layar sentuh yang dimiliki keduanya, tak ada perbedaan karena seolah "janjian" keduanya menggunakan layar berukuran 4.3 inchi. Namun demikian, yang membedakannya ialah resolusi HTC Sensation XE lebih tinggi dengan 540 x 960 pixels, dibandingkan Samsung S II yang beresolusi 480 x 800 pixels. Pembeda lainnya, touchscreen Samsung dilapisi dengan Corning Gorilla Glass sedangkan HTC Sensation tidak dilapisi, makanya layar Samsung S II bisa dipastikan lebih tangguh.

Performa

Performa keduanya menggunakan OS Andorid 2.3 Gingerbread, namun Samsung dikabarkan akan menyediakan update Andorid 4.0 ICS khusus untuk Galaxy S II-nya. Samsung Galaxy S II memakai chipest Exynos dengan processor dual core 1.2 GHz, GOU Mali-400MP, dan dukungan RAM 1 GB. HTC Sensation XE bertenaga chipset Qualcomm MSM8260 Snapdragon dengan processor dual core 1.5 Ghz, GPU Andreno 220 dan RAM 768MB. Melihat dari performa yang ada, sepertinya Samsung Galaxy S II unggul tipis atas HTC Sensation.

Kamera

Dalam duel kamera, juga Samsung Galaxy patut sedikit berbangga. Keduanya memang mendukung kamera resolusi 8 megapixels, sama-sama memiliki kemampuan merekam video HD 1080P, dilengkapi dengan kamera depan, namun yang membedakannya HTC Sensation XE hanya dilengkapi kamera VGA sedangkan Samsung Galaxy S II sudah dilengkapi kamera 2 megapixels.

Baterei dan Memori

HTC Sensation XE dibekali baterai Li-Ion dengan kapasitas sedikit lebih daripada Samsung Galaxy S II yakni 1730mAh, sedangkan Samsung Galaxy S II berkapasitas Li-Ion 1650mAh. Samsung Galaxy S II dilengkapi dengan kapasitas memori yang jauh lebih besar dengan memori internal 16 GB serta microSD sampai 32 GB, sedangkan HTC Sensation hanya memiliki memori internal dengan kapasitas 4 GB serta slot microSD sampai 32 GB.

Kesimpulan

Jika dibandingkan, Samsung nampaknya unggul dalam beberapa lini. Samsung unggul dalam soal dimensi dengan ukuran yang lebih slim dan ringan, performanya juga unggul tipis dengan dukungan processor dual-core 1.5 GHz, serta kamera yang dilengkapi dengan kamera depan 2 megapixels. [EH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel