Perbandingan Handset Sensual - HTC Sensation XE vs Galaxy Nexus

8 Dec 2011 12:00 8550 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
HTC Sensation XE dan Galaxy Nexus adalah dua *handset* yang paling sensual saat ini, desainnya yang cukup minimalis namun tidak mengurangi kecanggihan fitur ponsel membuat dua ponsel ini menjadi pilihan bagi para pencintanya.

HTC Sensation XE dan Galaxy Nexus adalah dua handset yang paling sensual saat ini, desainnya yang cukup minimalis namun tidak mengurangi kecanggihan fitur ponsel membuat dua ponsel ini menjadi pilihan bagi para pencintanya.

Lalu apa lagi kelebihan keduanya? Mari kita bandingkan sensualitas HTC Sensation XE VS Galaxy Nexus S dari berbagai sisi:

Desain

HTC Sensation XE adalah salah satu handset yang paling menarik dari semua produk HTC. Smartphone ini sepertinya masih mempertahankan ciri khas perusahaan yang begitu kental di mana desainnya dibulatkan namun juga memiliki proporsi yang memanjang serta gaya dengan aksen warna merah yang cukup menonjol. Aksen merah itulah yang mungkin membuatnya menjadi terlihat lebih menarik.

Samsung Galaxy Nexus juga memiliki desain yang memanjang dengan sudut yang sama-sama melengkung. Bedanya dengan HTC Sensation XE, Galaxy Nexus memiliki aksen warna yang dominan hitam sehingga tampak sensual dengan hiasan warna aurora yang lebih cenderung mirip pelangi pada default homescreen-nya.

HTC Sensation XE memang terlihat mampu memadukan warna merah dalam balutan warna hitamnya, tetapi ketika melihat bagian belakang smartphone seolah terpecahkan dengan warna abu yang menjadi background brand HTC, padahal pada bagian depan HTC Sensation XE mampu memperlihatkan kemewahan dalam keserhanaannya. Berbeda dengan HTC Sensation XE, Galaxy Nexus malah terlihat terlalu sederhana ditambah balutan warna abu dengan style celana jeans di sekujur bagian belakangnya. Meskipun demikian Samsung Galaxy Nexus terlihat begitu sensual, elegan dan minimalis dari bagian depan, tetapi secara hormat HTC Sensation XE harus mengakui kemewahan yang dibawanya.

Display

HTC Sensation XE mendukung layar *touchscreen S-LCD berukuran 4,3 inci pada resolusi 540x960 piksel. Resolusi tersebut memungkinkannya untuk memberikan kepadatan piksel yang tinggi dengan 256 piksel per inci (ppi). Sedangkan Galaxy Nexus mendukung layar Super AMOLED 4,65 inci HD (1280 x 720 piksel). Resolusi Galaxy Nexus menjadikannya lebih mengesankan dibanding HTC Sensation XE karena kepadatan pikselnya berada pada 316ppi.

Teknologi S-LCD dari Sony mirip dengan Super AMOLED milik Samsung di mana menawarkan energy yang lebih hemat dengan warna-warna cerah dan lebih lebih kaya. HTC Sensation XE datang dengan membawa HTC Sense user interface (UI) yang mendukung multi-touch input, sementara itu accelelometer dan gyro sensor memungkinkannya untuk mengaktifkan rotasi layar.

Samsung menggunakan teknologi layar HD Super AMOLED sendiri di mana memiliki kelebihan dan kekurangan yang sama dengan pesaingnya S-LCD display. Sedangkan teknologi layar yang dipakai oleh Galaxy Nexus adalah trump card yang memungkinkannya mampu menampilkan ukuran yang besar dengan resolusi tinggi serta kepadatan piksel yang menakjubkan.

Pemenang - Samsung Galaxy Nexus

Storage

Media penyimpanan /storage dalam HTC Sensation Xememiliki storage on-board 4GB tetapi hanya 1GB yang bisa diakses oleh pengguna, berbeda dengan Galaxy Nexus yang hadir dengan dua varian storage, yaitu 16GB dan 32GB. Untuka jaga-jaga, Galaxy Nexus juga menyediakan RAM 1GB dibanding dengan HTC Sensation XE yang hanya menyediakan 768MB.

Kelemahan dibalik keunggulan Galaxy Nexus adalah tidak adanya dukungan kartu eksternal sehingga jika Anda ingin memperluas kuota storage mungkin Anda harus mengurungkan niat Anda. Namun secara teknis, Anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih banyak pada HTC Sensation XE dengan kartu slot 32GB yang ditambahkan ke 1GB on-board.

Di sisi lain, sebenarnya penyimpanan dengan kartu agak sedikit lebih lambat dibanding dengan penyimpanan on-board, karena penyimpana on-board akan memungkinkannya jauh lebih stabil dan lebih cepat. Jadi, kesimpulan pemenangnya jatuh ke Galaxy Nexus. Meskipun demikian, mungkin Anda memiliki pandangan sendiri untuk masalah ini.

Prosesor

HTC Sensation XE merupakan spesimen kuat dalam menjalankan inti prosesor Qualcomm clock 1,5GHz ganda pada chipset, selain itu juga didukung dengan Adreno 220 Graphics Prosessing Unit (GPU).

Mengingat spesifikasi di atas seharusnya Galaxy Nexus menjadi perangkat andalan, tetapi kenyataannya Galaxy Nexus sedikit mengecewakan dalam kekuatan pemrosesannya.

Pemenang - HTC Sensasi XE

Sistem Operasi

Kedua smartphone ini menggunakan sistem operasi Android, HTC Sensation XE berjalan dengan Android 2,3 Gingerbread sedangkan Galaxy Nexus menggunakan sistem operasi terbaru dari Google, Ice Cream Sandwich.

Sistem operasi Gingerbread menawarkan kinerja yang baik, terutama pada perangkat dual core seperti HTC Sensation XE, tetapi dalam hal fitur rasanya seperti batu locatannya Android v3.0, Honeycomb.

Salah satu keluhan utama pada Gingerbread adalah terletak pada web browser aslinya, meskipun lebih baik dari pendahulunya dalam hal scrolling dan zoom tetapi di sisi lain masih sedikit lambat dan juga tidak memiliki tabbed browsing apapun.

Untungnya, browser Ice Cream Sandwich bersama dengan sisa dari sistem, telah membawa perbaikan yang dilakukan di dalam 3,0 Honeycomb untuk tablet Galaxy Nexus.

Sebuah kekuatan khusus dari sistem Android pada kedua versi ini adalah multi-tasking dan kelebihan Ice Cream Sandwich yang mudah digunakan dengan efisien berkat beberapa aplikasi switching kontrol antarmuka yang berguna.

Pemenang - Samsung Galaxy Nexus

Kamera

Samsung Galaxy Nexus datang dengan kamera 5MP pada resolusi 2592x1936 piksel. Selain itu juga didukung dengan kualitas panggilan video melalui 1.3MP kamera sekunder. Untuk video capture, didukung dengan HD 1080p termasuk fitur-fitur tambahan LED flash, autofocus, touch focus, face detection and geo-tagging.
Sedangkan pada HTC Sensation XE, kamera primernya memiliki resolusi 8MP dengan menawarkan resolusi 3264x2448 piksel. Selain kamera primer juga dilengkapi dengan kamera sekunder VGA yang memiliki kemampuan vide calling.

Pemenang - HTC Sensasi XE

Kesimpulan

Meskipun Galaxy Nexus tidak terkesan sebagus yang diharapkan pada peluncurannya, setidaknya dia masih memiliki sistem operasi dan layar yang lebih baik. Di sisi lain, HTC Sensation XE juga tidak begitu banyak menawarkan kelebihannya terutama dalam hal prosesor. [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel