Perbandingan Smartphone Rp 2,9 juta-an: Huawei Honor vs Samsung Galaxy W

2 Jan 2012 17:00 4859 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kali ini Paseban akan mencoba membandingkan duel seru *smartphone* keluaran anyar Huawei Honor U8860 melawan Samsung Galaxy W 18150 yang memiliki banderol harga yang sama, yakni sekitar Rp 1,9 juta-an.

Kali ini Paseban akan mencoba membandingkan duel seru smartphone keluaran anyar Huawei Honor U8860 melawan Samsung Galaxy W 18150 yang memiliki banderol harga yang sama, yakni sekitar Rp 2,9 juta-an. Duel keduanya dipastikan seru karena memiliki spesifikasi dan kualitas yang hampir sama dan dipastikan membuat calon pembeli kedua smartphone Android mid-end ini lumayan bingung untuk menentukan pilihan di antara keduanya.

Dimensi

Samsung Galaxy W nampaknya langsung menggebrak dengan menungguli saingannya dalam hal dimensi karena yang memiliki ukuran 115.5 x 59.8 x 11.5 mm dengan berat 114.7 gram, lumayan jauh meninggalkan Huawei Honor yang berukuran 122 x 61 x 11 mm dengan berat 140 gram. Bagaimanapun, pertimbangan dimensi ini cukup penting mengingat banyak orang yang lebih memilih memakai smartphone yang lebih ringan dan tipis sehingga sangat memudahkan untuk digunakan dan dibawa kemanapun.

Layar

Huawei Honor memang lebih berat sedikit, dan rupanya hal ini terpengaruh oleh ukuran touchscreen-nya yang 4 inchi dengan resolusi 480 x 854 pixels, 14 juta warna, Capacitive touchscreen, Multi-touch input method. Ukuran layar Samsung Galaxy lebih kecil sedikit saja dengan 3.7 inchi dan resolusi 480 x 800 pixels.

Performa

Selain ukuran layar dan dimensi tadi, perbandingan dalam hal performa agaknya hal yang lebih fundamental lagi. Dalam hal ini, Huawei Honor dan Samsung Galaxy sama-sama menggunakan sistem operasi Android 2.3 Gingerbread serta dibantu dengan tenaga chipset Qualcomm MSM8255T Snapdragon dengan didukung processor Scorpion 1.4 GHz dan GPU Adreno 220. Keduanya juga dilengkapi dengan RAM yang sama: 512 MB.

Kamera

Perbandingan dalam konteks kepemilikan kamera nampak sekali Samsung Galaxy kedodoran lumayan jauh. Huawei Honor unggul jauh dengan kelengkapan kamera 8 megapixels, kamera depan 2 MP, dan video HD 720P. Sedangkan Samsung Galaxy hanya memiliki kamera 5 megapixels, kamera depan VGA dan video HD 720P. Soal kamera, jelas sekali Huawei Honor unggul jauh.

Baterei dan Memori

Kapasitas baterai Honor Huawei juga memiliki kapasitas yang lebih unggul dengan Li-Po 1900mAh dibandingkan dengan kapasitas baterai Samsung yang Li-Ion 1500mAh. Honor Huawei dilengkapi dengan ROM berkapasitas 4 GB, memori internal 1GB, dan slot microSD 32 GB. Sedangkan Samsung Galaxy dilengkapi dengan ROM yang setengahnya yakni 2 GB, memori internal 1.7 GB, dan slot microSD sampai 32 GB.

Kesimpulan

Dari perbandingan di atas tersebut, terlihat Honor Huawei unggul dalam berbagai lini: ukuran layar, kamera, dan juga kapasitas baterei. Sedangkan Samsung hanya unggul dalam dimensinya yang lebih ringan, namun performa keduanya seimbang. Jadi mana yang Anda pilih? Sesuaikan dengan kebutuhan Anda itu yang paling utama. [EH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel