Canon Eos 7D - Kamera Dslr Dengan Banyak Fitur

20 Mar 2013 11:45 3868 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Canon EOS 7D adalah salah satu produk DSLR andalan produsen Canon, pertama kali diluncurkan pada 1 September 2009. Kamera ini dibekali dengan banyak fitur-fitur modern dan memiliki keunggulan dibanding produk keluaran sebelumnya. Canon EOS 7D berusaha menyusul kesuksesan yang telah diraih oleh pendahulunya yakni 10D, 20D, dan 30D. Selain itu nampaknya DSLR ini memang digadang-gadang untuk dapat menyaingi Nikon sang rival terdekat Canon yang memiliki DSLR sekelas D300 atau D200 dan Sony A700.

Canon EOS 7D adalah salah satu produk DSLR andalan produsen Canon, pertama kali diluncurkan pada 1 September 2009. Kamera ini dibekali dengan banyak fitur-fitur modern dan memiliki keunggulan dibanding produk keluaran sebelumnya. Canon EOS 7D berusaha menyusul kesuksesan yang telah diraih oleh pendahulunya yakni 10D, 20D, dan 30D. Selain itu nampaknya DSLR ini memang digadang-gadang untuk dapat menyaingi Nikon sang rival terdekat Canon yang memiliki DSLR sekelas D300 atau D200 dan Sony A700. Canon menjual EOS 7D yang sebenarnya untuk level pengguna fotografer kelas profesional, karena ada banyak fotografer kelas ini yang sudah terbiasa menggunakan Canon seri EOS 1D. Namun bukan berarti kelas dibawahnya tidak boleh memakainya, bagi Anda yang masih semi pro atau baru serius menggeluti fotografi tetap direkomendasikan.

Mengenai body, EOS 7D sudah agak berbeda dengan EOS 50D dan 5D Mark II. Namun tidak hanya ganti body saja, karena EOS 7D saat ini sudah didukung dengan sensor sebesar 18 MP. Selain itu terdapat tombol panel video yang berada di sebelah kanan viewfinder dengan rata-rata ukuran tombol pada EOS 7D dibuat sedikit lebih besar. Perubahan signifikan lainnya dapat Anda temukan pada desain panel lock, di sisi kanan bawah. Rincian ukuran dari rear LCD monitor EOS 7D adalah 3.0 inches (76 mm), 640×480 (921,600 dots).

Perbedaan lain yang nampak mudah terlihat dari EOS 7D adalah terdapat 2 unit processor. Padahal umumnya penggunaan 2 unit processor hanya terdapat pada DSLR seri High End dari Canon. Contohnya adalah Canon 1D Mark IV salah satu camera High End milik Canon yang dibekali dengan 2 unit processor di dalam body. Untuk material body Canon EOS 7D menggunakan bahan Magnesium alloy yang kualitasnya sudah dijamin mumpuni. Dengan bahan ini, tentunya kamera akan terasa lebih berat, namun keuntungannya kamera ini bakal tahan berbagai cuaca dan kondisi, bahkan pada cuaca seekstrim sekalipun seperti badai, salju, maupun hujan.

Canon EOS 7D didukung dengan sensor 18.0 effective megapixel 22.3 × 14.9 mm APS-C CMOS sensor. Sebagai tambahan sensor ini juga dilengkapi dengan Built-in fixed low-pass filter beserta self-cleaning unit. Pada kemampuan shutter speed kamera ini mampu memotret dengan kecepatan hingga 1/8000 detik, dengan kecepatan sync flash 1/250 detik. Dengan kemampuan ini, EOS 7D dapat Anda pakai untuk mengabadikan momen-momen pada acara olahraga maupun benda-benda yang bergerak cepat. Sedangkan pada fitur ISO, Anda dapat memakai dari angka 100 hingga 6400 dan masih dapat diekspansi sampai angka 12.800.

Canon EOS 7D adalah sebuah DSLR yang sangat tangguh dalam hal kecepatan memotret, bayangkan saja, kamera ini bisa melakukan penembakan rana 8 fps. Anda dapat membandingkan dengan Canon EOS 5D Mark II yang hanya bisa menyanggupi 3.9 fps dan untuk Canon EOS 5D Mark III hanya 6 fps saja. Untuk fitur autofocus EOS 7D memiliki fokus 19 titik, yang semuanya dapat diatur dimana saja yang ingin Anda jadikan tujuan memotret. Selain itu Anda juga dapat mengaturnya secara otomatis karena kamera ini dapat mendeteksi sasaran tembak bagian mana yang memiliki dominan kontras untuk dijadikan target fokus. Fitur inilah yang masih jarang Anda temui pada DSLR seri lainnya. Pada masalah sistem metering Canon EOS 7D memiliki fitur Focus Color Luminance (iFCL) yang tergolong masih baru, untuk mengukur warna, fokus dan luminance dengan menyilang sebanyak 63 zona.

Untuk masalah pemotretan EOS 7D bisa dibilang sangat baik, lalu bagaimana dengan perekaman video? Cukup baik namun tidak begitu istimewa. Kamera ini menawarkan kemampuan untuk merekam audio dari sumber eksternal. Fitur shutter dan aperture tersedia untuk kontrol manual, dan EOS 7D juga menyediakan pilihan frame rate multiple. Klip video yang dapat dibuat oleh Canon EOS 7D terbatas pada dua belas menit dalam mode definisi tinggi 1080p dan 720p, atau 24 menit dalam modus definisi standar VGA. Meski demikian, EOS 7D telah memperoleh prestasi dalam dunia pembuatan film independen sebagai alternatif terjangkau untuk kamera sinema digital. Kamera ini pernah digunakan pada pembuatan film Black Swan, Stanley Ka Dabba, dan Vazhakku Enn.

Canon EOS 7D saat ini masih dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yakni sekitar 15 jutaan untuk pasaran Indonesia. Kamera ini direkomendasikan untuk para profesional. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel