Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy W (part-5)

27 Dec 2011 17:00 5070 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Selama empat pembahasan berturut-turut, Paseban telah me-*review* mengenai spesifikasi Samsung Galaxy W. Untuk yang kelima kalinya ini, Paseban akan membahsa dari segi fitur SMS dan Telepon yang sudah lumrah dilakukan dalam sebuah perangkat *handphone*.

Selama empat pembahasan berturut-turut, Paseban telah me-review mengenai spesifikasi Samsung Galaxy W, Anda bisa membacanya di sini. Untuk yang kelima kalinya ini, Paseban akan membahas dari segi fitur SMS dan Telepon yang sudah lumrah dilakukan dalam sebuah perangkat handphone.

Berikut ini adalah pembahasan review mengenai Samsung Galaxy W:

Telepon

Samsung Galaxy W tidak mempunyai masalah dalam hal telepon dan penerimaan sinyal. Bahkan di daerah di mana kualitas sinyal buruk, suara dari speaker penerima telepon masih cukup tajam dan keras.

Dialer dan call log Samsung Galaxy W terintegrasi ke dalam buku telepon, masing-masing dalam tab terpisah. Smart Dial juga tersedia dan bekerja dengan baik, ia mencari nama dan nomor secara bersamaan. Hasil pencarian akan menampilkan satu kontak+foto yang paling sesuai dengan nama atau nomor yang Anda inputkan. Apabila ingin melihat hasil lainnya, Anda bisa tap lambang panah yang tersedia.

Pada dialer Samsung Galaxy W, selain tombol nomor, tombol panggilan, dan mengirim SMS, juga tersedia tombol baru untuk melakukan video call.

Tab call log berada di samping tab dialer. Tab ini akan menampilkan nomor yang telah Anda hubungi, panggilan yang telah Anda terima, dan missed calls. Apabila nomor telah berada pada kontak disertai dengan foto, call logs pada Samsung Galaxy W akan menampilkannya secara lengkap.

Tes speakerphone juga tidak lupa Paseban lakukan. Dan Samsung Galaxy W berada pada kategori standar. Satu yang berada di atas standar adalah vibration yang cukup kuat.

Berikut perbandingan tes speakerphone Samsung Galaxy W jika dibandingkan dengan perangkat lain:

Speakerphone Suara
(dalam satuan dB(decibel))
Kekuatan energy suara/musik
(dalam satuan dB)
Dering
(dalam satuan dB)
Skor keseluruhan
Nokia Lumia 800 60.9 59.0 61.7 Dibawah rata-rata
Apple iPhone 4 65.9 66.5 67.3 Dibawah rata-rata
Samsung I9000 Galaxy S 66.6 65.9 66.6 Dibawah rata-rata
Samsung S8600 Wave 3 68.0 65.8 69.7 Rata-rata
Samsung Galaxy W I8150 69.6 66.6 67.0 Rata-rata
Samsung S8500 Wave 69.8 66.6 75.5 Bagus
HTC Titan 75.8 66.2 82.7 Sangat bagus
HTC Desire 76.6 75.7 84.6 Sempurna

Pesan Teks

Sistem pesan teks didesain cukup sederhana di Samsung Galaxy W. Tidak ada folder, hanya sebuah tombol pesan baru. Di bawah tombol adalah daftar semua pesan teks Anda yang terorganisir dalam bentuk threads.

Gesture swipe pada menu pesan teks Samsung Galaxy W sama seperti pada phonebook, swipe ke kiri untuk menulis pesan dan swipe kanan untuk melakukan panggilan.

Untuk menambahkan nomor penerima pesan, cukup dengan mengetik nama atau nomor dan pilih list dari kontak yang ditawarkan.

Bila Anda menambahkan konten multimedia ke pesan, secara otomatis SMS akan berubah menjadi MMS. Anda dapat menambahkan file foto atau audio bersama dengan teks, atau menyusun MMS menggunakan semua fitur yang tersedia (seperti multiple slides, slide timing, layout, dan yang lainnya).

Dalam hal email, aplikasi Gmail pada Samsung Galaxy W mendukung operasi batch, yang memungkinkan untuk mengarsipkan, memberi label, atau menghapus lebih dari satu email sekaligus. Akun Gmail lebih dari satu juga didukung.

Dan seperti pada versi OS Android sebelumnya, terdapat aplikasi email standar yang bisa Anda setting dengan memasukkan parameter POP (Post Office Protocol) atau IMAP (Internet Message Access Protocol). Setelah setting telah selesai dan parameter yang Anda inputkan benar, maka Anda akan mendapatkan tab inbox, sent, draft, dll. Akun email lebih dari satu juga didukung oleh aplikasi email standar Android ini, di mana inbox, sent, dan yang lainnya akan tergabung dalam satu tab dan dibedakan dengan warna.

Dan untuk aplikasi IM (Instant Messaging) standar, tentu saja GTalk menempati posisi tersebut. Gtalk mendukung banyak IM client lain seperti Pidgin, Kopete, iChat dan Ovi Contacts. Plus dukungan video chat telah disediakan di Samsung Galaxy W.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel