Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy W (part-4)

25 Dec 2011 11:00 3542 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pada tiga artikel sebelumnya, Paseban mengulas *review* mengenai Samsung Galaxy W dari berbagai fitur. Untuk artikel ini, Paseban akan mengulasnya dari segi performa CPU benchmark, berikut ulasan dari Paseban:

Pada tiga artikel sebelumnya, Paseban mengulas review mengenai Samsung Galaxy W dari berbagai fitur. Untuk artikel ini, Paseban akan mengulasnya dari segi performa CPU benchmark, berikut ulasan dari Paseban:

Benchmarks Performa Samsung Galaxy W

Anda sudah mengetahui spesifikasi Samsung Galaxy W pada Kupas Tuntas Samsung Galaxy W (part-1). Kini Paseban ingin membandingkan bagaimana kemampuan Samsung Galaxy W jika dibandingkan dengan smartphone Android lain yang memiliki spesifikasi sejenis.

Paseban akan membandingkan Samsung Galaxy W dengan:

  • Samsung Galaxy S II: Chipset Exynos, CPU Dual-core 1.2 GHz Cortex-A9, GPU Mali-400MP, RAM 1GB

  • HTC Sensation XE: Chipset Qualcomm MSM8260 Snapdragon, CPU Dual-core 1.5 GHz Scorpion, GPU Adreno 220, RAM 768MB.

  • HTC Sensation XL: Chipset Qualcomm MSM8255, CPU Single-core 1.5 GHz Scorpion, GPU Adreno 205, RAM 768MB.

CPU Benchmark

Dilihat dari CPU, HTC Sensation XL adalah rival yang paling dekat, tetapi terpaut 100MHz diatas Samsung Galaxy W, Single-core 1.5GHz vs Single-core 1.4GHz.

Perangkat lain memang bukan lawan sebanding dari Samsung Galaxy W, tetapi mereka diikut sertakan karena mereka merupakan smartphone Android populer yang bisa dijadikan sebagai pembanding dan memberikan gambaran kepada pengguna tentang hasil benchmark ini.

Berikut hasil CPU benchmark menggunakan BenchmarkPi dan Linpack:

Kupas Tuntas Samsung Galaxy W (part-4)

Kupas Tuntas Samsung Galaxy W (part-4)

GPU Benchmark

Pada tes grafis 3D, Samsung Galaxy W secara mengejutkan menunjukkan hasil yang cukup bagus. Bahkan HTC Sensation XL yang menggunakan GPU Adreno 205 dan resolusi layar yang sama persis berada di bawah Samsung Galaxy W. Tetapi tentu saja masih kalah dengan Samsung Galaxy S II yang menggunakan Mali-400MP.

Berikut hasil GPU benchmark menggunakan NenaMark 2:

Kupas Tuntas Samsung Galaxy W (part-4)

Browser benchmark

Dilihat dari performa JavaScript, Samsung Galaxy W sebanding dengan HTC Sensation XE, bahkan sedikit lebih baik. Sebaliknya, HTC Sensation XL, menunjukkan hasil yang lebih baik dari kedua perangkat tersebut, bahkan mengalahkan Samsung Galaxy S II. Hal ini adalah efek dari pengembangan JavaScript engine oleh HTC, di mana HTC Sensation XL rilis, November 2011, sebulan setelah XE, Oktober 2011.

Berikut hasil JavaScript benchmark menggunakan SunSpider:

Kupas Tuntas Samsung Galaxy W (part-4)

HTML5+JavaScript benchmark juga menempatkan HTC Sensation XL sebagai pemimpin, kembali berkat pengembangan JavaScript engine. Bahkan secara keseluruhan, kedua perangkat HTC mengalahkan kedua perangkat Samsung.

Berikut hasil HTML5+JavaScript benchmark menggunakan BrowseMark:

Kupas Tuntas Samsung Galaxy W (part-4)

Kelanjutan pembahasan artikel ini, klik di sini
[RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel