Kekurangan Android Terletak Pada Update OS (part-1)

12 Dec 2011 11:00 6163 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Harus diakui Android berhasil meraih kesuksesan dalam waktu yang cukup singkat. Dan kini ia menjadi salah satu *mobile* OS paling populer bersama dengan iOS. Namun sayangnya *mobile* OS berusia termuda ini juga memiliki sisi lemah. Jika dibandingkan dengan rival terberatnya, iOS, kekurangan Android tidak terletak pada kinerja OS, tetapi lebih pada sistem *update* OS.

Harus diakui Android berhasil meraih kesuksesan dalam waktu yang cukup singkat. Dan kini ia menjadi salah satu mobile OS paling populer bersama dengan iOS. Namun sayangnya mobile OS berusia termuda ini juga memiliki sisi lemah.

Jika dibandingkan dengan rival terberatnya, iOS, kekurangan Android tidak terletak pada kinerja OS, tetapi lebih pada sistem update OS. Paseban akan memaparkan kekurangan Android ini ke dalam tiga kali pembahasan.

Bulan November lalu Motorola baru saja merilis smartphone Android baru yang cukup impresif, Droid RAZR. Disebut impresif karena dari segi desain Droid RAZR adalah smartphone paling tipis yang ada di pasaran saat ini, lebih tipis dari iPhone 4S. Dari segi kecepatan, prosesor dual core dan dukungan teknologi LTE yang tersemat pada smartphone ini bisa membuatnya melaju kencang. Plus, Motorola juga memberikan fitur-fitur "pintar" yang mampu melakukan aksi otomatis, contoh: memainkan musik ketika pengguna mencolokkan headphones, atau mematikan Bluetooth untuk menghemat baterai ketika pengguna berada di rumah.

Kekurangan Android pun mulai nampak, hanya dalam waktu satu bulan Droid RAZR seolah menjadi smartphone masa lalu dengan dirilisnya Samsung Galaxy Nexus pada 18 Oktober 2011, smartphone dengan spesifikasi yang hampir mirip tetapi menjadi lebih canggih karena telah menggunakan OS (Operating System) Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Sementara Droid RAZR masih menggunakan Android 2.3 Gingerbread, tertinggal 1 tahun dibelakang.

Memang Droid RAZR tidak akan terjebak pada Gingerbread selamanya. Motorola menyatakan bahwa update Ice Cream Sandwich untuk Droid RAZR akan tersedia pada paruh pertama 2012. Tetapi meskipun nantinya Droid RAZR telah mendapat upgrade, smartphone ini akan menunjukkan bahwa ia bukan didesain untuk Ice Cream Sandwich. Droid RAZR memiliki tombol fisik khusus untuk fungsi homescreen, menu, back yang mana pada perangkat Ice Cream Sandwich tombol-tombol tersebut dihilangkan dan diganti dengan ikon tombol pada layar.

OS Android Ice Cream Sandwich sebenarnya sudah mulai diumumkan dan dipamerkan dalam versi beta di acara Google I/O jauh sebelum Droid RAZR rilis. Hal ini menunjukkan, bahkan handset Android baru yang belum rilis pun sudah basi. Kekurangan Android pun semakin banyak dibicarakan. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel