Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Beberapa Update Aplikasi Smartphone

25 Oct 2011 13:00 12679 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda pemilik iPhone pasti sangat familiar dengan App Store, begitu juga Andoid dengan Android market dan BlackBerry dengan App World. Umumnya masing-masing toko aplikasi ini memiliki fitur notifikasi apabila tersedia update aplikasi yang terinstal di smartphone Anda.

Anda pemilik iPhone pasti sangat familiar dengan App Store, begitu juga Andoid dengan Android market dan BlackBerry dengan App World. Umumnya masing-masing toko aplikasi ini memiliki fitur notifikasi apabila tersedia update aplikasi yang terinstal di smartphone Anda.

Pasti Anda sering mengalami kondisi di mana setelah melakukan update Anda tidak menemukan adanya perubahan pada aplikasi tersebut, dan Anda bertanya-tanya "apanya yang di-update?" Topik update aplikasi inilah yang akan Paseban bahas pada artikel ini.

Pada setiap aplikasi Anda pasti memperhatikan ada yang namanya versi aplikasi, dan versi ini umumnya terdiri dari 3 angka (contoh: 1.2.3). Ketiga angka inilah yang bisa menunjukkan update aplikasi apa yang dikeluarkan oleh pengembang aplikasi, perubahan pada ketiga angka inilah yang perlu Anda perhatikan pada setiap update yang Anda lakukan.

Update stages

Dalam dunia perangkat lunak, nomor versi biasanya mengikuti pola Major.Minor.Revision/bug fix. Sebagai contoh, versi terbaru dari Twitter untuk iPhone 3.3.6. Angka 3 pertama menunjukkan Major Update yang ketiga, angka 3 kedua menunjukkan Minor Update yang ketiga, dan angka 6 menunjukkan bahwa ia telah mengalami revisi atau bug fix sebanyak enam kali.

Revision/bug fix Update

Update aplikasi yang paling sering terjadi adalah revision/bug fix ini. Bug fix tidak merubah struktur atau fitur dari aplikasi, update ini lebih ke memastikan aplikasi berfungsi sesuai seperti rancangan.

Tidak peduli berapa tes yang dilakukan oleh pihak pengembang sebelum aplikasi tersebut rilis, masalah pasti selalu muncul, masalah yang akan muncul setelah aplikasi digunakan oleh banyak pengguna dengan berbagai macam kebiasaan. Update bux fix adalah untuk mengatasi masalah aplikasi setelah rilis tersebut, untuk menjaga integritas dan keutuhan struktur aplikasi, serta untuk memastikan aplikasi tidak "crash" dan berkinerja lebih optimal. Seringnya bug fix dilakukan berdasarkan feedback dan keluhan pengguna yang menggunakan aplikasi tersebut.

Minor Update

Menambah atau mengurangi fitur dari aplikasi adalah update yang lebih signifikan daripada bug fix. Contoh, ketika Facebook merilis aplikasi untuk iPhone versi 3.5, ia menambahkan update privasi baru, memperbaiki UI(User Interface), dan menambah kemampuan untuk berbagi external link pada aplikasi tersebut.

Perubahan angka kedua pada versi sebuah aplikasi inilah pengguna baru bisa melihat perubahan pada aplikasi setelah di-update. Seperti contoh aplikasi jejaring sosial tersebut, umumnya update Minor ini akan menambahkan atau mengurangi suatu fitur dan perbaikan UI.

Major Update

Major Update hampir mirip seperti Minor Update, update ini akan menambahkan atau mengurangi suatu fitur dan memperbaharui UI. Tetapi bedanya Major Update biasanya dalam skala yang lebih besar dan perubahan yang lebih signifikan. Major Update biasanya akan menambahkan banyak fitur baru dan/atau pembaharuan UI, yang bisa sampai pada tampilan aplikasi jauh berbeda dengan versi sebelumnya.

Contoh, baru-baru ini Instagram untuk iPhone merilis versi 2.0. Versi terbaru ini menambahkan banyak fitur baru seperti "live filters", "tils-shift in camera", mendukung foto beresolusi lebih tinggi, dan pilihan "filter" yang makin bertambah. [AS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel