Perbandingan Tablet PC: Galaxy Tab vs iPad (part-1)

12 Dec 2011 12:00 3713 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apakah Samsung Galaxy Tab 10.1 *tablet* PC sebanding atau mungkin bisa mengalahkan iPad 2? Harus diakui iPad 2 masih merajai pasar *tablet* PC hingga saat ini. Bahkan suatu berita menyatakan bahwa pengguna yang mencari *tablet* PC selain iPad 2, menetapkan spesifikasi dan kemampuan yang dicari adalah yang paling mirip dengan iPad 2.

Apakah Samsung Galaxy Tab 10.1 tablet PC sebanding atau mungkin bisa mengalahkan iPad 2? Harus diakui iPad 2 masih merajai pasar tablet PC hingga saat ini. Bahkan suatu berita menyatakan bahwa pengguna yang mencari tablet PC selain iPad 2, menetapkan spesifikasi dan kemampuan yang dicari adalah yang paling mirip dengan iPad 2. Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan diatas, berikut perbandingan dari Galaxy Tab vs iPad.

Operating System

Apabila perbandingan Galaxy Tab vs iPad berbicara mengenai OS, Galaxy Tab menggunakan OS Honeycomb yang memang didesain khusus untuk tablet pc. Penilaian umum dari OS ini adalah kurang stabil, seolah OS yang belum selesai, dan memiliki kinerja yang buruk. Tetapi kelebihan Honeycomb adalah menawarkan sistem notifikasi yang lebih baik dan fleksibel.

iPad 2, seperti yang kita semua tahu, menggunakan iOS milik Apple Apple, yang mana memiliki stabilitas dan performa lebih baik. iOS saat ini masih paling dipercaya sebagai OS terbaik untuk tablet PC maupun smartphone, meskipun Google mulai mengejar dengan Android Ice Cream Sandwich dan Microsoft dengan Windows Phone 8 yang masih dalam versi Beta.

Memory

Dalam kategori ini, Samsung memimpin dengan RAM 1 GB sementara iPad 2 hanya 512 MB. Jelas sekali perbandingan Galaxy Tab vs iPad dalam kategori ini dimenangkan oleh iPad 2.

Processor

Samsung Galaxy Tab 10.1 menggunakan Chipset Nvidia Tegra 2 T20, CPU Dual-core 1 GHz Cortex-A9, GPU ULP GeForce. Sementara Apple iPad 2 menggunakan Chipset Apple A5, CPU Dual-core 1 GHz Cortex-A9, GPU PowerVR SGX543MP2. Dilihat dari kecepatan, kedua prosesor ini sama-sama memiliki kemampuan 1 GHZ dual-core, jadi bisa dibilang Galaxy Tab vs iPad dalam kategori ini sangatlah mirip dan seimbang.

Design

Kedua perangkat ini memiliki dimensi yang kurang lebih sama, namun Samsung Galaxy Tab 10.1 lebih tipis dan ringan daripada Apple iPad 2. Ukuran Galaxy Tab adalah 10,1 x 6,9 x 0,34 inci dan beratnya 560g. Sedangkan iPad 2 berukuran 9,5 x 7,3 x 0,3 inci dan beratnya 601g.

Perbandingan Galaxy Tab vs iPad pada kategori ini sangatlah tergantung dari preferensi masing-masing pengguna. Beberapa melihat kelebihan lebih tipis dan ringan adalah kelebihan Galaxy Tab, namun beberapa menilai poin ini membuat Galaxy Tab lebih ringkih dan mereka lebih memilih iPad 2.

Anda bisa membaca Perbandingan Tablet PC: Galaxy Tab vs iPad (part-2) di sini

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel