Tujuh Perangkat Pesaing Tablet iPad

7 Dec 2011 19:00 2956 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apple IPad telah mengukir ceruk dalam industri komputer *tablet*, mulai dari dirilisnya tablet iPad pertama pada tahun 2010 hingga generasi keduanya muncul di tahun 2011. Tapi hal tersebut tidak berarti menjadikan iPad satu-satunya pilihan ketika Anda datang ke komputasi *portabel*.

Apple IPad telah mengukir ceruk dalam industri komputer tablet, mulai dari dirilisnya tablet iPad pertama pada tahun 2010 hingga generasi keduanya muncul di tahun 2011. Tapi hal tersebut tidak berarti menjadikan iPad satu-satunya pilihan ketika Anda datang ke komputasi portabel. Industri tablet nampaknya bergegas untuk menghasilkan berbagi alternatif baru, termasuk tujuh perangkat yang akan Paseban sampaikan pada artikel kali ini. Pada umumnya mereka menawarkan fitur yang sama seperti tablet iPad, tetapi dengan biaya yang lebih rendah.

Samsung Galaxy Tab 10.1

Dirilis pada Juni 2011, Galaxy Tab Samsung 10.1 dilengkapi dengan layar 10,1 inci yang luas, yang lebih besar dari tablet iPad 2 yang memiliki layar 9,7 inci. Seperti iPad, Tab dilengkapi dengan konektivitas 2G, 3G dan WiFi dan built-in kamera 3 megapiksel. Bahkan kamera Tab menawarkan resolusi lebih tinggi dari iPad, yang hanya dilengkapi dengan kamera 0,7 megapiksel.

LG Optimus Pad

LG Optimus Pad, dirilis pada Mei 2011, dan dilengkapi dengan kamera 5 megapiksel. Tidak seperti iPad, Pad mampu melakukan geotagging, yakni suatu proses yang komprehensif dengan mengkoordinasikan data peta GPS ke dalam setiap foto yang diambil oleh kamera ponselnya. Optimus Pad juga mengakses jaringan 2G dan 3G dan Wi-Fi yang kompatibel. Tablet ini juga memiliki fitur kamera menghadap ke depan sekunder yang memberikan kemampuan video conference, seperti iPad.

BlackBerry PlayBook

Dirilis pada bulan April 2011, BlackBerry PlayBook mendukung BlackBerry Messenger, aplikasi pesan eksklusif perusahaan yang dilengkapi dengan fitur pesan teks, gambar dan video. PlayBook juga memiliki fitur kamera 5 megapiksel, yang, seperti kamera iPad, mampu merekam video dengan definisi tinggi. Unit ini sekitar 5,4 inci dari 7,6 inci, membuat ukuran layar jauh lebih kecil dibandingkan dengan iPad atau Galaxy. Playbook kompatibel dengan WiFi dan jaringan 2G, tetapi tidak dapat terhubung ke jaringan 3G.

HP Touch Pad

Sama seperti PlayBook ini merupakan perangkat yang berjalan pada jaringan 2G dan WiFi saja. Tablet HP TouchPad, dirilis pada bulan Juli 2011, menggunakan 1,2 GHz dual-core prosesor dimana kecepatan komputasi-nya lebih cepat dari iPad, yang hanya menggunakan prosesor 900 MHz. Touch Pad menawarkan tampilan layar sentuh 9,7 inci. Dan dilengkapi dengan kamera 1,3 megapiksel yang sayanganya tidak dapat merekam video.

Asus EEE Pad Transformer

Dirilis pada bulan April 2011, Asus EEE Pad Transformer mendukung hingga 32GB memori yang diperluas, yang mana ini merupakan sebuah fitur yang iPad tidak tawarkan untuk konsumen. Perangkat ini hanya dapat terhubung ke WiFi dan jaringan 2G saja. Ia memiliki fitur 10.1-inci layar sentuh dan kamera 5 megapiksel yang dapat merekam video. Tablet ini juga dilengkapi dengan kamera sekunder menghadap ke depan yang memberi Anda fungsionalitas video conference. Transformer juga memiliki fitur geotag image.

HTC Flyer

HTC Flyer menggebrak pasar pada bulan Mei 2011 dan menggunakan prosesor 1,5 GHz Snapdragon single core. Flyer mampu mengakses internet melalui jaringan 2G, 3G dan Wi-Fi. Ini memiliki layar 7 inci dan dilengkapi dengan kamera 5 megapiksel yang dapat merekam high-definition video, dan dilengkapi kamera sekunder untuk video conference.

Motorola Xoom

Motorola Xoom hadir dengan layar 10,1 inci yang memberikan Anda ruang melihat lebih lebar dari iPad. Xoom juga menawarkan kamera 5 megapiksel yang mampu merekam video definisi tinggi dan dilengkapi dengan kamera sekunder untuk fungsi video conference. Xoom, dirilis pada Mei 2011, kompatibel dengan jaringan 2G dan WiFi saja. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel