Adu Dua Operating System Android vs Meego

25 Nov 2011 08:00 6930 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Meego adalah *platform* lain yang mengikuti jalannya Android. Sama seperti Android, Meego merupakan sistem operasi *open source* dan berbasis Linux. Perbedaan utama antara Android vs Meego adalah kedewasaannya, Android dianggap sebagai perangkat lunak dewasa yang telah dicoba dan diuji, sementara Meego cukup baru dan belum melalui pemeriksaan sebanyak dan pengujian yang dimiliki Android

Meego adalah platform lain yang mengikuti jalannya Android. Sama seperti Android, Meego merupakan sistem operasi open source dan berbasis Linux. Perbedaan utama antara Android vs Meego adalah kedewasaannya, Android dianggap sebagai perangkat lunak dewasa yang telah dicoba dan diuji, sementara Meego cukup baru dan belum melalui pemeriksaan sebanyak dan pengujian yang dimiliki Android. Jika Android vs Meego diadu, manakah yang unggul?

Android dibuat oleh Google dan hingga saat ini masih didukung oleh raksasa perangkat lunak tersebut. Sehingga Android menikmati integrasi dengan semua layanan Google. Di sisi lain, Meego sedang didukung oleh upaya bersama dari Nokia dan Intel. Baru-baru ini, Nokia telah mengumumkan bahwa smartphone mereka akan menampilkan Windows Phone 7 dengan Meego OS di dalamnya.

Perbedaan lainnya antara Android vs Meego adalah Anda bisa mendapatkan Android pada lebih banyak perangkat baik ponsel ataupun tablet dari pada Meego. Android adalah sistem operasi yang banyak digunakan oleh produsen ponsel seperti HTC, Motorola, Samsung, Sony-Ericsson, dan banyak lagi. Sejauh ini, Meego hanya digunakan dalam satu ponsel (Nokia N900) dan beberapa netbook. Jadi jika Anda hendak berbelanja untuk ponsel baru, maka nampaknya Android akan menjadi satu-satunya pilihan Anda.

Bidang lain yang menarik bagi sebagian besar konsumen adalah jumlah aplikasi yang mereka dapat instal pada perangkat mereka. Android telah memiliki ratusan ribu aplikasi di Android Market. Didukung oleh ribuan pengembang antusias, jumlah sebenarnya dari aplikasi terus meningkat setiap hari. Sebagai perbandingan, Meego tidak memiliki banyak aplikasi. Meskipun beberapa berpendapat bahwa ada banyak aplikasi Linux yang dapat dengan mudah di-porting ke Meego, tidak ada jaminan bahwa semua aplikasi akan bekerja. Aplikasi mereka juga tidak dioptimalkan untuk ukuran layar yang lebih kecil.

Masa depan Meego cukup dipertanyakan. Bahkan jika Nokia melakukan pengembangan, masih ada pertanyaan apakah pengembang akan berduyun-duyun ke platform tersebut atau tidak. Android adalah sistem operasi yang sudah sukses yang telah membuktikan dirinya dalam smartphone dan bahkan dalam perangkat tablet. Tidak ada indikasi bahwa Android adalah kehilangan pamornya dengan adanya perkembangan lanjutan pada tingkat yang cepat. Tapi kita lihat saja. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel