Aplikasi Android Untuk Menambahkan Fitur Profile yang Ada Pada Handphone Lama

17 Nov 2011 12:00 2860 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dulu saat Anda menggunakan *handphone* Nokia atau merek lainnya, Anda dimudahkan dengan adanya fitur bernama Profiles. Pada fitur ini Anda bisa mengatur nada dering, *volume*, dan pengaturan notifikasi lainnya. Sekarang Anda bisa membuat hal ini melalui aplikasi Android

Dulu saat Anda menggunakan handphone Nokia atau merek lainnya, Anda dimudahkan dengan adanya fitur bernama Profiles. Pada fitur ini Anda bisa mengatur nada dering, volume, dan pengaturan notifikasi lainnya. Kini saat Anda upgrade handheld menjadi Android, apakah Anda merasa kehilangan "Normal", "Silent", "Outdoor", "Meeting", dan lain-lain yang memberikan kemudahan dan kecepatan dalam merubah setting notifikasi?

Bila jawaban Anda ya, aplikasi Android yang akan Paseban bahas berikut adalah jawaban Anda.

Quick Profiles

Quick Profiles adalah aplikasi Android yang berguna untuk membuat dan mengaktifkan profile seperti pada handphone lama Anda. Quick Profiles memungkinkan Anda untuk menciptakan profile dengan pengaturan dering (dering dan/atau getar), nada dering, volume, screen brightness, screen timeout, wallpaper, serta setting airplane mode, WiFi dan Bluetooth.

Untuk akses ke profile lebih cepat, Anda juga bisa menciptakan shortcut dari profile tersebut pada homescreen Android Anda. Sayangnya kekurangan aplikasi Android ini tidak menyertakan fitur berganti profile secara otomatis seperti yang tersedia pada beberapa handphone lama.

Aplikasi Android sederhana dengan kemampuan fungsional ini tersedia di Android Market secara gratis. Namun untuk tampilan yang lebih bagus dengan tambahan ikon pada tampilan menu, serta adanya widget yang bisa dipasang pada homescreen, Anda bisa membeli Quick Profiles Pro di Android Market seharga $1.09.

Setting Profiles

Setting Profiles adalah aplikasi Android untuk menciptakan, mengatur, dan mengaktifkan profile. Namun jika dibandingkan dengan Quick Profiles, Setting Profiles memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dan menawarkan setting otomatis. Seperti adanya pengaturan profile berdasarkan lokasi (menggunakan GPS atau BTS- Base Transceiver Station milik operator seluler) dan berdasarkan kalender.

Contoh, Anda bisa setting agar Android Anda berganti ke profile "silent" secara otomatis apabila Anda berada di kampus. Aplikasi Android ini akan menyediakan peta, dan Anda menentukan letak kampus Anda. Atau Anda bisa mengatur berdasarkan kalender agar Android Anda diam saat Anda melakukan audisi. Anda juga bisa setting otomatis agar WiFi menyala saat Anda sampai ke rumah.

Anda bisa menemukan dua aplikasi Android ini di Android Market, satu bernama Setting Profiles Lite yang merupakan versi gratis, dan Setting Profiles Full dengan harga $3.99. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel