Tips Penggunaan Baterai Android

14 Nov 2011 12:00 5294 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Muatan dari baterai lithium-ion pada smartphone Android bervariasi, ini menyesuaikan perilaku pribadi Anda bersama dengan pengaturan perangkat Anda tersebut. Hal-hal inilah yang dapat meningkatkan kinerja baterai Android. Silahkan simak artikel Plimbi berikut untuk penggunaan baterai Android yang aman dan hemat.

Masa pakai baterai Android tidak hanya dipengaruhi oleh bagaimana perangkat ini digunakan ketika ia berada di tangan Anda, tetapi juga oleh proses yang terjadi ketika itu tidak digunakan sama sekali.

Muatan dari baterai lithium-ion pada smartphone Android bervariasi, ini menyesuaikan perilaku pribadi Anda bersama dengan pengaturan perangkat Anda tersebut. Hal-hal inilah yang dapat meningkatkan kinerja baterai Android. Silahkan simak artikel Plimbi berikut untuk penggunaan baterai Android yang aman dan hemat.

Baterai

Terlepas dari manufakturnya, sebuah smartphone Android menggunakan baterai lithium-ion sebagai sumber daya utama. Baterai ini memiliki jumlah terbatas siklus charge. Meskipun jumlah mereka besar dan bervariasi tergantung pada penggunaan, masing-masing menyebabkan penurunan kecil dalam kapasitas baterai.

Baterai Lithium-ion beroperasi pada tegangan yang lebih tinggi daripada baterai Alkaline, sementara pemakaian pada tingkat yang lebih rendah, membuat mereka ideal untuk digunakan dengan smartphone dan komputer. Penggunaan telepon pribadi Anda, menjaga perangkat Android Anda keluar dari suhu ekstrim, terutama panas, akan mempertahankan hidup baterai secara normal.

Aplikasi

Aplikasi akan menguras baterai lithium-ion Android smartphone Anda. Android Market menawarkan ribuan aplikasi gratis dan berbayar, beberapa bahkan lebih berat daripada yang lain ketika ia dijalankan. Misalnya, permainan aplikasi yang menggunakan grafis 3D atau rinci akan menguras baterai lebih cepat daripada aplikasi berita sederhana.

Menempatkan widget di layar Home Anda adalah cara yang nyaman untuk melihat informasi tanpa membuka aplikasi lengkap, namun, akses data widget bahkan ketika smartphone Anda terkunci akan menggunakan energi bila melakukan update pada jarak waktu yang berdekatan. Jangan menggunakan sejumlah besar widget yang sering update, atau jika Anda lakukan, setting mereka untuk update pada tingkat paling lambat untuk menghemat baterai.

Data

Transfer data dapat sering memaksa Anda untuk meng-charge smartphone Android dengan cepat. GPS, Wi-Fi dan Bluetooth merupakan fitur yang menguras baterai. Matikan fungsi-fungsi tersebut saat perangkat tidak digunakan untuk menghemat baterai. Streaming audio dan video, browsing Web dan men-download file data juga membuat smartphone Anda menggunakan lebih banyak energi. Taruh telepon Anda dalam Airplane mode di daerah-daerah dengan layanan sedikit atau tidak ada sinyal, ini untuk mencegah perangkat Android Anda dari sering mencari sinyal (dimana ini akan menguras daya baterai Anda).

Layar

Dengan penggunaan normal sehari-hari, cahaya yang dibutuhkan untuk menerangi layar smartphone Anda adalah pukulan terbesar terhadap baterai lithium-ion Anda. Atur layar Anda memudar menjadi hitam pada interval terpendek, dan kunci ponsel Anda sebelum pengaturan itu ke bawah atau tempatkan perangkat di saku Anda untuk menghemat energi. Periksa jumlah daya baterai layar Anda dan proses lainnya yang menggunakan dengan menekan tombol "Menu" dari home screen kemudian tekan " Settings ", diikuti dengan "Battery and Data Manager." Sebuah daftar akan muncul dan menampilkan persentase baterai Anda sejak charge terakhir Anda. [ND]

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel