Perbandingan Ponsel BlackBerry Gemini VS Samsung Stratosphere, Siapa yang Unggul?

3 Nov 2011 10:00 4738 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
BlackBerry 8520 atau biasa disebut dengan BlackBerry Gemini merupakan salah satu ponsel yang diproduksi oleh Research In Motion (RIM). Mungkin sebagian dari Anda sudah memilikinya atau masih mempertimbangkan untuk membelinya.

BlackBerry 8520 atau biasa disebut dengan BlackBerry Gemini merupakan salah satu ponsel yang diproduksi oleh Research In Motion (RIM). Mungkin sebagian dari Anda sudah memilikinya atau masih mempertimbangkan untuk membelinya.

Pada artikel kali ini, Paseban akan mencoba untuk membahas spesifikasi BlackBerry Gemini dan membandingkannya dengan Samsung Stratosphere.

Desain

Bentuk dari BlackBerry Gemini tidak jauh berbeda dengan BlackBerry yang sudah hadir sebelumnya. Ponsel ini menggunakan keypad full-QWERTY untuk mengetik dan menggunakan tombol navigasi trackpad yang lembut untuk mengakses beberapa aplikasi seperti musik, video, game, atau yang lainnya. BlackBerry Gemini memiliki layar 2,4 inci dengan resolusi 320x240 pixel dan kedalaman warna 65k. Adapun ukuran dimensinya yaitu 109x60x13.9 mm dengan berat 106g. Ponsel ini menggunakan BlackBerry OS dengan prosesor 512 MHz.

Ponsel lainnya yang mengusung keypad QWERTY yaitu Samsung Stratosphere. Meski demikian, namun ponsel ini bertipe QWERTY slider. Ponsel ini hadir dengan OS Android 2.3 yang didukung prosesor Samsung 1 GHz Cortex A8 Hummingbird dan layar super AMOLED berukuran 4 inci.

Konektivitas

BlackBerry Gemini beroperasi di jaringan GPRS/EDGE/GSM (850/900/1800/1900 MHz) dan Bluetooth v2.0 A2DP. Meski ponsel ini tidak didukung dengan jaringan 3G/HSDPA, Anda tidak perlu khawatir karena RIM menyediakan Built-in WiFi 802.11 b/g sebagai alternatif. Sementara Samsung Stratosphere didukung dengan konektivitas WiFi 802.11 b/g/n, GPS dan Bluetooth 3.0.

Memori

BlackBerry Gemini menggunakan memori Flash 256 MB. Anda bisa menambahnya dengan menggunakan slot kartu memori hot swaple microSD/SDHC berkapasitas hingga 32GB. Begitu pun dengan Samsung Stratosphere, meski di dalamnya sudah tersedia memori sebesar 2 GB, namun Anda juga bisa menambahnya dengan menggunakan kartu slot microSD berkapasitas hingga 32GB.

Kamera

Terdapat kamera berkapasitas 2 megapixel pada BlackBerry Gemini dilengkapi dengan autofocus, 5x digital zoom dan video camera recording. Sementara kamera yang dimiliki Samsung Stratosphere berkapasitas 5 megapixel lengkap dengan autofocus dan LED Flash juga terdapat kamera untuk video chat yang menghadap ke depan dengan kapasitas 1.3 megapixel.

Kesimpulan

Penggunaan trackpad pada BlackBerry Gemini menjadi kelebihan tersendiri di mana untuk mengurangi resiko kerusakan dibanding menggunakan trackball. Sedangkan kekurangannya yaitu tidak adanya GPS dan kapasitas kamera yang lebih kecil dibanding Samsung Stratosphere. Sedangkan kelemahan pada Samsung Stratosphere yaitu ponsel jenis ini lebih rentan mengalami kerusakan dibanding BlackBerry Gemini dilihat dari bentuknya yang lebih besar, tebal dan lebih sensitif. [RF]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel