Nokia C6 Vs Nokia C7 - Perbandingan Dua Ponsel Nyentrik

18 Sep 2011 15:00 16668 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Nokia C6 dirilis pada bulan April 2010 dan Nokia C7 keluar pada September 2010. Kedua ponsel ini keluar pada tahun yang sama dan cepat populer di pasaran. Pada kesempatan ini, Paseban mencoba membandingkan dua ponsel dari Nokia tersebut untuk memberitahu Anda mana yang lebih baik.

Nokia C6 dirilis pada bulan April 2010 dan Nokia C7 keluar pada September 2010. Kedua ponsel ini keluar pada tahun yang sama dan cepat populer di pasaran. Pada kesempatan ini, Paseban mencoba membandingkan dua ponsel Nokia C6 VS Nokia C7 guna memberitahu Anda mana yang lebih baik.

Berikut ini adalah review perbandingan Nokia C6 VS Nokia C7 dari Paseban:

Harga

Berdasarkan data pertengahan bulan September yang Paseban dapat, harga Nokia C6 adalah Rp 2.485.000 dan untuk harga Nokia C7 adalah Rp 3.500.000

Dimensi

Jika Nokia C6 VS Nokia C7 diadu soal dimensi, sepertinya Nokia C7 lebih unggul. Nokia C6 berukuran 113 x 53 x 16,8 mm, sedangkan beratnya sekitar 150 gram. Di sisi lain, C7 berukuran 117,3 x 56,8 x 10,5 mm dan beratnya sekitar 130 gram. Paseban yakin, perbedaan berat ini bukan masalah yang terlalu signifikan bagi pertimbangan Anda.

Display

Nokia C6 memiliki layar sentuh TFT resisitive dengan dukungan 16 juta warna. Selain itu ponsel ini juga memiliki ukuran layar 3,2 inci dengan resolusi 360- 640 piksel. Dalam kategori ini, Nokia C7 jelas jadi pemenang karena memiliki ukuran layar 3,5 inci Amoled touchscreen dengan resolusi yang sama serta dukungan 16 juta warna. Jadi, jika Anda mencari ponsel dengan tampilan yang lebih hidup, Paseban merekomendasikan Nokia C7. Ponsel ini akan memberikan Anda pengalaman dalam memutar video yang jauh lebih baik.

C6 tidak memiliki multitouch yang mendukung input seperti layar C7. Kedua layar ini memiliki sensor jarak dan sensor built-in accelerometer. Layar Nokia C7 terbuat dari layar kaca Gorilla yang tidak hadir pada Nokia C6.

Memori

Nokia C6 memiliki memori telepon internal 240 MB, dan mempunyai slot microSD card dengan kapasitas hingga 16 GB dengan tambahan kartu memori berkapasitas 2 GB dari produsen Nokia. Nokia C7 dilengkapi dengan ruang penyimpanan internal 8 GB serta slot microSD card yang mendukung hingga 32 GB. Nokia C7 juga dilengkapi dengan 256 MB RAM dan 1 GB ROM.

Data

Ada perbedaan yang halus dalam dua ponsel ini berkaitan dengan dukungan data. Misalnya, kedua ponsel ini memiliki dukungan GPRS dan EDGE namun kecepatan 3G dari Nokia C7 jauh lebih cepat dari pada Nokia C6. C7 mendukung Wi-Fi 802.11 b / g / n, sedangkan Nokia C6 hanya mendukung Wi-Fi 802.11 b / g. Tidak ada dukungan inframerah di kedua ponsel ini, tetapi itu bukan alasan untuk mengeluh karena teknologi ini cukup usang. Untuk Bluetooth, kedua ponsel mendukung streaming A2DP untuk C6 berdasarkan v2.0 sedangkan C7 berjalan pada v3.0.

Kamera

Ketika berbicara masalah kamera pada ponsel pada Nokia C6 VS Nokia C7, satu-satunya hal yang penting hari ini adalah jumlah megapiksel. MP sensor memang bukan satu-satunya yang perlu dicari dalam kamera, tetapi dalam ponsel kamera hal tersebut sangatlah penting. C6 memiliki shooter 5MP dan C7 memiliki 8MP. Resolusinya juga tentu berbeda yaitu 2592-1944 piksel untuk C6 dan 3264-2448 piksel untuk C7. Peningkatan megapiksel berpengaruh pada kualitas video sehingga tampil lebih baik. C6 memiliki perekaman video VGA pada 30fps dan C7 memiliki 720p pada 25 fps. C7 juga memiliki stabilisasi video yang tidak terlihat pada C6. Kedua ponsel ini memiliki kamera yang menghadap ke depan untuk membuat panggilan video dan untuk mengambil foto sendiri.

Data

Nokia C6 berjalan pada Symbian OS v9.4 dan Nokia C7 memiliki Symbian 3 yang dapat Anda upgrade ke Symbian OS Anna. C6 jauh lebih lambat dengan prosesor ARM 11 - 434 MHz dibandingkan dengan C7 yang berjalan pada prosesor ARM 11 - 680 MHz dan Broadcom BCM2727 GPU. Fitur pesannya sama, keduanya memiliki handset SMS, Email, MMS, Push Email dan dukungan IM. Browser pun sama pada kedua handset ini, hanya pengalaman berselancar jauh lebih baik pada C7 karena kualitas layarnya lebih baik.

Jika Anda adalah tipe orang yang nyentrik, maka Paseban lebih merekomendasikan Anda untuk memiliki Nokia C7, karena tipe ini memiliki banyak pilihan warna. Anda bisa mmemilih Mahogany brown, Frosty metal dan Charcoal black. Di sisi lain, C6 hanya memiliki pilihan warna putih dan hitam saja.

Dalam hal multimedia, C7 jauh lebih baik. Format video yang didukung termasuk MP4, H.264, WMV, H.263, XviD, dan DivX. C6 hanya mendukung tiga format pertama. Paseban tidak akan merekomendasikan Anda C6 jika Anda hobi menonton banyak video, karena kualitas layarnya rendah. Bukan berarti Paseban menganggap layar C6 benar-benar buruk, tetapi jika Anda memang termasuk orang yang senang menonton film, video, dan hal-hal lain serupa maka Anda harus menghindari ponsel Nokia C6 ini.

Baterai

Nokia C6 VS Nokia C7, keduanya memiliki baterai lithium ion yang sama yaitu tipe 1.200, tetapi C6 memiliki baterai BL-4J sedangkan C7 baterai BL-5K. Masa pakai baterai dinilai lebih baik pada Nokia C7. Namun, C6 juga memiliki baterai yang baik, dan kedua ponsel ini akan tahan selama beberapa hari dengan penggunaan moderat.

Kesimpulan

Seperti yang Anda simak dari awal, Nokia C7 merupakan ponsel yang jauh lebih baik tetapi memang sebanding dengan anggaran harganya yang lebih besar. Sebenarnya, Paseban merasa sulit untuk memberikan rekomendasi, karena kekurangan Nokia C6 hanya terletak pada fitur dan kualitas layarnya yang rendah. Tetapi jika Anda berpikir untuk membeli ponsel di antara keduanya, Paseban merekomendasikan Anda untuk memilih Nokia C7. MG

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel