Iris - Fitur Siri iPhone ala Android

1 Nov 2011 12:00 4503 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa waktu yang lalu, berbagai media ramai-ramai membicarakan fitur Siri yang hanya ada di iPhone 4S. Tak lama kemudian, Android mengumumkan fitur serupa yang hampir mirip dengan Siri yang terdapat pada iOS. Fitur serupa tapi tak sama ini dinamai dengan Iris.

Beberapa waktu yang lalu, berbagai media ramai-ramai membicarakan fitur Siri yang hanya ada di iPhone 4S. Tak lama kemudian, Android mengumumkan fitur serupa yang hampir mirip dengan Siri yang terdapat pada iOS. Fitur serupa tapi tak sama ini dinamai dengan Iris. Jika diperhatikan lebih seksama, Anda akan menemukan sebuah fakta yang mungkin akan membuat Anda tersenyum penuh makna, SIRI jika dibaca dari belakang kata akan terbaca menjadi IRIS.

Ya, jadi sangat wajar jika fitur Iris ini disebut serupa tapi tak sama. Tidak hanya nama yang hampir mirip, kegunaannya pun memiliki kesamaan dengan Siri. Anda cukup menekan mic, lalu berbicara dan Iris akan merespon apa yang Anda katakan.

Selama ini, Android selalu memiliki penekanan pada kontrol suara pada operasi sistemnya, tetapi memang tidak memiliki fitur seperti Siri pada iOS. Hal yang luar biasa dari Iris ini adalah pembuatanya, Iris hanya diselesaikan selama 8 jam oleh Android developer, Narayan Babu beserta teman-teman setimnya di Dexetra. Android dev telah menciptakan tata letak dan desain yang sangat layak dengan menambahkan input suara, teks to speech dan humor heuristik. Setelah mereka mendapatkan umpan balik yang positif, Iris kemudian dilempar ke Android Market yang sekarang bisa Anda download secara gratis di Android Market.

Aplikasi Iris memungkinnya memahami pertanyaan yang Anda ajukan melalui sebuah suara lalu kemudian mengeluarkan jawabannya kepada Anda. Meskipun tidak selalu akurat seperti halnya Siri, tetapi aplikasi ini baru tahap alpha. Anda dapat memiliki percakapan umum dengan Iris atau mengajukan pertanyaan tentang ilmu pengetahuan, budaya, sejarah dan lain-lain. Meskipun demikian, kelihatannya Iris tidak memiliki keahlian dalam bidang matematika, tetapi Iris mampu merespon jawaban dengan cepat terhadap pertanyaan-pertanyaan tertentu yang diambil dari Wikipedia.

Meskipun aplikasi Iris ini memiliki banyak persamaan, tetapi juga memiliki sesuatu yang sangat berbeda, yakni Iris ternyata jauh lebih lambat dari Siri. Di sisi lain, kita mesti mengacungkan jempol kepada tim Android developer atas kinerja yang sangat mengagumkannya ini. Android developer mampu mengubah sebuah ide dan merealisasikannya dengan waktu yang sangat singkat menjadi sebuah aplikasi yang sangat bermanfaat, inilah yang perlu kita tiru. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel