Telkomsel Pelindung DataKU - Layanan Backup Data Ponsel dari Telkomsel

10 Oct 2011 14:00 10204 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Beberapa waktu yang lalu, Paseban pernah me-*review* layanan Telkomsel WaveSecure, yang merupakan layanan *back up* data ponsel dari Telkomsel. Lalu apa bedanya dengan Telkomsel **Pelindung DataKU**? Simak *review* dari paseban berikut ini.

Beberapa waktu yang lalu, Paseban pernah me-review layanan Telkomsel WaveSecure, yang merupakan layanan back up data ponsel dari Telkomsel. Lalu apa bedanya dengan Telkomsel Pelindung DataKU? Simak review dari Paseban berikut ini.

Telkomsel Pelindung DataKU merupakan layanan yang memungkinkan Anda untuk mem-back up (menyimpan) data pada Phonebook, SMS dan Kalender ponsel Anda dengan menggunakan jaringan 3G, GPRS, atau SMS. Bisa dibilang, Telkomsel Pelindung DataKU ini merupakan generasi pertama dari layanan Telkomsel WaveSecure.

Apa bedanya Telkomsel Pelindung DataKU dengan Telkomsel WaveSecure? Perbedaan paling mendasar adalah Telkomsel Pelindung DataKU hanya menyediakan fasilitas back up saja. Sedangkan Telkomsel WaveSecure menyediakan fasilitas lain yang lebih canggih, seperti melacak ponsel yang hilang dan menghapus data di ponsel dari jauh.

Keunggulannya, Telkomsel Pelindung DataKU dapat digunakan oleh hampir semua jenis handset, termasuk handset yang tidak didukung jaringan GPRS. Layanan ini sementara hanya tidak dapat digunakan oleh handset dengan OS Windows, karena untuk OS Windows harus ada client (aplikasi) khusus. Sedangkan untuk Telkomsel WaveSecure hanya dapat digunakan oleh handset yang termasuk dalam kategori smartphone, misalnya Android atau Windows Phone.

Jadi sebenarnya, Telkomsel Pelindung DataKU dan Telkomsel WaveSecure saling melengkapi, sehingga kebutuhan perlindungan data yang dibutuhkan pelanggan Telkomsel dapat terpenuhi seluruhnya.

Bagaimana cara mendapatkan layanan Telkomsel Pelindung DataKU? Ada dua cara registrasi, yakni:

  1. Melalui USSD Akses
    Dial *989# kemudian akan muncul tampilan Menu, pilih reply/balas, kemudian ketik 1 dan kirim/send.

  2. Melalui SMS Akses
    Ketik Reg kirim ke 989, atau dapat juga hanya mengirim SMS kosong ke 989.

Setelah melakukan salah satu cara di atas, Anda akan mendapatkan SMS respon yang memberitahukan apakah registrasi Anda sukses, atau GPRS belum aktif, atau pulsa Anda tidak cukup untuk layanan ini. Handset yang tidak didukung layanan GPRS dapat melakukan registrasi melalui SMS akses.
Tarif yang dikenakan untuk layanan Telkomsel Pelindung DataKU ini sebesar Rp 5.000,- per 30 hari. Untuk biaya sinkronisasi, akses, penyimpanan, maupun pengambilan data dikenakan tarif normal GPRS dan SMS.

Jika ingin menghentikan layanan Telkomsel Pelindung DataKU, ada beberapa alternatif yang dapat Anda pilih,

  1. Ketik Stop atau Unreg dan kirim ke 989

  2. Dial *989# dan ikuti instruksi selanjutnya

  3. Melalui layanan pelanggan Telkomsel di nomor 111 atau 116

  4. Langsung datang ke GraPari terdekat, lokasi GraPari dapat Anda lihat di aplikasi Service Center Information Paseban.

Harap diingat, bahwa begitu Anda menghentikan layanan Telkomsel Pelindung DataKU, semua data Anda akan otomatis dihapus.

Itulah review Paseban mengenai Telkomsel Pelindung DataKU, layanan serupa dari operator lain dapat Anda baca di pembahasan Paseban sebelumnya. Di antaranya layanan Buku Teleponku dari AXIS, Indosat i-Guard, Indosat MyBackup, dan Telkomsel WaveSecure. QR

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel