Indosat MyBackup - Cara Aman Melindungi Data Ponsel Anda

5 Oct 2011 13:00 4300 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pada pembahasan sebelumnya, Paseban sempat membahas layanan Indosat i-Guard yang dapat melindungi data ponsel namun hanya pada BlackBerry dan Android saja. Bagaimana dengan pengguna jenis ponsel lain?

Pada pembahasan sebelumnya, Paseban sempat membahas layanan Indosat i-Guard yang dapat melindungi data ponsel namun hanya pada BlackBerry dan Android saja. Bagaimana dengan pengguna jenis ponsel lain?

Indosat MyBackup adalah solusinya. Indosat MyBackup adalah layanan untuk melindungi data-data penting yang tersimpan pada ponsel jenis apapun. Data ponsel Anda akan di-backup secara otomatis dan disimpan di dalam sistem Indosat.

Ada dua cara untuk mengaktifkan layanan Indosat MyBackup ini, yaitu :

  • Ketik BACKUP kirim ke 147, kemudian ikuti petunjuk selanjutnya.

  • Kunjungi http://wap.indosat.com dari ponsel Anda dan klik icon MYBACKUP

Indosat MyBackup memberikan dua pilihan layanan pada pelanggannya, yaitu :

  • Layanan Premium

    Untuk ponsel dengan kemampuan Symbian 2nd dan Symbian 3rd serta java MIDP 3.0. Layanan ini dikenakan tarif Rp 7.000,- (belum termasuk Ppn).

    Layanan ini memungkinkan Anda untuk mem-back up nomor telepon hingga 5.000 nomor serta mem-back up SMS, kalender, notes hingga jumlah yang tak terbatas. Layanan ini juga memmerikan fasilitas back up foto, video, dan audio (maks. 2Mb/file).

  • Layanan Standar

    Untuk ponsel dengan kemampuan SyncML. Layanan ini dikenakan tarif Rp 4.000,- (belum termasuk Ppn). Layanan ini memungkinkan Anda untuk mem-back up nomor telepon hingga 5000 nomor, kalender, dan notes dalam jumlah yang tak terbatas.

Kekurangan dari layanan Indosat MyBackup ini adalah :

  1. Tidak dapat melacak ponsel yang hilang seperti i-Guard

  2. Tidak dapat mem-back up games maupun aplikasi

  3. Menguras Pulsa

    Sayang sekali memang, layanan MyBackup ini tidak dapat digunakan secara gratis. Pada awal layanan dikenakan tarif yang lumayan, dan itu belum termasuk PPN. Kemudian, tarif awal tersebut tidak berpengaruh pada tarif GPRS, tetap diberlakukan tarif normal untuk GPRS. Yang terakhir, layanan ini akan rutin memberikan SMS untuk memperpanjang masa berlangganan setiap bulannya yang akan langsung memotong pulsa Anda.

Menurut review dari Paseban, kekurangan nomor tiga diatas membuat layanan ini menjadi sepi peminat, padahal fitur yang diberikan cukup bermanfaat. Akan lebih baik jika tarif yang diberikan tidak terlalu mahal dan untuk memperpanjang masa berlangganan tidak begitu saja memotong pulsa, tapi lebih baik diberikan pilihan konfirmasi bagi penggunanya.

Jika Anda tertarik, silakan coba layanan Indosat MyBackup ini. Jika sudah mencoba dan ternyata tidak terasa manfaatnya, Anda dapat menghentikan layanan ini dengan beberapa cara, yaitu :

  1. Ketik *123# kemudian pilih Features Indosat, setelah itu pilih MyBackUp lalu pilih Unreg

  2. Ketik UNSUB atau STOP kirim ke 147

  3. Kunjungi layanan MyBackup secara online melalui http://mybackup.indosat.com/indosatweb

  4. Hubungi CS Indosat melalui nomor 100

  5. Datang langsung ke Galeri Indosat untuk menghentikan layanan ini

Paseban juga pernah membahas layanan yang cukup serupa, yaitu layanan Buku Teleponku dari AXIS dan Telkomsel WaveSecure. Beberapa operator lain juga menyediakan layanan serupa, tunggu saja di pembahasan Paseban selanjutnya. QR

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel