Lelah dengan Keyboard Anda? Gunakan 4 Software Untuk Mouse Ini

22 Jan 2013 22:00 3976 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Dunia untuk pengguna komputer terbagi menjadi dua, yaitu pecinta keyboard dan pecinta mouse. Ya, mungkin masalahnya tidak seekstrim itu, namun masing-masing dari kita memiliki cara tersendiri untuk menggunakan mouse yang jauh lebih mudah daripada kita harus menjangkau keyboard yang posisinya sulit dijangkau.

Dunia untuk pengguna komputer terbagi menjadi dua, yaitu pecinta keyboard dan pecinta mouse. Ya, mungkin masalahnya tidak seekstrim itu, namun masing-masing dari kita memiliki cara tersendiri untuk menggunakan mouse yang jauh lebih mudah daripada kita harus menjangkau keyboard yang posisinya sulit dijangkau.

Jika Anda adalah seorang pecinta mouse dan selalu berharap Anda dapat melakukan semuanya dengan mouse pada komputer, mungkin inilah saatnya mencoba beberapa software untuk mouse Anda. Anda tinggal memilih dari salah satu dari daftar berikut ini dan menikmati cara baru menggunakan komputer Anda.

FireGestures [Firefox]

FireGestures adalah add-on Firefox yang menambahkan kemampuan untuk mengasosiasikan mouse gesture dengan hampir semua tindakan yang Anda inginkan. Anda dapat memilih tombol mouse mana yang akan menjadi pemicu mouse gesture (kiri, tengah, atau kanan). Untuk melihat fungsinya, Anda harus menggambarkan huruf sebagai kode tindakan yang akan dilakukan mouse. Misalnya menggambarkan huruf ‘L’, untuk menutup jendela Firefox.

Hal ini dapat disesuaikan, dan Anda dapat mengubah warna garis, ketebalannya dan interval waktunya. Untuk melihat kode-kode gerakan yang dapat dilakukan oleh mouse, lihat bagian "Option” pada add-ons Anda. Namun Anda masih dapat membuat beberapa gerakan yang cukup berguna. Ada juga banyak script yang sudah tersedia pada situs add-ons ini yang dapat Anda tambahkan dan gunakan.

Ada beberapa gerakan lain yang dapat Anda konfigurasikan, seperti gerakan gulir, garakan ketika tombol tertentu ditekan dan gerakan beberapa tombol mouse.

Download add-ons FireGestures untuk Firefox

Smooth Gestures [Chrome]

Smooth Gestures adalah add-on gesture untuk Chrome yang memungkinkan Anda untuk melakukan segala sesuatu hanya dengan mouse Anda. Setelah menginstalnya, sebuah ikon baru akan muncul di address bar Anda yang dapat diklik untuk mengakses opsi-opsi pada Smooth Gestures.

Pada opsi tersebut, Anda akan menemukan daftar panjang sejumlah tindakan untuk Anda konfigurasikan ke mouse gesture. Masing-masing gerakan memiliki arti yang berbeda-beda. Anda juga dapat membuat tindakan tambahan jika tindakan yang Anda butuhkan tidak tersedia di dalam daftar. Smooth Gestures tidak terbatas hanya pada gerakan biasa. Anda dapat mengkonfigurasi gerakan roda mouse dan masih banyak lagi.

Anda dapat mengkonfigurasi warna garis dan ketebalannya, hingga ke situs web di mana gerakan ini akan dinonaktifkan. Jika Anda adalah seorang pengguna Chrome dan ingin browser Anda bekerja hanya dengan menggunakan gerakan mouse, Smooth Gesture adalah pilihan yang tepat untuk Anda gunakan.

Download Smooth Gestures untuk Chrome

Just Gestures [Windows]

Jika tools gerakan mouse pada browser Anda tidak cukup, Just Gestures menyediakan kontrol gerakan untuk seluruh tindakan pada sistem seperti copy, pase, show desktop dan masih banyak lagi. Ini juga menawarkan gerakan mouse untuk browser, dan juga akan mengontrol program di bawah kursor.

Seperti pada add-ons sebelumnya, Just Gestures memungkinkan Anda membuat penyesuaian gerakan untuk semua tindakan yang Anda inginkan. Gerakan tersebut dapat mengontrol gerakan roda mouse atau gerakan beberapa mouse. Program ini hadir dengan gerakan-gerakan yang cukup berguna yang dapat Anda tambahkan dengan mengklik tombol "Add New Gesture”.

Pilihan pada Just Gestures hampir tidak terbatas. Anda dapat membuat gerakan sendiri untuk me-restart komputer Anda, memuat program yang spesifik, mengontrol aplikasi media, volume dan masih banyak lagi. Masing-masing gerakan yang Anda buat juga dapat dikonfigurasikan secara global atau hanya bekerja jika digunakan pada aplikasi tertentu.

Download Just Gestures untuk Windows

Gest [Windows]

Jika Anda menginginkan gerakan mouse di luar browser Anda, Just Gestures hanya satu contoh kecilnya, cobalah juga Gest. Gest adalah tool gerakan mouse yang dibuat untuk Windows Explorer, dan juga dapat mengontrol browser dan Photoshop. Pada versi lengkapnya Anda dapat mencoba aplikasi ini dengan gratis selama 60 hari. Setelah itu, Anda harus membelinya seharga $3.99, namun Anda juga dapat mengunduh Gest Basic yang hanya mengontrol Windows Explorer dan ini gratis selamanya.

Gest menggunakan lima jenis gerakan: Up, Down, Right, Left dan O. Ada juga sejumlah tindakan terbatas yang dapat Anda konfigurasikan, namun mereka cukup berguna untuk Windows Explorer.

Pada aplikasi ini, Anda tidak dapat langsung menggambarkan gerakan pada jendela Windows Explorer. Namun, Anda harus menggambarkannya di jendela Gest yang memungkinkan Anda mengasosiasikan gerakan tersebut dengan salah satu tindakan yang tersedia. Ini adalah cara yang cepat dan mudah untuk menkonfigurasikan tindakan yang Anda inginkan.

Gest bukanlah tool gerakan mouse yang paling komprehensif. Jika Anda ingin menerapkan pada browser Anda, Anda mungkin bisa melakukannya lebih baik dengan add-ons yang telah dibahas sebelumnya. Namun untuk Windows Explorer, aplikasi ini bekerja dengan sangat baik.

Download Gest untuk Windows
[RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel