6 Kamera DSLR Murah yang Sudah Memiliki Fitur Video

23 Feb 2014 09:00 43830 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pada artikel sebelumnya Paseban pernah mengulas tentang 4 kamera DSLR termahal yang penuh fitur serta bersensor full frame. Lalu bagaimana dengan kamera DSLR termurah? Tentu saja ada banyak sekali pilihannya dan cocok bagi Anda yang pemula.

Sebelum kami mengulas 8 kamera DSLR murah, perlu Anda ketahui bahwa saat ini jika ingin mencari DSLR yang sekedar murah ada banyak sekali, namun biasanya tidak mendukung beberapa fitur modern seperti perekaman video. Nah, yang cocok tentu adalah DSLR termurah namun sudah memiliki fitur perekaman video. Percuma Anda menggelontorkan uang jutaan rupiah namun tidak memiliki DSLR yang mampu merekam. Lebih baik Anda membeli kamera poket digital seharga ratusan ribu namun sudah memiliki fitur tersebut. Namun sekali lagi kembali pada kebutuhan Anda, apakah fitur video cukup penting atau tidak sama sekali. Berikut ini adalah 6 kamera DSLR murah yang sudah memiliki fitur video, cocok bagi Anda yang masih pemula dan membutuhkan referensi:

Canon EOS 500D

Canon memiliki salah satu DSLR terpopuler dimasa lalu yakni EOS 400D. Dengan harga murah dan terjangkau, namun sayang banyak pengguna kecewa karena tidak ada fitur perekaman pada seri ini. Namun alternatif DSLR murah dengan fitur video bisa Anda dapatkan pada Canon EOS 500D. Sebuah seri DSLR keluaran tahun 2009 dengan sensor 15 MP dan sudah dijejali dengan fitur perekaman HD berkecepatan maksimal 30 fps. Saat ini 500D sudah dibanderol dengan cukup murah, sekitar Rp 5 jutaan plus lensa kit. Padahal awal peluncurannya dibanderol dengan harga mencapai Rp 8.4 jutaan.

Canon EOS 1100D

Sebuah seri DSLR termurah lain yang dimiliki Canon adalah Canon EOS 1100D. Seri ini dianggap paling laris dan sangat cocok digunakan oleh para pemula. Meski murah, namun 1100D dengan sensor 12 MP ini memiliki banyak fitur unggulan, salah satunya adalah fitur perekaman video dengan ukuran 720p. Fitur ini didukung dengan LCD display sebesar 2.7”. Saat ini Canon EOS 1100D dibanderol dengan harga berkisar Rp 4.4 jutaan untuk pasaran Indonesia plus lensa kit.

Pentax K-R

Jika Anda masih mengganggap produk Jepang sebagai unggulan, namun enggan memilih antara Nikon, Canon dan Sony, Pentax adalah pilihan pas. Pentax K-R menjadi DSLR unik yang dibanderol dengan harga murah namun memiliki tampilan berbeda. Setidaknya seri ini memiliki beberapa opsi warna mulai dari Pink grip kuning, putih grip biru, putih grip cokelat dan putih grip merah. Cukup mencolok sebagai kamera DSLR dan mungkin lebih cocok untuk wanita. Pentax K-R sudah mendukung fitur perekaman video HD berukuran 1280x720p berkecepatan 25 FPS. Bahkan ada pula pilihan mode movie seperti Natural, Landscape, Bright dan lain-lain. Saat ini Pentax K-R dibanderol dengan harga kisaran Rp 5.9 jutaan plus lensa kit.

Pentax K-X

Sebuah seri lain dari Pentax yakni K-X, yang memiliki fitur hampir sama dengan K-R. Hanya saja untuk seri ini dibanderol dengan harga lebih murah dan pastinya cocok untuk pemula. Pentax K-X memiliki sensor 12.4 MP dan memiliki segala fitur utama pada kamera DSLR pada umumnya. Untuk masalah fitur perekaman video, Pentax K-X mampu memberikan perekaman HD dengan ukuran video 720p (1280x720) dengan kecepatan mencapai 24 FPS. Pastikan Anda mendapatkan kemudahan membuat video profesional ala amatir dengan Pentax K-X. Saat ini Pentax K-X masih dibanderol dengan harga kisaran mencapai Rp 5.7 jutaan plus lensa kit. Pilihan populer adalah Pentax K-X versi Navy Blue.

Nikon D3100

Ingin lebih murah? Nikon D3000 menjadi pilihan populer, namun Anda tidak akan menemukan fitur video didalamnya. Sebagai gantinya Nikon corp menghadirkan Nikon D3100 yang memiliki spesifikasi hampir sama seperti D3000 namun ada beberapa perubahan. Namun jangan samakan dengan beberapa DSLR diatas karena D3100 ternyata sudah mendukung untuk perekaman video HD berukuran maksimal 1080p (1920 x 1080) pada kecpatan 24 FPS. Inilah yang menjadi keunggulan D3100 dan saat ini menjadi DSLR terlaris sedunia. Nikon D3100 dibanderol dengan harga berkisar mencapai Rp 5.2 jutaan plus lensa kit.

Nikon D5100

Jika Anda menganggap Nikon D3100 sudah terlalu mainstream digunakan, pilihan lain jatuh pada Nikon D5100. Seri ini memiliki layar LCD buka tutup dan putar. Sangat cocok untuk kemudahan perekaman. Dengan mengusung sensor sebesar 16.2 MP, Nikon D5100 juga dapat mendukung perekaman mencapai ukuran HD 1080p (1920 x 1080). Saat ini D5100 masih dihargai mencapai Rp 5.9 jutaan plus lensa kit.

Ada pula pilihan berbagai kamera Sony yang banyak dibanderol dengan harga dibawah 5.5 jutaan seperti Sony Alpha A58K dan A3000. Namun produk ini bukanlah DSLR, melainkan DSLT (Untuk mengetahui tentang DSLT klik disini .

Demikian beberapa kamera DSLR temurah namun sudah mendukung fitur perekaman video. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel