Game dan Aplikasi Wajib Android untuk Para Pemula

18 Jul 2012 13:00 5825 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda baru memiliki handhone Android? Atau Anda baru saja beralih dari smartphone OS lain ke OS Android, kira-kira aplikasi apa saja yang harus tersemat di dalam handphone baru Anda?

Anda baru memiliki handhone Android? Atau Anda baru saja beralih dari smartphone OS lain ke OS Android, tentunya Anda sebagai pemula atau pendatang baru pasti agak kesulitan untuk menyesuaikan penggunaan handphone Android, apa saja hal-hal yang perlu Anda lakukan, atau aplikasi apa saja yang harus tersemat di dalam handphone baru Anda?

Setelah Anda beli, tentu yang harus Anda lakukan melakukan registrasi paket data Internet sesuai operator yang Anda pakai, jika tidak maka Anda tidak akan bisa terhubung ke internet kecuali ada sambungan WiFi. Ini sangat Paseban rekomendasikan karena dengan Anda mengaktifkan paket data internet, maka Anda tidak akan bergantung pada tempat di mana terdapat jaringan WiFi, di tempat manapun Anda bisa mengakses internet.

Setelah aktif, Anda pun bisa mengunduh aplikasi lewat Google Play. Sebelumnya Anda harus sinkronisasi akun Google Anda di Google Play, sinkronisasi akun Google ini akan terus Anda gunakan selama mengakses internet. Umumnya aplikasi Google Play ini sudah tersemat di dalam handphone Android, pun demikian dengan game dan aplikasi populer lainnya, ini dikarenakan toko atau tempat Anda membeli handphone Android sudah menginstallnya. Namun, jika masih belum aplikasi wajib Android apa yang harus Anda unduh untuk menyempurnakan Android Anda? Berikut Paseban hadirkan beberapa game dan aplikasi yang wajib Anda unduh:

Gmail dan Yahoo Mail

Layanan email saat ini dibutuhkan hampir semua orang, entah untuk urusan bisnis atau pekerjaan, layanan komunikasi jaringan pribadi atau untuk layanan sesederhana akun sosial media yang membutuhkan email. Email Yahoo dan Gmail merupakan email yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, dengan menginstall dua aplikasi ini tentu membuat Anda tidak perlu repot-repot membuka email lewat laptop atau browser bawaan. Pada kedua aplikasi inipun Anda bisa melakukan attach file (hanya saja masih terbatas dalam ukuran tertentu) seperti foto atau file lainnya. Kabar baiknya lagi, kedua aplikasi ini akan terus di-update dan Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play, untuk mengunduh Gmail Anda bisa klik di sini, dan untuk Yahoo Mail Anda bisa mengunduh di sini.

Google Maps

Google Maps mungkin juga menjadi salah satu layanan Google yang cukup Anda kenal dan sering Anda gunakan. Ya, Anda menggunakan Google Maps ini untuk mencari arah atau lokasi tempat-tempat tertentu yang ingin Anda ketahui. Kini Anda bisa mengakses Google Maps ini langsung lewat Android Anda, jadi jika pada suatu saat Anda tersesat di jalan, selain bisa menggunakan GPS, Anda pun bisa menggunakan layanan Google Maps ini, tertarik? Silahkan Anda unduh Google Maps ini secara gratis di sini.

YouTube

Aplikasi wajib Android selanjutnya adalah YouTube. Layanan yang lagi-lagi dari raksasa Internet Google, merupakan situs penyedia jutaan video dan film gratis dengan jumlah pengakses puluhan juta tiap harinya. Meskipun ada juga layanan penyedia video gratis yang lainnya, namun tahta YouTube tak terkalahkan. Anda kini pun bisa menginstall YouTube di handphone Android Anda secara gratis di Google Play. Memang, saat-saat menjengkelkan ketika mengakses YouTube adalah saat buffering, apalagi jika mengakses via mobile, Paseban menyarankan jika Anda mengakses dan buffering YouTube, jaringan Anda minimal adalah 3G. Tertarik? Anda bisa mengaksesnya di sini.

Angry Birds

Angry Birds merupakan game yang paling populer saat ini, awalnya game ini muncul hanya di iOS untuk iPhone dan iPad saja, namun pada akhirnya game ini tersedia untuk perangkat Android. Game addict ini sudah di-download lebih dari 1,215,720 kali dan terus bertambah seiring bertambahnya jumlah pengguna Android. Game Angry Birds pada dasarnya menghadirkan sebuah permainan yang amat sederhana, Anda cukup menembakkan si burung pemarah ke sekumpulan babi yang telah mencuri telurnya, sekumpulan babi ini bersembunyi ke bangunan tertentu yang harus Anda robohkan. Kepopuleran game ini membuat Rovio sebagai developer dan creator game ini terus mengembangkan Angry Birds ke dalam beberapa lanjutan game, seperti Angry Birds Season, Angry birds Rio atau Angry Birds Space.

Sebelum Anda mengunduh varian game tersebut, alangkah lebih baiknya jik Anda terlebih dahulu mencoba versi game Angry Birds yang pertama, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di sini.

Paseban News Portal

Selain bisa bersenang-senang lewat Android melalui game-game yang tersedia, kadang informasi-informasi atau berita terbaru pun Anda butuhkan. Tak perlu melihat TV atau baca surat kabar, lewat internet yang bisa Anda akses secara mobile pun kini bisa menggantikan semua itu. Termasuk Paseban sendiri, News Portal yang Anda baca ini kini bisa Anda akses melalui aplikasi Android (bukan lewat browser).

Lewat Paseban News Portal ini, Anda akan mendapatkan berita teknologi, review aplikasi, game serta review handphone terbaru. Jika Anda tak ingin gaptek dan ketinggalan berita terknologi maka download-lah aplikasi ini secara cuma-cuma di Google Play.

Opera Mini

Browser untuk mobile yang paling umum digunakan adalah Opera Mini. Meskipun bisa dibilang Opera masih kalah pamor dengan Firefox atau Google Chrome pada versi desktop, namun untuk urusan mobile, Opera lah juaranya, hal tersebut bisa dilihat dari tersematnya Opera Mini sebagai aplikasi bawaan yang terdapat dalam hanphone China. Dan di Android pun Anda bisa mengaksesnya.

Melalui Opera Mini ini Anda bisa berselancar ke situs-situs favorit Anda, uniknya pada Opera Mini langsung menyesuaikan tampilan website ke versi mobile, sehingga tidak akan menghabiskan kuota Anda, jika tertarik Anda bisa mengunduhnya secara gratis di sini.

Itulah beberapa game dan aplikasi wajib Android gratis yang bisa Anda unduh di Google Play. Semoga review Paseban ini bisa dijadikan sebagai bahan referensi bagi Anda untuk memaksimalkan fungsi Android Anda yang tak hanya sebagai telepon, namun juga sebagai gadget yang bisa menunjang kehidupan sehari-hari Anda, baik untuk sarana komunikasi, bisnis, informasi atau hiburan. Selamat men-download. [HJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel