Duel Browser Android - Google Chrome Beta VS Opera Mobile

8 Apr 2012 16:00 4783 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa waktu yang lalu Google.Inc telah mengeluarkan produk Google Chrome untuk versi Android meskipun masih dalam versi Beta. Bagaimana performa dari aplikasi ini? Paseban akan membandingkan browser Android Google Chrome Beta ini dengan Opera Mobile. Simak artikel perbandingan berikut ini:

Beberapa waktu yang lalu Google.Inc telah mengeluarkan produk Google Chrome untuk versi Android meskipun masih dalam versi Beta. Bagaimana performa dari aplikasi ini? Paseban akan membandingkan browser Android Google Chrome Beta ini dengan Opera Mobile. Simak artikel perbandingan berikut ini:

Interface

Browser Android Google Chrome Beta tampil dengan sederhana, pada bagian atas terdapat bar untuk memasukkan alamat website dan pada sisi kanan terdapat shortcut untuk menuju tab atau halaman lainnya. Terdapat juga tombol menu seperti yang terdapat pada web browser bawaan ICS 4.0. Sedangkan rivalnya Opera Mobile tampil dengan bar untuk memasukkan alamat website yang didampingi search engine di bagian atas, selain itu pada bagian tengah terdapat icon-icon halaman website yang telah Anda bookmark. Anda dapat membuka menu pada icon opera mobile pada sisi kanan bawah.

Performa

Kedua browser Android ini menyajikan kecepatan dan kenyamanan untuk Anda dalam mengarungi dunia maya. Namun bila provider Anda tidak memberikan kecepatan yang maksimal saat menggunakan jaringan internet Paseban menyarankan penggunaan Opera Mini yang dapat mengkompresi data hingga 90%. Saat diuji membuka tab baru kedua browser Android ini dapat membuka hingga 40 tab baru atau bahkan bisa tak hingga. Pada Google Play terdapat screenshot saat diuji benchmark-nya Google Chrome Beta mendapat nilai 343 dan Opera Mobile mendapat nilai 354.

Compability

Untuk Google Chrome Beta hanya dapat digunakan pada Android minimal versi 4.0 sedangkan Opera Mobile dapat digunakan pada Android minimal versi 1.6 sehingga dapat disimpulkan browser Android Opera Mobile lebih mudah melebarkan sayapnya dibandingkan Google Chrome Beta.

Kesimpulan

Google Chrome Beta yang merupakan pendatang baru pada browser Android untuk Android memberikan fasilitas-fasilitas yang dapat meningkatkan kenyamanan Anda untuk menjelajah dunia maya namun penggunaannya hanya untuk Android 4.0 dapat menjadi kendala. Untuk Anda yang ingin menghemat penggunaan akses data dan mempercepat membuka halaman web dapat mempergunakan Opera Mini sebagai browser eksternal Anda.

How To Download

Anda dapat mengunduh Google Chrome Beta versi 0.16.4301.233 dengan besar file 16MB di sini, dan Opera Web Browser versi 12.0.1 dapat Anda unduh di sini atau langsung dari Aplikasi Google Play yang tersedia di smartphone Anda. [AR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel