1

Membuat Aplikasi Android dengan App Inventor

14 Jun 2012 07:30 4847 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Android saat ini merupakan system operasi yang paling banyak digunakan pada ponsel mulai dari kelas *low end* hingga *high end*. Ini dikarenakan kebijakan yang diterapkannya sebagai *software* bebas dan terbuka *(open source)*, sehingga siapapun boleh menggunakannya untuk menjalankan ponsel mereka.

Android saat ini merupakan system operasi yang paling banyak digunakan pada ponsel mulai dari kelas low end hingga high end. Ini dikarenakan kebijakan yang diterapkannya sebagai software bebas dan terbuka (open source), sehingga siapapun boleh menggunakannya untuk menjalankan ponsel mereka.

Sebagai OS terbuka, pihak Google sebagai pengembang Android juga menyediakan aplikasi. Bahkan Google menyediakan aplikasi yang berbasis pada web untuk membuat aplikasi Android dan mengembangkan aplikasi Android dengan nama App Inventor. Dengan aplikasi ini, Google membuat pengembangan aplikasi menjadi lebih menarik seolah sedang memasang puzzle.

Antar Muka Unik

Sebagai aplikasi pengembang, App Inventor merupakan bahasa pemograman berbasis visual. Bahkan bisa dibilang hampir keseluruhan pembuatan aplikasi dilakukan hanya dengan mendrag dan mendrop saja. Untuk dapat mengakses dan membuat program d AppInventor, Anda cukup melakukan registrasi dan menunggu konfirmasi dari pihak Google untuk mengaktisifasi akun Anda.

Untuk mengakses App inventor, tinggal masuk ke situs ini dan bisa langsung membuat aplikasi. Anda hanya perlu memperhatikan dua bagian jendela, yakni jendela pertama yang ditampilkan dalam web browser Anda. Disarankan untuk menggunakan browser Google Chrome untuk kompabilitas yang lebih baik. Halaman kedua yaitu block editor juga harus diperhatikan. [*Dona]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel