1

5 Software Keamanan Komputer yang Melengkapi Security PC Anda

1 Apr 2013 09:30 9763 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bagi mereka yang pernah mencari software keamanan, pasti pernah termakan koaran produsen bahwa produk mereka adalah yang terbaik dan memberikan perlindungan menyeluruh bagi komputer Anda. Padahal kenyataannya sering kali jauh dari hal tersebut.

Bagi mereka yang pernah mencari software keamanan, pasti pernah termakan koaran produsen bahwa produk mereka adalah yang terbaik dan memberikan perlindungan menyeluruh bagi komputer Anda. Padahal kenyataannya sering kali jauh dari hal tersebut. Memasang software keamanan komputer memang akan membuat Anda lebih aman, namun memasang beberapa perangkat lagi pasti akan menguntungkan Anda. Misalnya jika antivirus Anda melewatkan malware tertentu, karena tidak ada software yang 100% akurat, akan sangat berguna untuk memiliki antivirus kedua untuk mendeteksinya. Namun software mana yang harus dipilih? Memasang seperangkat software keeamanan kedua mungkin bukan ide baik karena akan bentrok dengan yang pertama dan menyebabkan komputer melambat. Karena itu perangkat ringan di bawah ini akan lebih berguna tanpa melambatkan komputer Anda.

1. System Security Guard

Jika Anda berpikir komputer Anda terinfeksi malware maka Anda bisa membuka task manager untuk mengetahui apa yang sedang berjalan, namun sulit untuk mendeteksi proses mana yang aman dan mana yang beresiko. System Security Guard ini mampu mengatasi hal tersebut dengan tinggal mengklik "Security Check” dan program ini akan langsung mengecek program yang sedang berjalan dengan sumber data miliknya, dan memberitahu potensi bahaya yang ada di komputer Anda. Meski tidak bisa membuang potensi bahaya tersebut, namun perangkat ini akan sangat berguna. Download di sini.

2. Encryption Wizard

Enkripsi file merupakan cara yang baik untuk melindungi file rahasia dari para pengintip. Namun jika Anda sedang bekerja di komputer orang lain, mungkin tidak ada perangkat enkripsi yang tersedia, dan di sinilah Encryption Wizard bisa berguna. Didesain untuk militer AS, perangkat ini berbasiskan Java sehingga bisa dijalankan melalui flash disk di mana Java tersedia, termasuk di Windows, Mac, dan Linux. Tinggal seret file yang ingin dienkripsi ke dalam program ini dan masukkan kata kunci, dan file Anda akan langsung teramankan. Download di sini.

3. Free USB Guard

Flash disk memiliki bentuk yang kecil dan mudah untuk dibawa-bawa. Namun seringkali kita juga melupakan flash disk ini setelah digunakan, dan meninggalkannya di mana-mana dan membuat siapapun yang menemukannya bisa mengakses file Anda. Free USB Guard bisa membantu, dengan mengawasi komputer Anda, dan jika Anda mencoba melakukan shutdown dengan flash disk masih tercolok, maka program ini akan muncul untuk mengingatkan Anda. Meskipun tidak membantu jika Anda tidak sedang akan mematikan komputer, untuk berjaga-jaga program ini tetap berguna. Download di sini.

4. ESET Rogue Applications Remover

Jika Anda tersangkut dengan malware nakal yang tidak mau pergi, jangan langsung mencari antivirus baru untuk menghapusnya. Kebanyakan produsen antivirus memiliki perangkat ukuran kecil yang bisa memindai komputer Anda dan mencoba membuang potensi bahaya. ESET Rogue Applications Remover adalah salah satunya, sebuah command line yang bisa dijalankan dengan tinggal mengklik file dan langsung berjalan mengecek sistem Anda. Download di sini.

  1. FolderChangesView

Jika hard drive komputer Anda sering diakses tanpa tahu kenapa, mungkin virus menjadi penyebabnya, namun FolderChangesView dapat memberikan informasi lebih. Jalankan program, dan pilih drive yang ingin diawasi seperti C:\ dan klik OK. Ketika nanti ada file yang dibuat atau diubah di drive tersebut, program ini akan memberitahu Anda. Melihat dari nama file dan folder yang diubah akan memberikan gambaran aplikasi mana yang bertindak nakal. Dowload di sini.[KEV]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel