1

Protes SOPA - BlackOut Situs-Situs Besar Termasuk WikiPedia

18 Jan 2012 14:00 4482 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hari ini, tanggal 18 Januari 2012, Wikipedia, Reddit, Imgur dan berbagai situs Web lain akan menjadi gelap sebagai protes mereka terhadap Undang-Undang Hentikan Pembajakan Online atau Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect IP Act (PIPA). Sementara situs lainnya, seperti Google, memprotes dengan cara lain

Hari ini, tanggal 18 Januari 2012, Wikipedia, Reddit, Imgur dan berbagai situs Web lain akan menjadi gelap sebagai protes mereka terhadap Undang-Undang Hentikan Pembajakan Online atau Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect IP Act (PIPA). Sementara situs lainnya, seperti Google, memprotes dengan cara lain.

Jika Anda melihat Blackout (tampilan hitam) pada halaman web Anda ketika membuka beberapa situs besar, maka sebetulnya tidak ada yang salah dengan Internet Anda. Alasan Anda tidak akan dapat menggunakan Wikipedia, Reddit, atau banyak situs lainnya pada tanggal 18 Januari 2012 ini adalah bahwa situs Web ini telah memutuskan untuk memprotes Undang-Undang Hentikan Pembajakan Online atau Stop Online Piracy Act (SOPA) dan Protect IP Act (PIPA).

Mengapa situs-situs ini melakukan blackout? Karena SOPA dan PIPA adalah hukum yang buruk. Jika diberlakukan, pemegang hak cipta bisa secara hukum menutup situs web asing hanya dengan menuduh mereka melanggar hak cipta mereka. Situs-situs yang dianggap melanggar ini kemudian akan hilang begitu saja.

Menurut Laurence Tribe, profesor hukum Harvard dan penulis id American Constitutional Law, SOPA adalah inkonstitusional karena, "Seluruh situs Web yang mengandung puluhan ribu halaman dapat menjadi target jika hanya satu halaman dituduh pelanggaran."

Bahkan Reddit, salah satu situs yang membatasi operasi mereka tanggal 18 Januari ini menuturkan bahwa selain hanya menutup situs-situs Web, Anda bisa mendapatkan 5 tahun karena meng-upload lagu Michael Jackson, satu tahun lebih dari dokter yang membunuhnya.

Berikut ini daftar dari beberapa situs yang paling penting yang menjadi gelap atau membatasi operasi mereka dalam rangka protes atas SOPA/PIPA.

Wikipedia

Wikipedia akan mem-blackout versi bahasa Inggrisnya untuk 24 jam. Pemadaman akan dimulai pada 05:00 UTC (tengah malam EST) pada tanggal 18 Januari 2012. Selama periode ini, Wikipedia akan mencoba untuk menampilkan artikel tentang SOPA dan PIPA.

Mozilla

Mozilla, pembuat Web browser Firefox populer, juga dilaporkan akan menjadi hitam. "Kami akan mem-blackout halaman awal default di Firefox dan mengarahkan situs Mozilla untuk halaman tindakan khusus. Kedua langkah ini bertujuan untuk menginformasikan dan memobilisasi jutaan pengguna kami pada masalah penting ini." Mozilla sangat Anti-SOPA.

Wordpress

WordPress.org, situs blog yang didukung hosting dari Wordpress juga dilaporkan menjadi hitam. Seperti Mozilla, Wordpress juga Anti-SOPA. WordPress.com, situs yang menampung banyak situs web pribadi tidak akan menjadi gelap. Jika Anda ingin situs Anda tidak dapat diakses sebagai tanda protes, ada plugin WordPress yang tersedia sehingga Anda dapat melakukan hal itu.

Boing Boing

Boing Boing adalah situs berita populer science-fiction dan geek turut menjadi gelap pada 18 Januari. Cory Doctrow, penulis dan editor science-fiction, menjelaskan, "Boing Boing tidak pernah bisa hidup berdampingan dengan dunia SOPA: kita tidak pernah bisa link ke website lain kecuali kita yakin bahwa tidak ada link ke sesuatu yang melanggar hak cipta muncul di situs tersebut. Jadi untuk link ke URL di LiveJournal atau WordPress atau Twitter atau Blogspot, kami harus terlebih dahulu mengkonfirmasi bahwa tidak ada yang pernah membuat link yang melanggar. "

Imgur

Imgur, sebuah situs foto-sharing populer, akan mem-blackout galeri Imgur pada 18 Januari dari 08:00-08:00 EST dan menggantikannya dengan pesan tentang bagaimana undang-undang PIPA / SOPA mengancam situs-situs seperti Imgur.

MoveOn

MoveOn, situs aktivisme politik liberal, akan menjadi gelap menurut Direktur Eksekutif, Justin Ruben. "Kongres bermain cepat dan longgar dengan undang-undang sensor internet yang akan membuat orang-orang seperti Justin Bieber dilemparkan ke dalam penjara hanya karena meng-upload video ke YouTube. Undang-undang sensor internet bisa sangat membatasi kebebasan berbicara, dan menaruh cengkeraman pada salah satu yang hal paling inovatif yang menciptakan pekerjaan di zaman kita. "

Reddit

Reddit, link-sharing populer dan social network yang memiliki peran utama dalam membuat masyarakat umum mengetahui bahaya SOPA, mem-blackout situsnya pada 18 Januari dari 08:00-8:00 EST.

Tucows

Tucows, sebuah situs download file freeware dan shareware populer, turut mem-blackout situs Tucows Download Software pada tanggal 18 Januari 08:00-8:00 EST.

Google

Sementara, Google tidak akan menjadi hitam, namun tetap melancarkan aksi protes. "Kita akan bergabung dengan banyak perusahaan teknologi lainnya untuk menyoroti masalah ini di U.S. home page kami." Jika Anda mengakses Google Anda akan melihat tulisan "Tell Congress: Please don't censor the web!"

Untuk informasi lebih lanjut tentang siapa lagi yang ikut "mogok" Anda dapat mengunjungi situs SOPAStrike. Ia juga memiliki beberapa link tentang bagaimana untuk memblokir situs Web Anda sendiri untuk mendukung aksi protes ini. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel