1

Update Firefox for Android Versi 9.0 dengan UI baru

22 Dec 2011 14:00 2538 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Saat ini Mozilla telah meng-*update* *open source mobile browser*, Firefox for Android, ke versi 9.0. Perubahan paling menonjol dalam rilisnya Firefox for Android versi 9.0 ini adalah adanya penambahan User Interface (UI) baru untuk *tablet* Android.

Saat ini Mozilla telah meng-update open source mobile browser, Firefox for Android, ke versi 9.0. Perubahan paling menonjol dalam rilisnya Firefox for Android versi 9.0 ini adalah adanya penambahan User Interface (UI) baru untuk tablet Android. Para pengembang mengatakan UI baru ini membuat mobile browsing lebih intuitif dan tentunya pengguna dapat menerima keuntungan lebih baik dari layar besarnya, baik dalam orientasi potrait atau landscape.

Pengalaman UI ini sepenuhnya didesain ulang untuk tablet, diantaranya dengan menambahkan menu Action Bar baru yang menyediakan akses ke, misalnya preferences, Add-ons dan download. Selain itu tab browser yang ditampilkan pada panel kiri dengan thumbnail, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat beralih di antara tab, sementara masih melihat halaman web aktif di kanan. Dan untuk tampilan fullscreen, pengguna dapat menggesek ke kiri untuk menyembunyikan tab.

Dengan Firefox Sync, pengguna dapat mensinkronisasi Firefox di desktop mereka dengan aplikasi mobile dan mengakses browsing history, password dan bookmark, serta tab yang terbuka. Bila pengguna mengklik Awesome Bar untuk memasukkan URL, "Awesome Screen" akan ditampilkan untuk akses cepat ke history, bookmarks dan tab desktop.

Terdapat beberapa teknologi HTML5 baru yang mendukung aplikasi pada versi 9.0 dari Firefox for Android. HTML5 Input Tag for Camera Access memungkinkan developer membuat situs dan aplikasi web yang dapat menggunakan built-in kamera pada perangkat Android untuk mengambil gambar atau scan barcode dari dalam aplikasi Firefox.

Developer juga dapat menggunakan HTML5 Form Validation API untuk secara otomatis memeriksa bidang-bidang seperti nomor, alamat email atau URL, sehingga dapat memvalidasi kolom formulir tanpa harus membuat kode kustom.

Firefox for Android dirilis di bawah Mozilla Firefox End-User Software License Agreement dan source code yang dirilis di bawah 3 lisensi berkesinambungan yang meliputi Mozilla Public License, GPLv2 dan LGPLv2.1.

Rincian lebih lanjut tentang update, termasuk daftar lengkap hal-hal yang penting, dapat ditemukan dalam release note berikut. Jika Anda ingin mencobanya, versi 9.0 dari Firefox for Android telah tersedia untuk di download dari Android Market.
[ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel