1

India Dilaporkan Dapat Memonitoring Email BlackBerry Tanpa Kode

13 Aug 2012 14:00 1622 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pemerintah negara India telah menemukan cara memonitor email BlackBerry tanpa perlu bertanya terlebih dahulu kepada Research in Motion (RIM) untuk mengambil alih kode enkripsi.

Pemerintah negara India telah menemukan cara memonitor email BlackBerry tanpa perlu bertanya terlebih dahulu kepada Research in Motion (RIM) untuk mengambil alih kode enkripsi. RIM dan pemerintah India saat ini tengah berselisih terkait akses ke dalam layanan keamanan email BlackBerry. Pihak India sendiri memiliki ketakutan hal itu dapat dimanfaatkan oleh para ekstrimis untuk merencanakan penyerangan.

Beberapa deadline berita telah menyebarkan isu terhadap perusahaan itu untuk menerima permintaan pemerintah India agar dapat melakukan monitoring. Namun, hingga saat ini perusahaan asal Kanada itu belum memberikan jawaban. RIM mengklaim bahwa mereka tidak dapat untuk memindah-tangankan kode agar sistem selalu aman.

Hal tersebut rupanya tidak membuat mundur pemerintah India. R. Chandrashekhar, pegawai sipil paling senior di kementerian telekomunikasi India telah dikutip oleh kantor berita Dow Jones. Ia mengatakan bahwa pemerintah saat ini percaya mereka dapat memonitor email BlackBerry tanpa perlu mendekripsi pesan.

Sebelumnya pihak RIM sendiri telah menawarkan untuk menyediakan apa yang mereka sebut sebagai "metadata." Hal itu berisi informasi-informasi mengenai pengirim email, penerima, dan perangkat yang digunakan untuk mengirimnya. Kewenangan tersebutlah yang dapat digunakan untuk menjejaki email pada server perusahaan. Beberapa negara, termasuk India dan Indonesia, telah melakukan penutupan layanan perusahaan BlackBerry karena sulitnya penegak hukum setempat untuk mengakses orang yang diduga melanggar hukum dan para teroris. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel