Cara Digitalisasi Keuangan dan Proses Mobile Finance Saat Ini

11 Jul 2012 15:30 3147 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kemajuan dunia perangkat digital telah merambah berbagai bidang kehidupan manusia. Proses penyampaian informasi menjadi semakin lebih cepat dan murah, dan setiap orang berkesempatan untuk mendapatkan layanan serupa. Salah satu hal menarik yang dapata dikatakan sebagai salah satu hasil digitalisasi di banyak bidang adalah bidang keuangan.

Kemajuan dunia perangkat digital telah merambah berbagai bidang kehidupan manusia. Proses penyampaian informasi menjadi semakin lebih cepat dan murah, dan setiap orang berkesempatan untuk mendapatkan layanan serupa. Salah satu hal menarik yang dapata dikatakan sebagai salah satu hasil digitalisasi di banyak bidang adalah bidang keuangan. Transaksi keuangan konvensional sedikit demi sedikit ditinggalkan oleh berbagai penggunannya. Proses mengiriman uang ke dalam rekening Anda saat ini telah dilakukan secara elektronik. Pembayaran lainnya pun telah mendesak sebagian besar dari Anda agar dapat melakukan proses pembayaran melalui online banking agar secara otomatis terkirim. Beberapa hal seperti melakukan proses pemeriksaan formulir keuangan, menuju ke bank, dan lainnya adalah cara lama yang sedikit demi sedikit akan ditinggalkan para penggunannya. Dengan kemampuan internet browser dan mobile browser, Anda dapat melakukan transasksi mobile finance secara online dan cepat.

Proses digitalisasi keuangan di era internet saat ini memang telah menjadi fitur wajib yang harus berada di tiap perangkat. Saat ini sudah saatnya Anda melakukan registrasi online banking dan mulai melakukan install aplikasi mobile banking yang dapat membantu banyak kegiatan bisnis Anda. Lalu bagaimana melakukkan digitalisasi keuangan tersebut? Dengan begitu banyaknya perangkat online, aplikasi, dan perangkat elektronik lainnya, tentunya menempuh perjalanan menuju ke bank adalah hal yang tidak perlu dilakukan lagi. Hal ini dikarenakan Anda dapat mengakses banyak kegiatan di dalam bank pada perangkat tersebut. Sekarang Anda dapat membayar banyak tagihan keuangan dengan cepat secara virtual. Mobile finance memungkinkan hal tersebut berlangsung melalui perangkat mobile Anda. Dengan memanfaatkan perangkat online dari bank yang Anda gunakan serta sistem pembayaran yang ada, hal tersebut dapat membantu Anda untuk mengikuti jejak laju keuangan Anda.

Ada beberapa kelebihan mendasarkan yang membedakan proses pembayaran yang dilakukan secara langsung. Dalam hal direct deposit, ada banyak bank yang menawarkan secara gratis atau bahkan diskon-diskon menarik bagi Anda yang memanfaatkan kecanggihan perangkat digitalisasi keuangan ini atau mobile finance. Andapun dapat melakukan transaksi dengan lebih mudah karena proses dapat berlangsung dengan cepat. Dengan begitu Anda dapat meminimalisir kunjungan ke bank ataupun ATM. Selain itu, digitalisasi keuangan membeirkan kenyamanan tersendiri bagi Anda yang memanfaatkan layanan yang mereka berikat. Proses pembayaran akan lebih cepat, serta proses pengiriman dapat diakses dengan beberapa kali klik saja. Anda dapat mengatur proses pembayaran melalui online banking atau dengan melalui sebuah vendor secara langsung.

Melalui proses ini pula Anda dapat dapat melakukan serangkaian kegiatan budgeting dan rencana keuangan yang harus dikeluarkan. Ketersediaan perangkat seperti perangkat mobile beserta aplikasi pelengkapnya dapat terus memantau laju keuangan, membuat budget, dan melakukan formulasi rencanan keuangan tanpa perlu menggunakan peralatan seperti kertas. Hal inipun dapat mempercepat cara kerja yang sebelumnya memakan waktu lama. Dengan kemampuannya tersebut, Anda dapat memanfaatkan pembukuan keuangan secara virtual. Ada beberapa program online yang memungkinkan Anda untuk mengelola dan melakukan kategorisasi pengeluaran dan pendapatan. Selain itu, kecanggihan dunia digital saat ini memberikan Anda kesempatan untuk mengikuti setiap pengeluaran, anggaran yang ada, dan investasi yang akan dilakukan di masa mendatang dengan mudah. Ada berbagai opsi laman yang menyediakan layanan budgeting gratis yang dapat dimanfaatkan seperti Mint.com, dan juga Geezeo.com. Hal-hal tersebutlah yang memungkinkan Anda untuk mulai melakukna proses digitalisasi keuangan Anda.

Bagi perangkat mobile, ada beragam mobile finance yang dapat Anda manfaatkan. Anda tidak harus selalu berada di hadapan komputer agar dapat melakukan digitalisasi keuangan. Ada cukup banyak bank yang menawarkan banyak cara untuk melakukan pengaturan keuangan melalui aplikasi perangkat mobile. Berbagai developer platform seperti iOS, Android, dan lainnya telah menyediakan banyak opsi aplikasi yang menarik. Yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh apliaksi kuangan yang ada, melakukan transaksi, mencatat opsi-opsi banking yang ada, dan lainnya. Tetapi, proses digitalisasi keuangan ini tidak hadir dengan sistem dan keamanan yang memanga sangat sempur. Ada beberapa hal yang tentunya harus terus diwaspadai oleh Anda agar dapat berhati-hati saat menggunakan layanan tersebut. Setiap Anda melakukan proses digitalisasi keuangan, adalah hal yang sangat baik agar Anda mengambil langkah memastikan bahwa informasi-informasi yang ada berada dalam keadaan aman.

Oleh sebab itu ada beberapa tips yang dapat Anda manfaatkan agar proses online banking dapat berlangsung aman. Pastikan bahwa layanan online yang Anda gunakan merupakan sebuah layanan resmi. Setelah itu baca berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku serta mengetahui hak Anda sebagai konsumen. Namun, Andapun dapat terus mengikut status jaminan asuransi yang diberikan dalam layanan online banking. Dalam hal informasi, ada baiknya Anda tidak memberikan seluruh informasi penting yang sifatnya rahasa kepada pihak bank. Hanya saja, Anda tetap harus mengamankan informasi seperti kartu kredit, dan lainnya. Proses digitalisasi keuangan merupakan hal baik untuk digunakan dan dimanfaatkan. Hal ini mengurangi penggunaan kertas yang tentunya sangat baik untuk lingkungan. Tertarik untuk mulai melakukan proses digitalisasi keuangan? Anda dapat memulainya sekarang juga. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel