Cara Jailbreak iPad Menggunakan Absinthe

12 Jul 2012 10:00 4324 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jailbreak adalah cara yang digunakan untuk menembus batasan yang diberikan oleh produsen perangkat keras seperti Apple iPad. Untuk memahami cara jailbreak iPad, sebaiknya Anda terlebih dahulu memahami apa yang dimaksud dengan root.

Jailbreak adalah cara yang digunakan untuk menembus batasan yang diberikan oleh produsen perangkat keras seperti Apple iPad. Pengguna iPad pasti sudah mengetahui beberapa batasan yang sengaja ditaruh pada platform yang mereka gunakan. Misalnya hanya aplikasi dari Apple App Store yang bisa diinstal, fitur tertentu yang diblok pada iPad versi lama, hingga iPad yang dikunci untuk operator tertentu.

Untuk memahami cara jailbreak iPad, sebaiknya Anda terlebih dahulu memahami apa yang dimaksud dengan root. Root adalah akun pengguna yang ada pada sistem operasi (SO) yang mengikuti standar POSIX. Dari semua pengguna yang ada, root adalah pengguna dengan hak akses paling tinggi. Berbeda dengan pengguna lain yang dibuat setelah SO diinstal atau pada tahap akhir instalasi, root dibuat sebagai bagian dari instalasi itu sendiri. Jadi root akan ada, meskipun Anda menggunakan akun pengguna yang berbeda. Untuk pengguna Windows, root ini ekuivalen dengan akun Administrator.

Batasan tertentu bisa diberikan pada user biasa, misalnya ada user tertentu bisa menjalankan SO, tapi tidak bisa menginstal aplikasi baru. Berbeda dengan user biasa, tidak ada batasan pada root. Sehingga siapapun yang bisa memperoleh akses root, dapat melakukan apapun yang dia mau. Dalam SO yang mengikuti standar POSIX lain, seperti Linux dan BSD, Anda bisa dengan mudah berganti user. Karena SO tersebut menyediakan layar login dan login prompt untuk memilih user. Tapi dalam iOS semua user disembunyikan agar pengguna tidak perlu repot dengan konsep akun user.

Sebenarnya iOS itu sendiri adalah turunan dari BSD, yaitu sistem operasi handal yang banyak digunakan oleh berbagai server diseluruh dunia. Alasan kenapa Apple menggunakan kernel (jantung SO) BSD untuk mengembangkan iOS adalah karena itu akan memudahkan pengembangan dan juga tentu saja biaya yang harus dikeluarkan apabila mengembangkan dari nol. Bahkan MAC OS yang berjalan pada laptop dan komputer desktop buatan Apple juga merupakan turunan dari BSD.

Dengan menggunakan kernel yang seragam, maka para pengembang SO di Apple bisa memperoleh lingkungan pengembangan yang kurang-lebih sama meskipun platform-nya berbeda. Tentu saja Apple tidak akan membiarkan pihak ketiga bisa dengan mudah melakukan jailbreak. Hal ini sangat penting, karena ini adalah salah satu cara Apple mempertahankan keuntungan. Dengan membuat Apple App Store sebagai satu-satunya tempat memperoleh konten. Teknik jailbreak yang awalnya berhasil akan menjadi usang dengan datangnya update dari Apple yang menutup celah untuk jailbreak. Jadi pastikan untuk menggunakan versi jailbreak terbaru mengikuti update Apple. Ada beberapa pihak ketiga yang mengembangkan aplikasi jailbreak. Beragam jailbreak ini secara garis besar dibagi menjadi dua tipe, yaitu tethered dan untethered.

Tethered jailbreak akan membuat iPad dalam keadaan mengalami jailbreak selama Anda tidak melakukan reboot. Sementara untuk yang untethered, iPad akan selalu berada dalam keadaan mengalami jailbreak meskipun reboot dilakukan. Untuk melakukan jailbreak, di sini kita akan menggunakan Absinthe. Anda akan membutuhkan bantuan PC dengan OS Windows atau Linux. Bisa juga menggunakan MAC, karena aplikasi Absinthe juga berjalan pada SO tersebut. Unduh versi Absinthe terbaru dari situs ini greenpois0n.com. Ada situs lain yang juga menawarkan Absinthe, tapi sebaiknya ambil dari situs greenpois0n karena ini adalah situs dari pengembang Absinthe langsung. Ekstrak berkas ZIP yang baru diunduh dan buka folder Absinthe.

Jalankan aplikasi Absinthe dengan mengklik absinthe.exe dalam folder tersebut. Sambungkan iPad ke PC menggunakan kabel USB. Pastikan Absinthe bisa mendeteksi iPad yang sudah Anda hubungkan ke PC sebelumnya. Jika tidak, cek apakah iPad dalam keadaan hidup dan pastikan kabel USB sudah terpasang dengan benar. Jika sudah terdeteksi, tekan tombol Jailbreak di aplikasi Absinthe. Segera setelah Anda menekan tombol tersebut, Absinthe akan memulai proses jailbreak.

Absinthe akan menampilkan pesan jika proses jailbreak sudah selesai. Setelah selesai melakukan cara jailbreak iPad, mungkin Anda mau menginstal Cydia di iPad. Cydia adalah aplikasi yang berjalan pada iOS. Fungsinya mirip dengan aplikasi App Store bawaan dari iPad. Tapi bukan untuk mencari konten dari Apple App Store, Cydia mencari dari sumber pihak ketiga. Ini menjadi mungkin karena Anda sudah melakukan jailbreak sebelumnya. Dengan Cydia Anda tidak harus lagi tergantung pada Apple untuk menyediakan aplikasi bagi iPad. [PN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel