Tips Menyiapkan Mac Anda Untuk Mac OS X Lion 10.7

11 Jul 2011 17:01 5318 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apple telah merilis Mac OS X terbarunya. Untuk Anda yang berencana meng-*upgrade* perangkat Apple Anda ke Mac OS X Lion 10.7, berikut ini panduan yang benar untuk menyiapkan Mac Anda:

Apple telah merilis Mac OS X terbarunya. Namun versi yang telah rilis hanya khusus untuk para developer. Hal ini berarti Mac OS X Lion rilis dalam versi Beta untuk developer dan dalam tahap penyempurnaan. Dan hal ini juga berarti Lion akan rilis untuk umum paling cepat minggu depan.

Untuk Anda yang berencana meng-upgrade perangkat Apple Anda ke Mac OS X Lion 10.7, sambil menunggu Operating System versi terbaru ini rilis secara resmi, Anda bisa menyiapkan mesin Apple Anda untuk 100% siap mengoperasikan Lion. Berikut ini panduan yang benar untuk menyiapkan Mac Anda:

Snow Leopard 10.6.8
Apple sudah mengeluarkan pernyataan resmi bahwa dibutuhkan Snow Leopard 10.6.8 untuk bisa meng-upgrade ke Lion 10.7. Cek versi OS Anda dengan mengklik menu > About This Mac. Apabila OS Anda belum memiliki Snow Leopard 10.6.8, klik Menu > Software Update.

8GB Hardisk
Untuk upgrade ke Lion, Anda memerlukan hardisk kosong sebesar 8GB. Dan lebih baik Anda menyisakan hardisk Anda lebih dari 8GB, dan melakukan "bersih-bersih" hardisk dari "file sampah". Karena selain menyisakan ruang kosong pada hardisk, "bersih-bersih file sampah"Â juga bisa mempercepat proses upgrade OS.

Untuk membantu proses "bersih-bersih", Plimbi menyarankan dua aplikasi tambahan untuk membantu Anda, Singular dan Omni Disk Sweeper. Singular berguna untuk mendeteksi file-file yang sama dan lebih dari satu, yang biasanya terdapat di folder Documents, Photos, Movies, Music. Sedangkan Omni Disk Sweeper berguna untuk mendeteksi file atau folder berkapasitas besar yang mengkonsumsi hardisk Anda. Contoh, dengan aplikasi ini Anda bisa mengetahui ternyata folder Download mengkonsumsi separuh hardisk Anda.

Backup
Pada saat upgrade Mac Anda ke Lion nanti, tidak menutup kemungkinan terjadi suatu kesalahan dikarenakan oleh beberapa hal. Sebelum hal ini terjadi, sebaiknya Anda melakukan tindakan pencegahan dengan menciptakan backup komputer Anda. Anda bisa menciptakan bootable backup hardisk utama Anda pada hardisk eksternal dengan menggunakan aplikasi Carbon Copy Cloner. Aplikasi ini mudah digunakan dengan fitur satu kali klik tombol untuk melakukan seluruh backup. Yang perlu Anda ingat adalah buat hardisk eksternal Anda bootable. Waktu yang dibutuhkan untuk backup tergantung banyaknya file yang terdapat di hardisk utama Anda.

Setelah proses backup menggunakan Carbon Copy Cloner selesai, tes hasil backup tersebut! Reboot Mac Anda dengan eksternal hardisk masih terhubung, tekan dan tahan tombol Option pada keyboard untuk memilih "boot from backup drive". Setelah tes hasil backup selesai, reboot ulang Mac Anda tanpa hardisk eksternal. Dan sekarang Anda tinggal menunggu Apple merilis versi resmi Mac OS X Lion 10.7! ZF

    ADTECH;loc=300

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel