Temukan Penawaran Terbaik dari Ribuan Toko Online di Indonesia dengan Mudah dan Cepat via Pricearea

12 Jun 2012 12:30 3372 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di Indonesia web e-commerce selalu ramai, meskipun jumlahnya semakin hari semakin bertambah. Hal inilah yang dilihat **PriceArea** sebagai peluang dengan menawarkan fitur mesin pencari yang dapat membantu kita mencari barang di antara lebatnya rimba toko-toko online. Apa yang disajikan oleh situs ini mungkin banyak disukai oleh kebanyakan ...

Di Indonesia web e-commerce selalu ramai, meskipun jumlahnya semakin hari semakin bertambah. Hal inilah yang dilihat PriceArea sebagai peluang dengan menawarkan fitur mesin pencari yang dapat membantu kita mencari barang di antara lebatnya rimba toko-toko online.

Apa yang disajikan oleh situs ini mungkin banyak disukai oleh kebanyakan orang di Indonesia. Dengan mayoritas penduduk Indonesia yang berasal dari ekonomi menengah ke bawah, mencari barang dengan harga yang murah tentu akan sangat membantu. Mayoritas situs-situs ecommerce yang bertebaran di Indonesia mempunyai mesin pencari yang buruk.

Banyak orang merasa kesulitan menjelajahi situs-situs tersebut untuk mencari barang tertentu. Memang mesin pencari bukanlah produk utama dari situs ecommerce, namun dari situlah portal utama tempat pengunjung mencoba mempersingkat waktu dalam mencari barang. Jika untuk menjelajahi situs saja sulit, tentu akan lebih sulit untuk meyakinkan pengunjung untuk membeli.

Untuk mesin pencari belanja, sebenarnya Google telah menyediakan Google Products. Tetapi seperti namanya, PriceArea khusus memfokuskan pada pasar di area tertentu, yang diawali dari Indonesia pastinya. Pada tahap beta, telah ada 165 situs yang terindeks dengan sekitar 25.000 produk. Mesin pencari ini hadir dengan interface yang cukup sederhana dengan search box besar dan beberapa barang yang sedang dipromosikan ataupun barang yang sering dicari. Saat mengetikkan nama barang di search box-nya, dengan cepat muncul auto complete yang sangat membantu.

Sejauh ini, hasil pencariannya cukup akurat dan cepat. Berdasarkan hasil pencarian yang sudah terindeks, Anda juga bisa secara langsung membandingkan harga dari toko, dan melakukan filter harga dan merchant untuk memperoleh hasil yang lebih spesifik. Barang-barang yang ditampilkan dari berbagai toko online mulai dari TokoBagus, TokoPedia, Jualle, DinoMarket, OLX, Berniaga, dan yang lainnya. Sayangnya, disini belum bisa menemukan barang-barang dari Forum Jual Beli Kaskus, yang merupakan toko online yang terbesar dan paling ramai.

Layanan pencari barang dan harga ini juga menambahkan dua fitur baru yaitu News dan Deals. Pada halaman News ini, disediakan bagi mereka yang ingin membaca berita dengan berbagai kategori seperti buku, gadget, ponsel ataupun teknologi. Berita-berita yang disajikan juga sesuai dengan area yang didukung saat ini yaitu dengan bahasa Indonesia, dengan membatasi berita-berita seputar produk, layanan dan belanja saja. Konten berita berasal dari berbagai situs berita lokal mulai dari detik, kompas, okezone, teknoup, ketok, inilah, maniatekno, akacom hingga Samsung.

Anda dapat secara langsung membaca di situs ini atau langsung membacanya dari sumber asli. Anda juga disediakan fitur pencarian berita untuk lebih mudah menemukan informasi tertentu. Hanya saja fitur berita di situs ini kurang update, meskipun ada beberapa berita yang tidak harus update terlalu cepat. Tetapi untuk produk terbaru tentu akan lebih baik jika berita yang ada tidak terlalu lama dari tanggal rilisnya, apalagi jika berita-berita ini dapat digunakan sebagai informasi pendukung bagi Anda untuk membeli suatu produk. Untuk fitur Deals ini mirip dengan layanan utama yang disediakan PriceArea, namun hanya menampilkan barang yang sedang dalam masa promo atau diskon saja.

Anda bisa memperoleh informasi yang berhubungan dengan barang dan harga dalam masa penawaran khusus atau diskon, pengguna dapat melihat daftar barang dan harga yang sedang ada diskon dari berbagai kategori dan berbagai merchant. Pengembangan layanan mesin pencari harga barang dan spesifikasinya tidak hanya itu saja. Layanan terbaru yang dihadirkan adalah pencarian melalui Twitter. Untuk fitur ini sintaks yang harus Anda tuliskan tidak terlalu rumit, cukup mention PriceArea dengan format "@PriceArea #harga [merk/tipe]".

Selanjutnya akun Twitter dari situs ini akan menjawab dengan penawaran terbaik yang bisa Anda peroleh. Sayangnya, dengan fitur ini yang melayani bukan lagi mesin pencari melainkan secara manual. Terlihat jawaban tersebut di-tweet via web, sehingga jawaban tidak tersedia secara real time, bisa jeda beberapa menit atau bahkan beberapa jam, tergantung kapan operator mengecek mention Anda. seandainya ada mesin pencari yang mampu menangani hal ini, tentu pencarian akan menjadi lebih nyaman. [RK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel