Tutorial Cara Menginstal Scanner Pada Komputer Anda

11 Jun 2012 08:00 52882 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Untuk menempatkan scanner atau pemindai dewasa ini tidaklah sesulit seperti beberapa tahun yang lalu. Bahkan ...

Scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Untuk menempatkan scanner atau pemindai dewasa ini tidaklah sesulit seperti beberapa tahun yang lalu. Bahkan pada setiap printer kini telah dilengkapi dengan scanner yang bisa Anda gunakan sewaktu waktu. Namun juga ada scanner yang terpisah dengan printer yang dimana performanya lebih optimal dibandingkan dengan scanner yang melekat pada printer.

Namun pada rubrik kali ini Plimbi akan mengulas bagaimana cara menginstal scanner pada komputer kita. Scanner yang kita pasang disini merupakan scanner yang terpisah dari printer. Namun sebelum Anda dapat memindai dokumen ke komputer Anda dengan scanner, Anda perlu menginstal driver scanner sehingga scanner dan komputer dapat berkomunikasi.

Mulailah dengan menghubungkan scanner ke komputer USB port (lihat manual scanner Anda untuk informasi tentang cara menghubungkan ke komputer Anda). Beberapa scanner ada yang menggunakan fitur Plug and Play, sebuah teknologi yang digunakan Windows untuk mengenali peralatan dan secara otomatis menginstal dan mengaturnya. Jika scanner Anda adalah Plug and Play, maka Windows 7 akan menunjukkan pesan Found New Hardware pada Taskbar (di sudut kanan bawah). Kebanyakan perangkat Plug and Play akan secara otomatis terinstal. Dan berikut cara menginstal scanner pada komputer Anda:

  1. Nyalakan Scanner Anda: Jika device atau scanner Anda mengusung teknologi plug And play, maka Anda akan mendapatkan pesan Found New Hardware pada taskbar Anda.

  2. Klik Notifikasi Found New Hardware: Jika Anda menemukan notifikasi Found New Hardware, maka Anda tinggal klik notifikasi ini, lalu setelahnya Anda akan menemukan sebuah jendela baru, Anda hanya tinggal klik Yes, this time only lalu klik Next.

  3. Masukkan CD Software: Jika scanner Anda telah terkoneksi pada komputer, maka tak lama komputer Anda meminta software untuk scanner Anda yang berfungsi untuk media berkomunikasi antara scanner dan komputer. Jika dalam paket penjualan disertakan CD Software, maka masukkan CD tersebut dan install. Namun jika Anda tidak memiliki CD Software tersebut maka Anda bisa mencari dan mengunduhnya melalui internet. Proses instalasi ini akan memakan waktu beberapa menit hingga selesai.

  4. Masuk ke dalam Control Panel: Langkah berikutnya adalah masuk ke dalam Control Panel dan masukkan tipe dari scanner Anda tersebut pada Search Box yang nantinya Windows akan menampilkan pengaturan lanjutan dari scanner Anda. Jika Anda telah menemukan scanner Anda, maka klik View Scanners and Cameras Link yang nantinya Anda akan mendapatkan jendela baru dari scanner dan kamera. Pada jendela scanner dan kamera, klik tombol Add.

  5. Scanner and Camera Installation Wizard: Setelah Anda mengklik tombol Add, maka Anda akan disuguhkan jendela baru dari Scanner and Camera Installation Wizard, pada jendela ini Anda hanya perlu klik tombol Next yang nantinya jendela baru akan muncul.

  6. Pililh model scanner Anda: Setelah Anda klik Next pada Scanner and Camera Installation Wizard, maka Anda akan mendapatkan jendela baru yang menuntut Anda untuk mengisi jenis model dari scanner yang saat ini Anda gunakan. Pada jendela ini Anda akan mendapatkan dua buah kolom yang masing-masing berisi manufaktur pada kolom sebelah kiri dan model pada kolom sebelah kanan. Setelah Anda menentukan faktor dan model dari scanner Anda, sekarang hanya masalah mengikuti petunjuk wizard berdasarkan pada model scanner yang Anda pilih dan apakah Anda juga memiliki CD dari pabrikan scanner Anda. Jika Anda memiliki CD atau mendapatkan CD pada paket penjualan maka Anda bisa langsung memasukkan CD tersebut untuk melengkapi langkah selanjutnya, namun apabila Anda tidak memiliki CD dari pabrikan scanner, Anda bisa mengunduhnya secara gratis pada situs dari pabrikan scanner Anda.

  7. Akhir dari instalasi: Ketika Anda telah mencapai akhir dari instalasi scanner ini, Anda hanya tinggal klik tombol Finish untuk mengakhiri instalasi. Dan sekarang Anda bisa melakukan tes pada scanner Anda apakah dapat berjalan dengan baik atau tidak. Jika tidak, maka ada permasalahan pada scanner Anda, entah pada port atau mungkin proses instalasi yang tidak sempurna. Selamat mencoba! [PY]

    ADTECH;loc=300
Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel