Tips dan Trik Cara Mengganti Lensa Kamera DSLR yang Aman dan Cepat

24 May 2013 15:00 8704 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kamera DSLR (Digital Single-Lens Reflex) mempunyai kelebihan-kelebihan tersendiri dari pada kamera digital saku. Salah satunya adalah lensa kamera DSLR dapat diganti sesuai dengan yang diinginkan pengguna. Bayangkan, berapa banyak kreasi jepretan yang bisa dihasilkan hanya dengan mengganti lensa kamera? Tentu saja banyak sekali. Belum lagi pengguna bisa berkreasi dalam pengambilan gambar yang  hanya dilakukan oleh satu kamera saja dengan berbagai macam lensa. 

Kamera DSLR (Digital Single-Lens Reflex) mempunyai kelebihan-kelebihan tersendiri dari pada kamera digital saku. Salah satunya adalah lensa kamera DSLR dapat diganti sesuai dengan yang diinginkan pengguna. Bayangkan, berapa banyak kreasi jepretan yang bisa dihasilkan hanya dengan mengganti lensa kamera? Tentu saja banyak sekali. Belum lagi pengguna bisa berkreasi dalam pengambilan gambar yang  hanya dilakukan oleh satu kamera saja dengan berbagai macam lensa. Walaupun begitu, dalam penggantian lensa kamera, pengguna dituntut untuk berhati-hati. Sangat dianjurkan untuk tidak melakukan penggantian lensa DSLR diluar ruangan karena kemungkinan besar lensa akan terkena debu atau kotoran. Bila lensa suatu kamera DSLR terkena debu atau kotoran, maka hasil jepretan gambarnya pun akan terlihat seperti ada titik-titik debu atau kotoran yang menempel secara permanen pada gambar. Berikut ini akan dibahas mengenai cara mengganti lensa kamera DSLR yang sangat penting sekali untuk diperhatikan

1. Cara mengganti lensa kamera DSLR adalah dengan memposisikan kamera kebawah dengan cara mengalungkan tali kamera ke leher supaya kamera dapat tergantung dengan aman.

2. Tutup lensa yang akan diganti dengan menggunakan front cap (penutup depan kamera).

3. Pengguna diharuskan menekan tombol kunci lensa sambil memutar lensa yang akan diganti searah jarum jam.

4. Putar lensa sampai terasa kendor. Jangan sampai lensa benar-benar terlepas dari kamera.

5. Ambil lensa pengganti sambil lepaskan end cap (tutup lensa belakang) dan taruh lensa tersebut ditempat yang mudah dijangkau. Lensa yang ingin diganti masih tetap dipegang dengan tangan yang lain. Kemudian setelah lensa baru diambil, segera ganti lensa lama dengan hati-hati. Pastikan posisi kamera masih tetap menggantung kebawah.

6. Hati-hati dalam memasang lensa baru pada kamera. Perhatikan dengan baik titik putih yang ada di lensa kemudian sejajarkan titik putih tersebut dengan titik putih yang terdapat pada kamera. Setelah itu, putar lensa hingga terkunci dengan baik.

7. Langkah terakhir dalam cara mengganti lensa kamera DSLR adalah dengan mengambil end cap (penutup belakang) yang terdapat pada lensa kamera yang telah diganti dan pasangkan pada lensa baru yang telah terpasang di kamera dan taruh kamera di dalam tas kamera.

Penjelasan mengenai cara mengganti lensa kamera DSLR di atas memang terlihat cukup sederhana dan mudah. Akan tetapi, pengguna dituntut untuk berhati-hati dalam melakukannya. Bila tidak berhati-hati, kemungkinan lensa kamera DSLR bisa jatuh atau rusak. Penting dilakukan untuk mengaktifkan fitur sensor cleaning pada kamera DSLR segera setelah lensa yang baru terpasang pada kamera. Hal ini sangat dianjurkan untuk dilakukan untuk menghindari hasil jepretan kamera DSLR pengguna terdapat bercak noda atau debu yang dapat merusak kualitas gambar yang diambil. Bila pengguna kamera DSLR dapat mengganti lensa sendiri, tangan ahli tidak diperlukan disini. Asalkan pengguna berhati-hati saja dan melakukan langkah-langkah yang telah dijelaskan diatas dengan benar.

 

Baca juga :

               Inilah Tips Cara Memotret Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula

               Hati-Hatilah Bagi yang Suka Buka Situs Porno Lewat Android

 

Panduan cara mengganti lensa kamera DSLR ini sangat bermanfaat sekali bagi para penggila fotografi yang hobi sekali menggunakan lensa-lensa yang berbeda sesuai dengan mounting kamera. Bahkan pengguna bisa bertukar lensa dengan para penggila fotografi lain kapan saja dan dimana saja sesuai keinginan. Tentu penggantian lensa tersebut harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Sebagai tips tambahan, pengguna sangat disarankan untuk tidak mengganti lensa dalam kondisi angin yang kencang. Debu-debu yang berterbangan kemungkinan besar akan menempel di lensa dan hal itu dapat berpengaruh pada kualitas gambar yang diambil, belum lagi ada kemungkinan lensa akan menjadi rusak. Sebaiknya pengguna mencari tempat yang tepat, kalau bisa indoor, untuk mengganti lensa. Bila pengguna sedang berada di pantai dan ada keinginan untuk mengganti lensa kamera DSLR, sebaiknya cari tempat yang tidak terlalu berangin.

Itu dia cara mengganti lensa kamera DSLR yang baik dan benar, plus cepat. Jangan sampai salah dan selamat mencoba. [NAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel