Inilah Tips Cara Memotret Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula

16 Nov 2014 13:00 6580 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pengguna kamera DSLR saat ini pun menggunakan kamera tidak untuk urusan pekerjaan, namun juga hobi dan kebutuhan memotret lainnya. Padahal menggunakan kamera DSLR tidaklah mudah. Dibutuhkan cara tersendiri untuk membuat hasil gambar yang berkualitas. Lantas, bagaimana cara memotret menggunakan kamera DSLR?

Kamera DSLR atau Digital Single-Lens Reflex saat ini sudah menjadi trend dikalangan masyarakat. Apalagi beberapa produsen kamera telah memproduksi kamera DSLR dengan harga yang lebih terjangkau. meski harganya lebih terjangkau, kamera DSLR saat ini tetap dibekali fitur yang memadai sehingga tetap menghasilkan kualitas gambar sesuai dengan yang diinginkan.

Pengguna kamera DSLR saat ini pun menggunakan kamera tidak untuk urusan pekerjaan, namun juga hobi dan kebutuhan memotret lainnya. Padahal menggunakan kamera DSLR tidaklah mudah. Dibutuhkan cara tersendiri untuk membuat hasil gambar yang berkualitas. Lantas, bagaimana cara memotret menggunakan kamera DSLR?

Menjawab pertanyaan tersebut, tentunya tidak semudah menjawab soal ilmu pasti. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin mempelajari memotret menggunakan kamera DSLR. Hal-hal yang perlu diperhatikan bisa meliputi jenis kamera, Setting kamera, dan lain sebagainya. Untuk lengkapnya mengenai penjelasan ini, bisa disimak cara memotret menggunakan kamera DSLR bagi pemula yang bisa Anda coba berikut ini.

 

  1. MENYIAPKAN KAMERA

Langkah pertama pengguna kamera DSLR ialah menyiapkan kamera. Pengguna harus memperhatikan kondisi kamera sudah dalam keadaan siap untuk digunakan. Periksa Baterai, Memory dan Lensa. Jangan sampai Anda memotret tapi kondisi lensa masih tertutup atau tidak ada memori penyimpanan.

Pahami juga bagian per bagian kamera DSLR milik Anda. Aperture untuk mengatur lebar lensa dalam mendapat cahaya. Shutter Speed untuk mengatur seberapa cepat kamera tertutup. ISO untuk mengatur sensitivitas cahaya yang masuk ketika kamera menangkap gambar. Expose untuk mengindikasikan pengaturan cahaya pada kamera hingga White Balance untuk menyeimbangkan warna putih pada gambar yang Anda ambil.

 

  1. LAKUKAN PENYETINGAN

Kamera DSLR bukanlah kamera digital yang tinggal jepret saja. Cara memotret kamera DSLR membutuhkan pengaturan kamera agar hasil bidikan lebih berkualitas. kamera DSLR memang dibekali fitur setting otomatis. Namun, untuk mendapatkan gambar yang lebih baik, setting manual diperlukan. Dalam melakukan setiing, dituntut kejelian sang fotografer dalam menghasilkan foto yang diinginkan.

Untuk urusan ini, Anda bisa melakukan setting seperti setting White Balance. Untuk pemula, Anda bisa mengatur dengan posisi auto, menghidupkan Highlight Warning, dan juga melakukan setting ISO. Hal ini sangat penting karena pengaturan ini akan mempengaruhi hasil gambar. Apalagi untuk setting ISO, Anda tentunya harus mengatur setting ISO yang berbeda di tiap Event yang diselenggarakan siang hari maupun malam hari.

Selain itu, Anda juga harus mengatur ukuran dan format foto (JPG atau RAW). Hal ini sangat penting karena ukuran format foto akan mempengaruhi kapasitas memori. Bila kapasitas memori yang Anda miliki terbilang kurang, maka Anda perlu mengecek pengaturan foto lebih kecil untuk memotret sesuka hati dan mengatur dengan ukuran yang berbeda untuk event yang terbilang penting. Anda juga bisa mengatur setting mode Eksposure yang terdiri dari Manual – Aperture Priority – Shutter Priority – Mode Program, dan mode lainnya. Anda harus paham tentang ini karena Anda perlu mengetahui mode mana yang tepat yang akan Anda gunakan.

 

Baca juga :

               Olympus PEN-F Bidik Pasar Kamera Profesional yang Ringkas dan Stylish

               5 Kelebihan ini Hanya Ada pada Samsung Galaxy S7

 

  1. PILIH OBJEK

Kamera DSLR dibekali View Finder yang baik. Anda bisa memilih objek sesuai keinginan. Perhatikan pula kondisi cahaya. Anda bisa menggunakan mode – mode yang terdapat pada kamera DSLR, seperti mode makro, mode Landscape hingga mode lainnya sesuai objek yang akan diambil oleh Anda.

 

  1. PASTIKAN FOKUS

Tips cara memotret menggunakan kamera DSLR selanjutnya adalah dengan memperhatikan fokus. Mengapa? Karena fokus inilah yang akan membuat Anda menemukan gambar yang tepat untuk melakukan Shoot. Namun, tenang saja kamera DSLR memiliki fitur lensa yang mumpuni sehingga memudahkan gambar lebih detail dan jernih.

 

  1. AMBIL GAMBAR

Setelah semua pengaturan selesai, tinggal tekan tombol Shoot. Anda bisa cek kembali hasil Shoot tadi. Jika dirasa hasil Shoot tadi cukup memuaskan, maka Anda bisa melanjutkan untuk terus memotret gambar lain. Jika tidak, cobalah diulang kembali pada objek yang sama dan perhatikan perbedaannya.

 

Demikianlah tips memotret menggunakan kamera DSLR untuk pemula. Semoga informasi ini membantu Anda yang sedang belajar menggunakan kamera DSLR. Selamat memotret. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel