USSW: Ciptakan Homescreen Sendiri untuk mempercantik Tampilan Android Anda

25 May 2013 13:00 5831 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ini lah kehebatan Android. Berbagai pengaturan tambahan bisa kita sematkan di smartphone Andaroid yang mempercantik tampilan Android Anda. Bahkan tanpa melakukan rooting atau kostum ROM Anda tetap bisa melakukan perubahan pada Android agar sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

 

 

Ini lah kehebatan Android. Berbagai pengaturan tambahan bisa kita sematkan di smartphone Andaroid yang mempercantik tampilan Android Anda. Bahkan tanpa melakukan rooting atau kostum ROM Anda tetap bisa melakukan perubahan pada Android agar sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Seperti yang akan kita bahas kali ini. UCCW atau Ultimate Custom Widget. Aplikasi ini bisa mengubah tampilan homescreen Android Anda seperti posisi jam, batrai, sinyal, cuaca atau apapun yang muncul di homescreen Anda bisa diatur. Semakin maksimal dengan skin yang ditawarkan di Google Play yang dari hari kehari terus bertambah. Anda hanya perlu memilih dari sekian banyak skin agar sesuai dengan yang Anda inginkan.

Kostumisasi terkadang merupakan hal rumit dan agak memakan waktu, kita harus telaten selama prosesnya. Karena itu hadir UCCW. Aplikasi yang membuat pengaturan-pengaturan seperti ini semakin mudah. Cukup menginstal skin yang Anda sukai, dan beritahu kepada UCCW skin yang Anda gunakan. Kemudian mulailah mengatur homescreen Anda. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat secara lebih detail.

Yang Bisa dilakukan UCCW

Tergantung dari skin yang Anda pilih. Bila Anda memilih skin yang kompleks dan bayak tampilan di homescreen, semua widget yang ada di homescreen tersebut bisa di atur. Mungkin Anda suka homescreen yang berantakan, letakkanlah widget Android Anda di tempat-tempat yang diluar dugaan orang. Atau suka kerapian, susunlah widget serapi mungkin atau Anda ingin sesederhana mungkin? Tempatkan Jam di tengah homescreen  tanpa widget tambahan lain.

Langkah Pertama

Kunjungi Google Play untuk mendownload aplikasi ini. Atau Anda juga mengklik di sini untuk mendownload vida Google Play. Kemudian lakukan instalasi UCCW.

Langkah Kedua

UCCW tidak akan membuat perubahan besar pada homescreen Anda secara langsung. Seperti yang sudah dibahas di atas, carilah skin homescreen di Google Play atau cara yang lebih cepat dan banyak pilihan Anda bisa mengunjungi My Colour Screen atau boleh juga mencari di DeviantArt yang merupakan website default UCCW untuk pencarian skin.

 

Baca juga :

               Cara Unik Mengorganisasi Homescreen Melalui Aplikasi Widget Android Tagy Widget

               Smartphone Berlayar Besar Pertama dari Xiaomi Segera Hadir

 

Langkah Ketiga

Letakkan UCCW di homescreen Anda seperti meletakkan widget lainnya. Kemudian tap pada icon UCCW (sedikit lama) sampai menu UCCW muncul. Selanjutnya, tap pada Widget dan scroll kebawah. Disini banyak sekali pilihan ukuran homescreen Anda. Anda tinggal menyesuaikan ukuran yang Anda gunakan. Walau salah dalam menentukan ukuran, tidak terlalu menjadi masalah karena aplikasi ini akan memperbaiki dan mempercantik tampilan Android Anda sebisa mungkin. Setelah selesai menentukan ukuran, kita akan diarahkan untuk memilih skin yang ingin kita gunakan. Semua skin yang ada di smarphone Anda akan muncul di sini. Atau Anda bisa memilih skin yang disediakan oleh UCCW sendiri yang bisa di download di Google Play.

Setelah selesai memilih skin yang di inginkan, tap pada skin tersebut. Tampilan homescreen Andapun berubah. Tap pada bagian mana saja di homescreen akan menempatkan widget yang Anda miliki dari skin. Biasanya, untuk penempatan pertama adalah jam kemudian cuaca dan seterusnya. Anda Cuma perlu men-tap layar untuk memposisikan widget-widget yang ada. Buakan hanya dari satu skin saja widget yang bisa Anda tambahkan. Semua widget dari semua skin bisa disatukan didalam satu homescreen. Dan yang cukup menakjubkan adalah, betapa mudahnya mengkostumisasi homescreen dengan UCCW.

Option

Beberapa widget yang telah Anda pasang di homescreen masih bisa di otak-atik lagi. Misalanya widget cuaca bisa kita rubah warnanya termasuk warna temperature atau iconnya. Namun, bila widget yang Anda pilih melakaukan perubahan warna seperti berubah saat ada koneksi hotspot, berubah ketika cuaca akan hujan atau yang lain, warna aslinya tidak akan berubah.

Yang perlu sedikit kita perhatikan adalah. Ada beberapa skin yang tersedia di Google Play yang tidak bisa diotak-atik lagi. Anda perlu membaca ketentuan yang dibuat sang developer sebelum menginstal skin dari Google Play. Apalagi Anda ingin menginstal skin yang berbayar. Kita perlu memperhatikan hal tersebut agar tidak menyesal dikemudian hari.

Kesimpulan

Jika Anda termasuk orang yang suka mengotak-atik perangkat Android Anda maka aplikasi ini cocok untuk Anda. Perlu kreatifitas untuk menciptakan homescreen yang bagus. Kita juga tidak kesulitan mencari bahan untuk dijadikan homescreen karena sudah banyak sekali tersedia di website-website selain Google Play. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel